Sariawan VS Kanker Rongga Mulut

Tulisan ini terisnpirasi dari tulisan pada sebuah blog tentang tumor yang pertama disangka sariawan biasa atas info dari sahabatku Fikri

Yha satu lagi penyakit rongga mulut.. Tumor yang mungkin lebih tepat jika disebut kanker rongga mulut..(Istilah tumor itu lebih mengacu pada semua pembesaran secara umum. )

Nah apa hubungan kanker dan sariawan.. ?? (Whalah jadi ini hubungan antara 2 post ku yang lalu yha?)

Sekali lagi istilah sariawan (seperti halnya tumor) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan semua luka didalam rongga mulut..Padahal jenis penyakit yang menimbulkan luka di rongga mulut itu..whaalaaah buuuanyak sekali….
Salah satunya ya kanker itu…

Kanker rongga mulut juga banyak macamnya dan biasanya sih dinamai dengan asal dari jaringan atau sel yang mengalami keganasan atau kanker itu.

Gambaran klinis secara umum yang paling jelas adalah luka tersebut sulit sembuh atau tidak bisa sembuh sendiri..
Lantas apa semua luka yang tidak bisa sembuh sendiri itu kanker…? (siap-siap yha banyak gambar bagus lho..)
Whaaa… ya tidak..Don’t be a cancerphobia…! banyak penyakit-penyakit lain juga tidak bisa sembuh sendiri..

Sedangkan apa yang kita lihat bisa seperti ini
oral-superficial-cacinoma

Atau seperti ini

cancer-in-buccal-mucosa

Atau seperti ini
carcinoma-in-situ

Kanker lebih sering menyerang lidah atau bagian bawah rongga mulut..Bisa bibir bawah, bawah lidah atau gusi pokoknya bagian bawah rongga mulut..

Kanker bisa sakit yang amat sangat bisa juga tidak..

Sebenarnya diagnosa kanker yang masih dini hanya bisa ditegakkan dengan biopsi. Yaitu mengambil sebagian jaringan untuk diperiksa dibawah mikroskop.. Kalau sudah parah ya kan dari gejalanya sudah nampak apalagi sudah ada anak sebarnya…

Ada petanda lagi yaitu kelenjar-kelenjar limfe akan membesar dan teraba dan melekat erat pada jaringan sekitarnya.. ( Ini karena kanker biasa nyebar ke daerah itu).

Penanganan..
Tentu saja penanganan kanker di rongga mulut yha seperti penanganan kanker pada umumnya..Pembedahan bukan tindakan yan tepat bila tidak disertai dengan khemoterapi dan radiasi.. Biaya.. ehmm aku gak tahu.. tapi pasti deh besar dengan hasil yang ehmmm (mengambil nafas panjang…) dan efek samping yang hmmmm (kembali mengambil nafas panjang)

Yang jelas..makin dini kanker itu ditemukan makin baik harapannya..
Maka itu waspadalah….waspadalah.. tanpa harus jadi cancerphobia.. (aku punya cerita tentang cancerphobia.. Tunggu postku berikutnya yha….? * ihhh siapa juga yang mau… )

Namun ada cerita kecil yang ingin aku bagi… Ini sih bukan cancerphobia melainkan overdiagnose…
Ada seorang ibu yang iseng-iseng periksa ke klinik gigi karena sariawan pada lidahnya yang tidak sembuh-sembuh.. Nah saat itu kata si ibu, dia diberitahu bahwa itu kanker kemudian dilakukan biopsi pada luka tersebut.. Si Ibu kemudian 2 hari gak bisa tidur menunggu hasil pemeriksaan..Gelisah dan tekanan darahnya sampai naik lumayan tinggi… Entah kenapa si Ibu kemudian datang ke klinikku yang saat itu masih sangat sederhana…..(emangnya sekarang bagus apa?)
Aku lihat sariawannya memang besar, dengan tepi meninggi dan tidak teratur… ehmm mirip dengan kanker.. namun ketika aku lihat….. whaaa…. disamping luka itu ada gigi karies parah dengan tepi yang bergerigi dan tajam….
Yha.. gimana bisa sembuh tuh sariawan bila ada sesuatu yang tajam dan bergerigi begitu..

Akhirnya aku kirim saja ke bagian bedah untuk dicabut saja karena memang sudah gak mungkin untuk dirawat…

Seminggu kemudian dia datang kontrol tanpa ada luka satupun di lidahnya… Alhamdulillah…

semua foto diambil dari presentasi Prof Takashi Saku , Niigata University. waktu Forkinas 3
FKG Unej 8 Nopember 2008

dscn2201

Erna lagi narsis duduk disamping Sensei

121 thoughts on “Sariawan VS Kanker Rongga Mulut

  1. Pertamax dulu ah..
    *dapet bocoran malu kalau dapetnya premium*

    Iya.. aku tahu Abi tadi ngintip laptop ku kan?.. Jadi ketahuan saat posting tadi..

  2. “aku punya cerita tentang cancerphobia.. Tunggu postku berikutnya yha….? * ihhh siapa juga yang mau… )”

    Tenang mbak e.. ada aku nih fans beratmu hik..hik..hik
    pasti deh nunggu kisah selanjutnya

    Percaya deh fans berat.. orang namanya saja ndut.. pasti berat deh..! (definisi fans berat dari mas Nug)

  3. *Serius*
    Mba e.. kalau ciri-ciri kanker mulut itu seperti apa,
    masa durasi sariawan itu sampai berapa lama?

    Ciri klinisnya gak spesifik Abi, tergantung jenis kankernya. Apalagi kalau masih dini, seperti beberapa gambar itu.
    Eh ya.. aku lupa pada post tentang sariawan RAS itu biasa sembuh sendiri 7 – 14 hari, tergantung besarnya luka dan ketahanan tubuh orangnya

  4. hmm… senang dapat baca ulasan mba.

    Jadi kesimpulanku bahwa kanker sariawan itu biasanya di rongga mulut bagian bawah.

    Apakah dapat dibedakan antara sariawan biasa atau kanker rongga mulut hanya dari bentuk sariawannya ? atau hal lain apa saja yang mesti kita perhatikan sebagai jaga2 jangan2 kita terkena kanker rongga mulut (bukan sariawan biasa)? (((ih ga mau)))

    Iya kanker rongga mulut itu lebih sering menyerang rongga mulut bagian bawah, terutama lidah. Trus cirinya kanker itu kan sakkarepe dhewe, jadi tepinya biasanya gak teratur.. ada penebalan meski gak ada penyebab gitu.. Ih pokoknya kalau ada sesuatu yang gak sembuh-sembuh mending periksa aja deh.

  5. Wah mesti dirawat terus tu mulut. Sebenarnya apa2 aja sih yg menjadi penyebab kanker rongga mulut tsb? Salam kenal ya..

    Penyebabnya seperti kebanyakan kanker lain adalah adanya faktor dari dalam tubuh sendiri yaitu kecenderungan untuk menderita kanker dan dari luar yaitu bahan-bahan yang masuk dalam kategori carcinogen,
    seperti keterangan pada post ku yang bagaimana rokok dapat menyebabkan kanker. Carcinogen itu mulai dari bahan-bahan kimia, radiasi, sinar matahari sampai virus dan sampai sekarang belum bisa diketahui penyebab kanker rongga mulut yang paling sering. Makasih kunjungannya.. Moga gak bosann..

  6. haduh na, kita memang jodoh kali, ngaco niy hehehe. maksudku aku baru aja sembuh dari sariawan, lidah bagian bawah, wadaw sakiiit. Alhamdulillah sekarang dah makan enak lagi. Duh sempet deg2an waktu scroll dan lihat gambar2 lidah yanggg, hiiiih

    Iya Ami.. Jodoh kali ya. pas online juga bareng.. Emang sering juga sariawan ? Sariawan penyakit remeh yang menyebalkan ya?

  7. jarang banguet sariawan, karena itu kali ya, sekalinya sariawan tersiksa rasanya. tapi maksain tetap harus makan, ga mau nambah penyakit gara2 ga makan terus masuk angin. hlah, sakit masuk angin apa ada ya?? :0. met malam sis

    Pagi Sis..Iya kalau jarang sariawan wow rasanya sakit sekali.. Bagus sudah ngerti kalau memang harus makan apalagi kalau sakit.. ( ehmm jadi malu aku ni suka kumat anorexia..) Sakit masuk angin itu kayaknya kombinasi antara magh dan flu deh..

  8. Ta’aruf dulu, lalu absen, kabur kemudian……..

    Whaaa… ni pasien belum juga diperiksa, lihat alat-alat, kok sudah kabur sihhhh…! Polisi tolong tangkep..! eh. salah yha..?! ehm jangan-jangan takut lihat dokternya ya?

  9. Hii ngeriiiiiiii..

    Nah.. Kan…! Minta sendiri diulas.. sekarang ngeri..! Ehmm padahal ni foto kasus yang ringan banget, maksudku biar nggak mmmbbpphhh dan kehilangan selera untuk mencicipi banana smoothie yang aku suguhkan..Ehmmm ntar aku gak nulis tentang penyakit lagi ah.. Yang indah-indah saja..

  10. mmhhh. makasih infonya bu……..namuns aya lebih memilih dengan mencegahnya. pola hidup sehat. menghindari segala macam bahan pencetus radikal bebas. and back to nature. Alhamdulillah dah lebih dari setahun ngga kedokter. bukan berarti takpernah sakit lho.

    Yha mencegah memang lebih baik daripada mengobati.. apalagi banyak penyakit memang gak ada obatnya..maksih sudah berkunjung..

  11. Wah…makasih infonya ya mbak :)
    aku skr lagi rajin2 ke dokter gigi nih..habis kemarin gigi berlubangnya parah banget…dan ini baru tau kalo ada kangker beginian…hiiiiiiiiiii…serem bgt ya …

    Memang kebanyakan.. eh hampir semua orang itu ke drg kalau ada gigi yang lubang atau sudah sakit gitu dan biasanya kalau sariawan ya dianggap penyakit remeh aja..Malah banyak yang nggak ngeh kalau sariawan tu yang ngobati ya drg.. dikira drg itu dokternya gigi .. bukan dokternya manusia. hehehe..

  12. Hi,, Lam kenal iah,,, Visit my blog,, http://fandi88.wordpress.com
    Tp masi culun bgt jgn diketawain iah… Maklum masi pemula bgt,,,hehehe

    Salam kenal juga.. Wah.. blog-nya bagus kok.. eh aku juga pemula belum juga 1 bulan. Sesama pemula dilarang saling mentertawakan..! hehehe..

  13. Wah, masalah mulut memang gak bisa dianggap remeh ya mbak.
    Tahuku, ke dentist cuma kalau berlubang dan karang gigi aja.
    Thanks banget infonya dan salam buat keluarga mbak :)

    Iya, bagianku Oral Medicine itu awam belum banyak yang kenal.., tapi menarik lho..! Senang kalau infonya berguna Puak.. salam juga buat keluarga(whiii kumat narsisnya..!)

  14. euhhh .. ternyata … saya rajin rajin sikat gigi aaaaaaaaaaaaaaaah.

    Rajin Priksa juga ya..? Silahkan datang ketempat praktek saya (ehmm ehmm promosi niee) karena rajin sikat gigi tidak mencegah kanker..

  15. thanks infonya dok… sangat bermanfaat buat saya. saya tunggu artikel2nya yang terbaru.
    salam hormat saya mahasiswinya drg.Erna, Sp.OM.
    (nining, alumni fkg unej 98)

    Duhh Ning aku bukan Sp.OM.. ehh belum ding… Thanks juga sudah berkunjung..

  16. Makasih mbak infox
    n slam knal
    kanker mulut ngecekx kmana y? Doktr gigi kah? Atau THT? Atau doktr kulit?

    Ke dokter gigi juga bisa.. Kalau nanti positif dikonsul ke Sp BM (spesialis bedah mulu)

  17. mba…aku udah 2 tahun menderita sariawan….istilahnya mati satu tumbuh seribu….sedih ya…:((. udah bosen bolak balik ke dokter n rasanya semua obat udah dicoba tapi teteuup aja ada. ada dokter yan bilang karena stress tapi ada juga yang bilang karena lambung (aku punya maag yang cukup akut)…harus ke dokter gigi ya? belom sihhh selama ini ke dokter umum aja n beliau2 ga recomen / ke spesialis?? why??…aku takut itu kanker…:(((

    Ehmm.. Tetty.. baru 2 tahun ini sering seperti itu? kira2 ada perubahan apa dikehidupan Tety? masuk kuliah? Kerja ? atau ada apa? Biasanya itulah yang menyebabkan stress dan muncul sariawan yang ada kaitannya dengan stress. Tetty.. Selain stress bisa juga alergi.. penyebabnya paling banyak pasta gigi. Coba Tety coba pasta gigi yang tidak mengandung detergent. Ada kok dipasaran.. Gunakan juga obat kumur yang mencegah dan mengobati sariawan..
    Tety kalau sariawannya “mati satu tumbuh seribu” artinya kan sembuh kemudian kambuh lagi gitu kan? Nah dengan itu dapat dipastikan bukan kanker.. jangan takut ya Dear?
    Untuk lebih jelas Tety ke drg.. kalau pengen ke spesialis ada drg SpPM (Spesialis penyakit mulut)
    Gitu ya Tety.. Moga2 keterangan mbak bisa menghilangkan was-was mu.

  18. dokter, salam kenal..saya baca blog anda dan saya ingin tau soal seluk beluk sariawan..krn saya lumayan sering sariawan dengan ukuran yang lumayan dan aga banyak..memang akan sembuh sendiri setelah maksimal 2 minggu.akan tetapi menggangu..boleh saya tau kontak dokter utk konsultasi secara langsung.saya akn hargai sekali.thanks

    Okey.. nanti aku reply via email langsung aja ya? email aku erna_sulistyani@yahoo.com..Thanks

  19. Dok, selamat malam..
    Saya kan pake behel gigi, nah selama beberapa setelah pemasangan behel gigi saya tidak mengalami sariawan..Namun karena saya sering makan makanan goreng2an seperti nasi goreng, akirnya mulut saya sariawan kecil, pertama saya biarkan, karena dalam pikiran saya nanti akan sembuh sendiri..Namun sekitar seminggu sariawan saya tidak sembuh juga, hingga waktu itu saya sedang makan dan beberapa kali sariawan saya kegigit oleh gigi saya..Sariawan saya makin besar dan sangat sakiit sekali..Apa lagi bagian sariawan ini terkena bracket behel gigi saya..
    Sudah sekitar 5 hari ini saya minum jus apel, jus tomat, jus jeruk..Dalam sehari saya minum 2 jus..
    Saya juga menggunakan obat kumur “Tantrum Verde” dan juga menggunakan Jel “Aloclair” namun tidak kunjung membaik…Ada saran lain dok ??
    karena sariawan ini sangat sakit sekali dan menggangu kegiatan belajar saya .. Terima kasih..

    Maaf.. memang koment gak bisa tampil kalo baru pertama kali beri komen.. maaf juga baru bisa buka inet.. mengenai sariawanmu itu. jika melihat dari uraiannya kaykanya murni karena bracket.. dan memang itu gak akan bisa sembuh bila masih ada penyebabnya. jadi bracket harus dibuka.. tapi bila sangat tidak mungkin maka bisa saja bracket dekat sariawan itu ditutup dengan akrilik sehingga tidak bisa mengiritasi sariawannya..meskipun cara ini bisa gagal apa salahnya dicoba..coba segera konsultasi dengan dokter yang merawat ya?

  20. Bu, saya juga mo nanya neh…. Sariawan di bibir dan lidah saya muncul kalau saya makan yang pedes2 dan keras serta berminyak kenapa Ya….?

    makanan pedas memang mengiritasi mukosa mulut, jadi pada orang-orang tertentu yang sudah punya bakat sariawan dapat memicu kekambuhan… begitu..

  21. malam dok…aq mau tanya dong..aq sering skli sariawan..awalnya hanya klo mau haid,tp skr2 ini jd sariawan terus..mgkn dlm 1bln hnya 4hri aq bebas dr sariawan..pdhl aq sll sikat gi2 n kumur2..apakah klo sariawanqu ini sembuh trs dtg lg yg bru,itu dpt dipastikan bkn kanker mulut?tlg infonya..mksh ya..

    Malam Tina.. ehmm lumayan parah juga ya sariawanmu… Tina sariawanmu bisa dipastikan bukan kanker. Kalo dulu setiap mau haid, itu pemicunya juga siklus hormonal, yang sering ada pada wanita muda,. tapi kalo sesering ini mungkin ada penurunan daya tahan tubuh, bisa kurang vitamin C, kelelahan atau stress atau mungkin alergi. Alergi bisa pada detergent yang ada pada pasta gigi. Jadi coba perbaiki daya tahan tubuhmu. Kalo pakai obat kumur coba yang obat kumur anti septik, spy kalo terjadi sariawan tidak terlalu besar ya?
    Semoga membantu..

  22. Ass mbak..thanks atas infonya…tapi masih kurang jelas. bagaimana kalo ada benjolan di langit2 rongga mulut kita ? benjolannya keras banget dan sudah lama.

    Apa itu juga disebut kanker rongga mulut ? kalo soal sariawan selalu datang berkala. walau sudah coba kita jaga selalu kebersihan gigi. gimana dong ?

    Anisa, kayaknya mbak perkirakan benjolan dilangit-langit mulut itu adalah variasi anatomis normal yang dinamakan torus palatinus. Jadi bukan penyakit ataupun kanker.. jangan bingung ya sayang.. Trus sariawan emang nggak disebabkan karena kebersihan rongga mulut kurang. Sariawan yang datang berkala gitu pada umumnya berhubungan dengan stress, siklus hormonal, kekurangan vitamin, alergi dan faktor keturunan… Coba diamati kira-kira pemicunya apa kemudian dihindari ya? multivitamin (bukan hanya vitamin C lho..) mungkin membantu.

  23. malam..eh pagi dok..terimakasih buat infonya,aku jd agak lega sedikit..tapi klo aku boleh tau dok,apakah dokter buka praktek?biar klo ada mslh gigi n mulut,aku bs lgsg dtg..trs aku mau tanya,apakah tanda2 awal dr kanker mulut adalah sariawan atw ada tanda2 yg lain?trs klo sariawan disertai dgn adanya benjolan dileher bwh rahang itu normal?rasanya sakit sekali..aku bener2 tersiksa dgn sariawanku ini dok.aku takut kena kanker kelenjar getah bening.aku tdk mau nanti terdeteksi stlh parah.mohon bantuannya dok..terimakasih..

    Sayang aku tinggal di Jember.. dirimu dimana? Aku praktek di RSGM FKG UNEJ.. tanda awal kanker bisa sariawan tapi sariawannya gak sembuh2, tepi2 dari dariawan itu menonjol dan bergulung kasar gitu, dan tidak ada penyebabnya, tapi tanda awal yang sering malah bukan sariawan melainkan kemerahan yang gak jelas. Yang jelas bukan sariawan yang bisa sembuh sendiri dan kambuh2 an gitu. Kelenjar getah bening dibawah tulang rahang memang untuk pertahanan tubuh, jika ada radang disekitarnya, kelenjar itu bisa teraba dan terasa sakit. Kalo kanker getah bening benjolannya lekat dengan jaringan sekitarnya dan tidak kambuhan gitu.. ) dan inget waspada kanker boleh tapi jangan berlebihan ya? afirmasi diri dengan hal-hal positif, bahwa dirimu sehat-sehat saja.. Insyaallah akan sehat selalu.. Tina cantik kalo punya FB bisa cari aku deh, jadi kita bisa omong2 langsung ya ? http://www.facebook.com/erna.sulistyani. Demikian Tina.. smoga bisa bantu..

  24. Ass.Duh dok..aq ada dibekasi…pdhl aq udh nyaman skli konsult dgn dokter erna..aq inginnya dokter liat lgsg dgn keadaan sakit dirongga mulutqu saat ini..ditambah aq lg skt migran complicated gtu deh kata dokter spesialis saraf..smpe leher n tangan kananqu tegang n ksemutan..sariawannya pun adanya dikanan..sudah ke dokter gigi n mulut,perawatan gigi,pasta giginya sensodyne n obat kumurnya minosep..tp tuh sariawan ilang timbul tanpa jeda..ingin skli spt org2 lain yg enak makan enak tdr..nanti aq cari facebook dokter deh biar bs lbh luas consult nya..apakah ada hubungannya antara migran n sariawan dok?..dgn adanya info dr dokter erna aq jd lega n optimis..trimakasih ya dok..

  25. mbaak… makasii banyak ya infonya., saya punya kakek tu sering banget kena sariawan, apalagi sariawannya itu banyaak bgt di mulut nya…
    jangankan di kasih obat (macam albothyl) minum air aja sudah terasa amat sakit katanya.
    apa kah ada kemungkinan bahwa mrp kangker rongga mulut? ke dokter spesialis apa ya untuk memeriksakannya?

    trimakasih sebelumnya…
    ditunggu sangat balasannya…

    Kalo sariawan banyak banget dan kambuhan gitu sih bukan kanker sayang…. bisa virus atau jamur.. coba periksa ke dokter gigi spesialis penyakit mulut ya?

  26. Selamat siang dok.. Setelah saya membaca info dokter, saya jadi takut kena kanker mulut.. Gusi saya bagian bawah kanan sudah 2 hari ini bengkak, leher kanan bagian atas jadi ikut bengkak dan sakit.. Apakah ini termasuk kanker?

    Whaaaa.. mestinya setelah baca malah gak takut… Gusi bengkak penyebabnya macem2.. dan biasanya gusi bengkak tuh jauh dari diagnosa kanker kok.. mungkin ada gigi yang lubang di sekitarnya.. coba periksa ke dokter ya?

  27. dok saya mau bertanya , sudah 3 tahun saya sering sekali sariawan enath di lidah di gusi ataupun di bibir , sudah saya periksa ke dokter , itu dokter bilang tersena radang usus , tpi setelah radang usus sembuh sariawa pun masih saja ada ? jadi harus bagai mana dok ?

    Reina..emang sariawan itu penyakit remeh yang ruwet.. :)… emang sih ada hubungan ant radang ususdgn sariawan.. kalo radang ususnya sdh sembuh memang tidak otomatis sariawan juga sembuh.. harus dicari faktor yang memicu kekambuhannya.. Trus dihindari jadi frekwensinya menjadi lebih jarang… Coba reina inget2 itu sariawan kambuh pas ada apa..

  28. waduuh…sya sering bgt sariawan…gmn ne dok?? saya takut mau periksa….ntar diagnosax mcem2…
    1bln z tnpa sariawan kyakx g’ pernah….
    tp dsni kakak perempuan jg sering bgt sariawan…. memangx sariawan itu pnyakit mnurun ya…???

    Lha lkalo takut sama penyakit ya harus periksa tho sayang… kalo gak mau periksa itu namanya mau pelihara penyakitnya… hehehhe.. kakak perempuan juga sering ya? memang banyak ahli mengatakan ada peran gen.

  29. mangstab dok….

    bisa jadi refrensi tugas kuliah…
    buat dokter erna….perkaya blog ini dengan yang beginian…

    your student
    shakehand

    Makasih kembali Yunan…

  30. mbak mau nanya…
    saya udah sariawan hampir lebih 2 minggu, sbnrnya saya jarang bgt sariawan, paling baru 1-2 hari sblm sariawannya mateng udah sembuh duluan tp yg ini berbeda krn adanya dbawah lidah nempel deket belakang gigi kyk daging tumbuh gt n sering berdarah mbak…

    apa itu salah satu tanda2 kanker rongga mulut?

    satu lagi, boleh gak saya kirim poto rongga mulut saya tersebut yg ada sariawannya skdr ntuk mastiin?

    note : saat ini saya lg d thailand tugas kantor, jd ntuk berobat disini rada susah n ngeri ajah krn bukan org indo ;)

    trims

    Boy.. gigi paling belakang sdh tumbuh apa belum? dari ceritamu mbak pikir itu bukan sariawan, tapi radang pada gusi paling belakang yah.. kayaknya juga bukan kanker deh.. radng tiu sering etrjadi bila gigi bungsu mau tumbuh..
    Kalo ada foto gak pa2.. coba kirim ke email mbak di erna_sulistyani@yahoo.com ya?

  31. Ass dok, kebetulan istriku juga kena kanker lidah sdh operasi 3 x operasi rekontrksi 2 x krn ditambal dgn daging paha operasi yg terakhir krn nyebar di getah bening sdh dihabiskan semua kemo sdh 12 x sinar sudah 40 x alhamdulillah kondisi badan sehat bisa beraktifitaS spt biasa dok, tetap kontrol ke darmais, makanan pakai NGT

    Wa’alaikum salam ..Alhamdulillah .. ikut senang mendengarnya.. mohon maaf bila telat balasnya.. terus berikan support moril karena itu sangat menentukan survive tidaknya penderita kanker. salam buat istri tercinta..

  32. Mba’ sy ada keluhan di bagian bawah lidah, tepatny di pangkal bawah lidah ada seperti flek putih tp tdk tebal,kalau makan pedas terasa perih di bagian itu, ini sudah berlangsung hampir 1 bln….sampai skrg msh ada,, apa itu ciri sariawan biasa atau cancer ya?? Thx mba’

    kalo benar itu ada dibawah lidah dan tidak bisa hilang kalo dikerok, Dhemas segera ke dokter ya? kalo bisa ke drg Spesialis penyakit mulut.. biar nanti di rujuk ke ahli patologi anatomi.. semoga bukan apa2.. maaf baru balas..

  33. dok… saya mau tanya,produktivitas air ludah yang berlebihan itu,penyakit,apa bukan dok..
    setiap mau tidur,pasti saya pengin nya meludah terus… dan kata dokter,dikerongkongan saya itu,ada semacam tonjolan2 kecil… apakah yang begitu itu,termasuk gejala kanker kerongkongan…??? terima kasih…

    Produksi air ludah yang berlebihan biasanya disebabkan adanya radang pada rongga mulut, ada sariawan misalnya.. atau syaraf yang mengatur produksinya terpicu yang biasanya disebabkan karena kecemasan yang kronis.. tentang tonjolan kecil-kecil di kerongkongan saya tidak bisa menyebautkan itu gejala kanker.. coba periksa.. kalo edwin skrg kondsi tubuhnyabaik-baik saja, tidak batuk, tidak lemah, tidak tambah kurus, kayaknya kok jauh dari kanker ya…okey.. smoga bantu..

  34. bu…saya mau konsultasi, ada sariawan di lidah yang cukup besar dan mengganggu, di lidah depan. sudah sekitar 2-3 minggu kondisi tersebut ada…

    memang saya penderita sariawan menahun….sekitar 1-2 bulan sekali pasti timbul sariawan…tempat berbeda2

    mksudnya sariawan disini yang warnanya merah dan batasnya jelasdgn sekitarnya itu ya? kalo benar itu ya namanya geografic tongue… kekambuhannya banyak berhubungan dengan stress. sedang penyebabnya ada faktor keturunan.. ut bantu coba minum multivitamin saat julius lagi capek ya?

  35. aq tuh juga sering banget sariawan, baik di gusi, bibir, ataupun lidah
    tapi juga g sebesar gambar itu
    apa itu juga parah?

    Indikiasi parah atau tidak bagi sariawan kambuhan selain besarnya lesi juga frekwensinya.. jika memang sangat sering dan sampai mengganggu aktivitas dan kualitas hidup Tia, cobalah minta pertolongan dokter

  36. dok saya punya keluhan lagi.. saya udah berminggu-minggu gak saiawan,trus saya makan/minum hal2 yg berbau vitamin C..(makan jeruk/minum vitC) pasti 1-2hari berikutnya,saya pasti sariawan… itu,terus menerus… udah lama banget… itu,kenapa ya dok…??
    intinya,.. kayak saya punya alergi vitamin C,gitu dok.. makasih…

    Ehm.. mestinya vitamin C malah menecegah sariawan dan mempercepat kesembuhan.. dan hampir gak ada kasus alergi vitamin c ya? mungkin kamu gak muat dengan asam.. jadi coba konsumsi vitamin c yang dalam bentuk ester..

  37. Dokter, saya mudah sekali sariawan, kalau kegigit di lidah/bibir trus jadi sariawan, kenapa ya ? yg terakhir ini sariawan nya tidak sembuh2, sudah kumur betadine, minum enervon c, vitamin b complex, vitamin c, tidak sembuh juga, lalu sekarang saya barengin minum antibiotik cefadroxil, sudah hari ketiga mulai membaik sembuh. Bgmn pencegahannya agar kalau kegigit itu tidak jadi sariawan ? Terimakasih dokter.

    aduh kalo gini aku gak bisa kasih jawab karena gak liat apa yang kamu maksud dengan sariawan disini.. gambaran klinisnya kayak apa? kalo kamu minum cefatdroxil sembuh. kungkinan itu infeksi dan harus dicari sumber infeksinya dari mana.. jadi mending ke dokter deh..

  38. dok, saya sama kaya edwin
    udah 1 minggu lebih produktifitas meludah banyak,
    gimana ngatasinya makasih

    juno, aku gak tahu apa yg nyebabin itu, apa belakangan ini dirimu lagi banyak pikiran, cemas? kalo itu penyebabnya ya harus diatasi… ada sih obatnya, tapi ya karena punya efek samping yang lumayan besar pemakaian serta dosis harus sepengetahuan dokter..

  39. boleh tanya gak, saya selalu sariawan, setiap bulan pasti bisa 3-4 buah sariawan dibibir, lidah atas, bwh,pokoknya di mulut, jangka sembuhnya 2-3 minggu..klau masalah buah sy insyaallah rajin konsumsi krn sehari tdk konsumsi akan sulit BAB, dan saya juga menghindari gorengan karena sekali makan gorengan makan besok paginya akan kena radang tenggorokan.. kalau vit c saya selalu konsumsi yang model 5rb mill..kira2 sariawan saya kenapa ya? terima kasih

    Kalo Nurul diet Nurul mmg sdh baik, mungkin sariwan kambuhan itu ada hubungannya alergi yang terkait dengan genetik dan stress.. cobalah ut hidup lebih santai.. mungkin bisa mengurangi frekwesinya..

  40. Dok,

    Sudah 3-4 hr ini lidah disebelah samping kananku, ada bintil putih kecil.
    Spt ada 1 jaringan yg mentil, kecil bgt.
    Lidah ku ga sakit, si.. Cuma. Aga terganggu aja.
    Ini gejala sariawan,kah? Krn ak belakangan suka mkn kuah2 pedas, goreng2an dan sambal.
    Ada saran bgm spy 1 jaringan ini kempes kembali spt semula?
    Sptnya mkn vit. C hisap, ga manjur..ya??
    Terimakasih

  41. Aslkm dok.., saya seneng sekali membaca blog ini.., begini dok, gigi paling belakang saya seblah kanan mau tumbuh dan dah sdh setengah tumbuh, saya merasakan sakit sekali, lalu saya ke dokter gigi, dan disuruh ke dokter bedah mulut, karena ternyata rasa sakit itu karena gigi yg mau tumbuh tdk ada spacenya dan diluar jalur seperti gigi sebelumnya.., dan oleh karena itu saya disarankan untuk dibedah., karena saya 1 minggu ada tugas kantor keluar kota, jadi saya berniat ke dokter bedah mulut stelah saya plg, tapi apa yg terjadi sariawan muncul di bibir dan sakit sekali lalu tumbuh lg di dkt graham atas.. (Sakitt bgt rasanya dok)…, yg ingin saya tanyakan apakah saya ada indikasi kanker mulut dok?, bagaimana biar cepet sembuh dok (seblmnya saya dah kasih obat, isodine,abothyl, dan enkasari) tapi gak kunjung sembuh sariawan nya.. Hiks :-(

    Terima kasih ya dok sebelumnya atas jawabannya…

    Merry sayang.. mabk pikir penyakit Merry jauh dari kanker deh.. emang sariawan itu sakit banget.. albothyl juga perih.. ada obat2 ut ngurangi rasa sakit yg harus ditebus dgn resep dokter Non, tp yg krn gigi belakang ya giginya emang harus dicabut, baru sembuh.. Biar cepet hilang sakitnya minum multivitamin dan insodinenya diteruskan ya say??
    Wassalam..

  42. Ass,dok sariwan yg saya alami frekuensiny sering sekali dan dalam jumlah yg banyak (hingga pernah mencapai 10 :-S) serta t’kdng lesiny besar2,,kira2 apa penyebabny y dok?
    Dan apakah sariwan dapat berhubungan dgn penyakit rhinitis?
    Sebelum dan sesudahny saya ucapkan banyak terima kasih :-)

    waalaikum salam. Wea, rhinitis banyak disebabkan karena alergi, demikiran juga sariawan juga bisa disebabkan oleh alergi tentang alergi coba Wea baca postingan mbak tentang alergi itu ya?

  43. assalamualaikum,
    mbak, anak laki-laki saya, 2th selalu sariawan di lidah. pertamanya diberi nymiko atau kandistatin, sembuh, diteruskan sampai hilang sariawannya, ga lama sariawan lagi, begitu terus. lama2 dikasih kenalog, gitu juga. trus sekarang ni udah dua bulanan bolak balik sariawan terus, dikasih dokter ketricin 0,1%, pertamanya sembuh, tapi belum selesai pengobatannya (masih diteruskan) kok tiba2 muncul lagi sariawan lidahnya, malah makin lebar, saya bingung jadinya, plus takut juga… lidah anak saya kenapa…. padahal dia makan sayur juga, buah, ga rewel lah makannya…
    oh ya, saat ini dia belum bisa bicara, masih ujung2nya aja, padahal sudah dua tahun, apa berpengaruh karen dia selalu sariawan lidah?
    apa sariawan lidahnya bisa jadi tanda2 kanker (ya Allah Naudzubillah….) tolong jawabannya ya bu…. terima kasih sebelum dan sesudahnya…
    wassalam,

    waalaikum salam Farah.. sebelumnya aku tanya dulu, apa sariawan si adik itu yang kemerahan berbatas jelas? seperti pada gambar geografic tongue pada postinganku berjudul penyakit-penyakit pada lidah. Kalo itu sih gak perlu diobati kalo itu tidak memberikan keluhan. Geografic tongue itu disebabkan krn gangguan pd sistem kekebalan (mirip alergi) pd anak. Ya anak usia 2 thn kan sistem kekebalannya (imunnya) belum sempurna. hal itu memberikan keluhan jika ada kekurangan multivitamin dan mineral. Karena sbnrnya gak sakit ya sbnrnya kelainan ini tidak menganggu baik fungsi penguyahan dan bicaranya, dan penyakit ini, jangan khawatir, jauh deh dari kanker. Sekian ya Farah semoga keterangan mbak bisa membantu

  44. Ping-balik: 2010 in review « Percikan Kehidupan

  45. Salam kenal Dok ;) anak saya usia 2,5 tahun dan baru kali ini sariawan di pipi bag. dalam,sepertinya krn kena sikat giginya. Dia jd gak mau makan krn mulutnya sakit,sebaiknya dikasih apa ya dok biar cepet sembuh. Terimakasih sebelumnya..

    kalo memang sariwannya kena sikat gigi, coba di cek akan terlihat ada cekungan 1 buah saja.. biasanya sembuh sendiri dan berhubung usianya masih segitu mending dikasih multivitamin saja…

  46. Assalamualaykum, salam kenal dok :)
    Dok, akhir thn lalu sy sariawan lmyn parah. Ada pada lidah dan rongga mulut. Dokter gigi yg sy kunjungi ragu2 apakah itu virus herpes atau bkn krn tdk didahului bintik2 berair. Lalu disarankan acyclovir salep. Krn tdk membaik, stlh bbrp hari disarankan minum acyclovir. Stlh sembuh, bbrp hari kemudian kembali kambuh namun tdk melebar dan tdk bny, dan sembuh tanpa sy minum acyclovir. Stlh bbrp hari sembuh, kambuh lagi. Apa yg hrs sy lakukan dok, agar tdk berulang lg spt itu? Terima kasih sebelumnya. Smg Allah membalas kebaikan dokter. Amin…

    Dina, kalo itu virus biasanya disertai keluhan tubuh seperti mau flu begitu, trus sariawannya kecil2 diameternya kira2 1mm dan banyak sekali. Memang sih itu tidak bisa membedakan dgn pasti dgn sariawan biasa tp pd herpes keluhan pada badan biasa lebih parah. ada pemeriksaan darah yang cukup membantu yaitu kadar antibodi herpes. BIla itu virus ut mencegah kekambuhan ya Dina harus menjaga sistem imun agar tetap baik. Makan yang bergizi, istirahat yang cukup dan jangan lupa olah raga ya?

  47. salam kenal dok, udah sebulan ini di bagian dalam pipi kiri saya ada benjolan lembek sebesar kacang berwarna merah. tetapi tidak sakit. itu berbahaya atau tidak yah dok?? apa bisa diangkat melalui pembedahan di dokter gigi? smoga penjelasan bu dokter bisa membantu :)

    dipipi belakang kah? didekat gigi geraham atas yang paling depan? kalo itu sih muara kelenjar ludah yang ada disekitar itu.. bukan kanker Yog..

  48. halow… dok…. ^_^… mau tanya dong…..
    saya wanita berusia 22 tahun…
    saya mau tanya dong dok, kenapa yah saya sering sariawan jika saya terkena buah jeruk sedikit saja dan sariawannya itu bisa lebih dari 2 di rongga mulut saya, apa itu kanker dok???? saya belum coba periksa ke dokter karna saya takut,
    mohon penjelasannya
    Terima Kasih,,,

    Jawab bukan.. sariawanmu itu bukan kanker.. jangan takut ke dokter dong. gak ada apa2 kok..

  49. assalamualaikum dok..
    sebelumnya saya ga pernah kena sariawan seperti sekarang biasanya sih cuma sariawan dibibir kemudian sembuh sendiri
    terus tadi abis gosok gigi iseng ngeliatin rongga mulut kaget bgt dok,dipangkal tenggorokan banyak bgt sariawan disebelah kanan dan kiri amandel kenapa ya dok n anehnya sariawan ini ga sakit, makan n minum seperti biasa kalo nelen jg ga sakit kenapa ya dok mohon bantuannya…..

    mbak gak bisa pastikan apa yang kamu sebut sariawan itu andry, kalo gak sakit itu mungkin struktur anatomis normal atau memang suatu kelainan yg tidak memberi rasa sakit. coba cari2 gambar anatomi di om google dgn kata kunci tonsil atau posterior rongga mulut trus bandingkan dgn pymu.. okey?

  50. dok , di dekat gigi geraham kanan saya ada bercak putih seperti sariawan dok .. Rasanya sakit banget kalau dibuat makan .. Ini udah 2 hari dok .. Dulu , 3 minggu juga ada persis kayak gini (karena kena sikat gigi) tapi udah sembuh , nah sekarang kambuh lagi dok ..
    Emang akhir akhir ini saya sering stres ..
    Apakah ini sariawan , radang , atau kanker dok ?

    Info : gadis 17 tahun ,saya tdk pernah mengkonsumsi vit c , sayur , dan buah . Bahkan dulu jarang sekali membersihkan mulut .. Tapi akhir akhir ini rajin membersihkan mulut ..

    MOHON bantuannya dokter ..

    Silvie, yang jelas bukan kanker, sariawan ini jg krn sikat gigi apa tidak? jika tidak apa ada gigi yg miring, lubang atau tajam? Mungkin itu hy sariawan biasa. kalo penyebabnya gigi maka ya harus dirawat giginya ya?

  51. met mlm dok..
    Aq jg pnya keluhan sariawan yg super bndel.. Klo lg byk pikiran pasti mncul sndri,nanti pertama trasa tnggorokn skit, trus mncul pecah2 dbibir,lnjut ke sariawan dseluruh lidah dan bibir.. Biasany klo dh parah tepi lidah smua wrna ptih n sakit bgt,,bhkn bibir bag atas n bwh pnuh sariawan, smpai2 bibir ini kliatan bgt bngkakny.. Yg dbibir bwah kdg smpe bdarah..
    Smbuh total biasany sbulan lbh,,tp klo lg byk pkiran mncul lg.. Klw dh parah bgt biasany makanny hrus bkuah biar bs lgsg telan,kna air aj sakit luar biasa..
    Sariawan kyk gni mulai aq SMA kelas 2,,sktr 5-6 thn lalu..
    Apa aq kna kanker mulut y dok? T.T

    BUkan kanker kok agustin, tp kemungkinan krn virus. wah kalo kayak gini mending segera priksa ke dokter .. kalo ada FKG yg deket tempat tinggal agustin sgr datang eksana agar dpt pertolongan. Semoga cepet sembuh.

  52. dokter , sariawan kemaren uda sembuh ..
    Tapi sy mau tanyaa , diatas gusi depan diatas gigi susu saya ada semacam daging tumbuh .. Itu uda berlangsung 2 bulan , warnanya merah , ga sakit , trus keluar nanah sama darah kalo dipencet .. Dulu sempat kecil dan hampir hilang , tapi beberapa minggu langsng balik lagi sampe skrg .. Kebetulan gg susu ku itu ada tambalannya .. Dan kalo daging itu mengeras ggigi susuku juga ikut nyutnyutan , apaka itu kanker dok ?
    Saya takut sekali ..
    Mohon bantuannya dokter …

    Itu namanya fistula.. saluran dari kantung nanah atau abses yang kemungkinan besar krn infeksi dari giginya.. jadi gigi yang nyut-nyutan itu yang menyebabkan abses dan fistulanya itu keras. jadi perawatannya ya giginya harus dirawat.. dibersihkan ruang pulapanya dan di sterilkan… Nah ke dokter ya Silvie… Bukan kanker kok..

  53. dok , tolong balas komen saya sebelum ini

    maaf ya Sylvie.. mbak baru bisa jawab.. itu sdh mbak bales kan? segera ke dokter ya? mungkin giginya kliatan gak pa, tp sdh ada kelainan pada pulpanya.

  54. iyaa dok , tapi apa bener ga berbahaya ? Soalnya ini keluar nanah terus .. Apa harus dioperasi dok ? Kira kira kalau tidak dioperasi apakah dapat lebih besar ? Gigi susu saya itu ada tambalannya dok tapi letaknya diatas gusi dibawah selaput bibir itu ..
    Saya takut kalo ke dokter diagnosanya macam macam .. Ini aja saya juga belum bilang ke mama saya :p

    Nggak operasi kok Silvie.. nah tambalan itu yang bikin gara2.. terjadi infeksi dibawah tambalan gigi itu.. (dan itu namanya gigi seri sayang.. bukan gigi susu, gigi susu itu py anak2 yg kemudian tanggal itu).. Nah tambalannya musti dibongkar dan dirawat dulu dalamnya.. trus ditambal lagi.. Kalo infeksi itu dibiarin ya bisa nyebar kemana2… bisa sampai radang otak lho… Nah .. gih bilang mama.. minta anter ke drg ya?

  55. aku uda bilang dok , kata mama malah itu panas dalem ..
    Trus gimana dong dok ? Masak aku ke drg sendiri ?

    Jelasin ke Mama dong.. Ni giginya yg ditambal infeksi, jadi mesti dibongkar lagi.. bukan panas dalam.. kalau mama tetep gak mau masak silvie gak brani ke drg sendiri..? bayangin aja ketemu mbak Na disana.. :)

  56. yaa beranii si ..
    Kira kira biayanya ampe berapa yaa ?

    Mengenai biaya tentu saja tergantung pada jenis perawatan yang diberikan dan bahan yang dipakai Silvie tanya saja sama dokternya, jangan sungkan-sungkan. Yang penting infeksi itu harus segera ditanganin..

  57. dok…lidah atas saya ada semacam bercak sebesar kuku jempol (warna merah) kaya sariawan, tapi ngga perih..kenapa ya dok? saya takut kanker…terimakasih

    NB:baru ketahuan 2 hari yang la

    Kalao bercak batasnya jelas dan teratur , permukaannya rata, mulus gitu, kayaknya itulah yang namanya geografic tongue. bukan kanker..

  58. dokter , mau tanya lagi .. Lidahku bagian dalem kok ada yang menutupi warnanya putih ke kuning kuningan , trus tadi pas makan rasanya gak enak .. Ini knapa ya dok ? Kanker ? Ato karena nasinya kepanasan ?
    Soalnya tadi aku makan nasinya panas banget trus ikannya juga pedes bnget . Ada pengaruhnya ?

    Sorry.. sorry Silvie baru bisa jawab komen2. mbak Na sibuk dan juga sdkt gak enak badan. ya itu infeksi jamur, saaat makan panas lidah Silvie permukaannya terbakar apalagi ditambah dengan pedes. “kulit terluarnya” terkelupas gitu dan mudah ditumbuhi jamur. kalo sampai lama gak sembuh senidiri ya jamurnya harus diobatin dear.Jadi bukan kanker. obat anti jamurnya bisa minta ke dokter ya sayang?.

  59. dok saya gadis 17 taun .. dibawah lidah bagian kiri ada bercak hitam gitu .. Aku gatau mulai kapan .. Tapi kayaknya udah lama .. apa itu kanker ? Saya sangat takut sekali dok ..

    Rahma gak boleh takut gitu dong say… Mbak Na gak bisa bilang itu apa, tp hampir gak ada kok kanker di rongga mulut dildah yang dimulai dengan bercak hitam ..

  60. oiyaa trus lidahku kalo buat njilat pipi dalem kanan kiri rasanya aneh .. kayak kasar ato berbulu gt ..
    Knapaapa ya T.T ? lidahku agak perih juga T.T

  61. dok,,ada sesuatu yg sebelumnya tidak ada,ada daging,dari bawah rongga mulut,di dkt amandel..agak gepeng,itu ada yah dok??? aq kaget…barusan berkaca..tolong bgt dok,dikirim ke email aq..aryadi005@gmail.com ..krn aq takut lupa situs ini…terimakasih byk dok..smga dokter menjadi dokter yg berguna bagi semua kalangan…amin

  62. Dok, beberapa bulan yang lalu saya terkena sariawan d bibir bawah dan sekarang sudah sembuh namun di tempat yang bekas sariawan itu malah jadi ada seperti benjolan gtu kaya sariawan tp ga sakit dan ga hilang2..kira2 kenapa yah dok? Bahaya nggak?

    gak pa2 kok raisa.. ntar mengecil kok.. itu jaringan parut bekas luka saja..

  63. mbak, aku punya temen, dia ada sariawan di lidah sisi kiri(jadi bagian samping gitu), nah itu awalnya sariawannya cuma biasa aja kayak sariawan2 biasa, tapi lama2 kok jadi putih terus kayak berlubang gitu, sempat beberapa saat dia cadel ngomongnya, terus sekarang dah normal, tapi bagian yang sariawan itu masih berlubang…. kira2 kenapa ya???

    dia sih bilangnya kalau lagi kurang vitamin dia emang suka sariawan gituuuu…. mohon tanggapannya, terima kasih

  64. Dokter, saya mahasiswi (19).
    Sudah 3 hari gusi depan bagian bawah terasa sakit, waktu makan dan menggosok gigi.
    Awalnya diliat di cermin, ga ada luka. Sekarang muncul bercak putih dan sakitnya tak kunjung hilang. Saya takut ini berbahaya. Kira2 parah ga dok? Ini termasuk sariawan atau kanker? Tlg dibalas juga ke email saya atikadwi9@yahoo.co.id
    Terima kasih banyak sebelumnya dokter, info anda sangat membantu.

    aduh atika mbak gak bsia jawab deh.. periksa aja ya Non itu apa?

  65. dok,saya mau tanya,saya sering sariawan dan sariawanya bnyak besar dan lama sembuhnya,kata ibu sy itu sdh keturunan,memangnya ada keturunan sariawan?dan apakah keturunan sariawan bisa dicegah dan dihilangkankan?apa seperti itu bisa beresiko kanker mulut dok?tlg dijawab yaa dok

    Iya.. sariawan yang kambuhan itu ada hubungannya dgn keturunan.. yg bisa dilakukan jk sdh keturunan adalah menjaga asupan makanan dan emosi.. jauh kok dari resiko kanker..

  66. Dok..salam kenal ya..
    mau nanya donk,dok..saya sering banget sariawan..
    1 sariawan di bibir sembuh 2-3 hari ntar datang lg sariawan lain..kalo ngak di bibir ya di lidah..
    terus ini uda 2 minggu ini gigi geraham paling dalam bawah bagian kiri mulai tumbuh..giginya uda keluar dikit terus ini dinding mulut kegigit terus di bagian yang dekat sama gigi yg baru tumbuh itu..uda 2 minggu tergigit terus kemudian ini sejak kemarin malam,pipi bagian kiri saya seperti bengkak gitu ikutan sakit smua..itu kira2 ada ciri2 kanker mulut ngak ya??jadi takut..T_T
    thanks,dok.. :)

    kalo lihat tanda2 yang kamu tulis sih jauh deh dari kanker.. gak usah takut ya? trus periksa ke dokter..:)

  67. Mba mauu tanya, saya takut terkena kanker mulut, bibir dpan atas smpe dalem saya kaya sariawan tapi bukan sariawan,kalau diluar bibirnya warna agak-agak item trus kalau bibir bagian dalem warnanya merah trus di pinggirnya putih tp gaa sakit mba udah udah hmpr 4bulan saya takut kanker mba.. Soalnya tnda2nya sama.. Ya ampun saya parno mba,. Saya smpee stress takut ke dokter mbaa…

    Wheee… jangan parno.. mungkin juga bukan kanker.. coba deh lihat gmbar2 kanker pada bibir di google.. bandingin sama bibir kamu intan..

  68. Dok salam kenal yah n sekalian butuh bantuannya nih dok.
    Begini dok, adik perempuan saya umurnya 12 tahun ada seperti daging tumbuh digusinya awalnya kecil sih dok n mama saya pikir itu cuma sariawan tapi udah lama ga sembuh2 n semakin tambah besar dok, kira2 itu apa yah dok?? berbahaya ga sih dok??memang sih adik saya udah dioprasi n dibawa ke dokter dan dokternya bilang itu biasa, gpp n banyak kasus seperti itu. Tapi saya n mama saya masih ttp khawatir. apakah ada kemungkinan daging tumbuh itu bisa tumbuh lagi dok?? solusinya bgaimana yah dok??
    Pliss jawabannya dok, Thank’s before yah dok…

    Daging tumbuh di gusi? kalo dokternya sdh bilang itu biasa, ya kemungkinan karena iritasi saja.. karena anak2 dalam masa geligi pergantian biasanya banyak gigi yang lubang juga.. gak usah khawatir saya kira, cukup kontrol rutin saja dan jaga kesehatan rongga mulut sebaik2nya.

  69. Slam kenal Dok,
    sdh 1 bln say memakai behel..tapi setelah 2 minggu pemakaian tiba2 langit-langit dalam mulutku meradang. Sudah minum antibiotik, vit. C, dan berkumur dgn albothyl tpi tak kunjung sembuh…
    Udah g sakit sih tp masih bengkak..
    Ap kah ini gejala kanker? Mohon penjelasannya..Thx b 4..

    mbak gak tahu penyebabnya, dan penyakitnya apa, tapi kalo mendadak gitu bukan kanker deh kyknya, coba tanya sama dokter yang pasang behelnya ya?

  70. Mbak…sariawan dari SMP sampe sekarang (umur skrg 24th) selalu datang hmpir tiap bulan bahkan kadang 2x 1 bln.. Periksa ke dokter umum dia bilang coba periksa kedokter gigi..pas periksa ke dokter gigi jawabannya ga memuaskan… Dia bilang pengaruh hormon trus banyak pikiran dan capek.. Trus gimana tu mbak?? Sariawannya sering dilidah.. Kadang juga di bibir.. Tanpa diobat kadang dia sembuh sendiri..tapi ntar dateng lagi..

    iya memang begitu, tapi bisa juga alergi pasta gigi, keturunan.. yang jelas itu tanda bahwa kondisimu gak fit.coba ganti pasta gigi dengan yang tanpa detergent trus banyak makan buah dan sayur, kalo perlu suplemen vitamin ya? semoga mengurangi frekwensi kekambuhan..

  71. Hi drg erna..
    Saya mau tanya dkt tenggorokan saya ada seperti daging tumbuh,,waktu itu sempat sakit dan radang,sesudah saya oleskan kanelog pelan2 mengecil dan tidak sakit lg,tp tidak bs hilang dan klo disenggol pk lidah kyk berasa ada sesuatu,,itu apa ya dok?thx before..:)

    Mbak bingung jawabnya Sally.. apa yaa?? :D

  72. Dok ayah saya sudah 3 minggu lebih sariawan.. dan sariawan nya bkn cm satu ,tp menyebar bnyk..
    tp saya kurang begitu tau bentuk/dimana sariawan nya ,saya br mendengar kbr dr rmh setelah saya br pergi 1 bulan ,kebetulan saat ini saya di bali dan keluarga saya di lampung..

    setelah di periksa ke dokter ,ayah saya di vonis kanker dan harus di operasi..

    #Apakah sangat beresiko dok klo di operasi ?
    tante saya bilang klo di operasi lidah ny harus di potong.. apa benar ?

    #di ntara keluarga saya dgn ayah saya paling sering sariawan. dlm 1 bln kami pasti sariawan.. apa saya berpeluang terkena kanker jg dok ??

    sampai komentar ini saya post, saya sangat khawatir dgn kondisi ayah saya..

    mohon tanggapan dokter “terima kasih”

    Kalo menyebar banyak sih bukan kanker, tapi kalo yang menetap lama iya.. ya kalo memang benar kanker pada lidah memang kebanyakan dipotong dan sebenarnya tidak ada kaitan langsung antara sariawan yang kambuhan itu dengan kanker..

  73. dok saya mau share nih … aku dah merid skitar 1 tahunan gitu,,, semenjak aku merid mulai saat itu sariawan terus bermunculan bisa sampai 4/5 luka :( dalam sebulan hanya sekitar 1 minggu mulutku free, suka makan apa saja bisa!! tapi hari berikutnya sariawan bermunculan… aku sudah ke dokter gigi, ngebersihin gigi sampe mengkonsumsi obat cina untuk sariawan… kata dokter itu hanya pengaruh hormonku aja / stres tapi akhir2 ini aku sangat takut krn sariawan2 yg bermunculan selalu di daerah bawah baik bibir maupun lidah :’(

    Bisa sih apa yang dikatakan dokter itu bener, nah tapi kalo kamu ketakutan begitu ya tambah parah sariawannya.. cobalah lebih rileks ngadepin hidup dan lebih banyak mengkonsumsi buah2an yang berwarna tua, seperti tomat, jeruk.. semoga bisa bantu..

  74. .dok,mau tanya,neg sariawannya bnyak n g sembuh” ,itu bhaya ga y?

    gak sembuh2nya.. itu menetap apa kambuhan.. ? kalo menetap segera diperiksakan ya?

  75. aslmlkm dok.
    saya seorang mahasiswa berumur 23 thn dok.
    sering sariawan jga dok..,tp alhmdlh sembuh dgn sendirinya..
    tapi di tepi bibir saya tumbuh benjolan bulat putih…
    apakah itu ada indikasi kanker mulut dok..??
    mhon dijawab ya dok ya..,terima kasih…
    aslmkm.

    benjolan putihnya halus, lunak, mengkilap dan mendadak tumbahnya ya? kalo iya.. itu hy saluran air ludah yang tersumbat.

  76. salam kenal mbak…mo tanya nich klo mo tau sariawan itu udah kanker ato belum gimana? apa ada test laboratoriumnya tao hrs biopsi? klo biopsi ad resiko gak yach?? tq

    sariawan itu kalo jadi kanker, biasanya menetap, tepinya gak teratur, meninggi, bergulung, keras… biopsi untuk memastiaknnya, resikonya kanker bisa menyebar kemana2.. biaanya sih sekalian diambil semuanya saja jaringan yang sduah spt itu.

  77. Alhamdulillah akhirnya ketemu postingan yg ane cari2…
    Gini Bu dokter, sudah sekitar 3 hari yang lalu di bagian bawah lidah ane ada daging tumbuh ukuran 1/2 cm kurang lebih dan besarnya sebesar karet gelang standar
    rasa sakitnya seperti sariawan. Apakah bisa sembuh sendiri atau harus ke dokter? dan ini merupakan sariawan atau gejala kanker lidah ya? terimakasih atas jawabannya
    menunggu mode ON :)

    itu papiloma, atau kutil, sejenis tumor jinak, kayaknya gak bisa sembuh sendiri, kalo sakit lebih baik kedokter biar dimabil saja.

  78. saya sering sariawan,,,, bahkan sariawanya i2 sngatlah lebar,,, dan setiap bulan pasti kena, dan sembuhnya pazti lama,,, apa yang hruz ku lakukan ?

  79. assalm..lam kenal dok……

    dok saya mau tanya di lidah saya ada bintik putih, dan lidah saya kurang bisa merasakan rasa makanan ( pahit, asam , manis ) lidah saya terasa seperti baru minum air panas atau makanan panas..tenggorokan saya sakit dan sulit menelan, apakah itu kanker dok?

  80. dok saya takut sekali lau kena kanker lidah dok, awalnya saya sangka sariawan……….tapi dah 1 minggu ga sembuh juga….ada benjolan di samping2 lidah saya dok, indra perasa saya seperti ga berfungsi, apa itu kanker dok……..dok mohon dijelaskan…………

  81. salam kenal dok
    dok saya mau tanya saya udah ngalami sariawan kurang lebih 1 minggu, tapi dok gara2 itu indra perasa saya kurang bisa mengecap rasa makanan, apakah sariawan bisa menyebabkan seperti itu, sariawan saya di lidah, dan di pinggir lidah saya ada benjolan dok, apakah itu kanker atau bukan dok……….

  82. malem dok..
    saya udah 3 minggu ini pke behel, tp k kdang kala suka bengkak d gusi kalo nggak gtu sariawan dan sakit giginya dok..
    itu gmna dok..??

  83. dok aq mau tanya diatas lidah ada bintil2 putih ada empat buah(tidak isi air) dan perasaan tidak enak di telinga sdh 2 mgg ini tidak sembuh2 apa itu kangker dok

  84. selamat sore bu dokter ini iwan anak semarang, gini bu di bagian bibir dalam saya terdapat benjolan kecil ya sebesar sebutir nasi sudah seminggunan tidak hilang2, tapi di samping itu juga benjolan tersebut tidak sakit , saya takut kenapa-napa. itu sakit apa ya bu dokter? terus saya harus gimana? tidak berbahaya kan bu dokter. terimakasih berharap sangat bu dokter mau membalasnya. saya takut

  85. maav dok , apakah gigi geraham berlubang semua dan nafas tidak sedap bisa menyebabkan kanker mulut dok ? blsanya ditunggu :)

  86. Mba, mau nanya.. Aq lg sariawan nih.. Sariawanny banyak bgt ga keitung. Di sekeliling bibir bagian dalam trus di bawah lidah.. Sakit bgt mba ga smbuh2. Ditambah lg tenggorokanny panas. Aq ad gigi berlubang besar sih di dlm. Kira2 itu sariawan biasa ato bukan mba? Trims sblmny atas jwbanny mba.. Tlg krmin jwbanny ke email ku dante_r22@yahoo.com y mba.. Biar cpt bacany.. :)

  87. bu dokter….anakku baru umur 11 bulan,,kmrn dia jatuh n terluka bibir bawah bag dalam nya…beberapa hari kmd ada semacam benjolan bulat n berwarna merah..sudah sebulan lebih ga hilang dan sepertinya agak mengeras dan mengganggu…rasanya tidak sakit karena dia mau makan dan minum…kata dokter anak itu semacam kutil,,kalau mengganggu harus di ambil lewat bedah mulut…bahaya ga?penyebabnya apa ya?sedih banget….dia kan masih bayi masa harus lewat bedah mulut begitu?mohon dibantu bu dokter….many thanx

  88. anak saya umur 5 tahun wanita ada tumbuh daging di lidah ujung dalam dekat tenggorokan warna putih dan sebesar jari kelingking…penyakit apa moga tidak berbahaya…?

  89. aku seorang gadis berusia 20 th. waktu dudukdibangku SMP aku jarang sariawan, tapi sejak masuk SMA sariawan gak ada henti2ny sampai sekarang. kalaupun sembuh cuma satu atau dua minggu besok kambuh lagi gitu, itu pun sariawan bisa sampai hamppir satu bulan baru sembuh, kalau sariawan gak cuma satu aja, awalnya satu terus tmbuh lagi tmbuh lagi pernah sampai 5 tumbuh sariawan dimulut. aku sampai takut kalau2 penyakit. pernah diperiksain ke dokter tapi dkter umum cuma dikasih salep sama obat dan betadin pencuci mulut, tapi ya gak kunjung sembuh juga. gimana ya solusiny.?? soalny udah capek sariawan terus buat makan n ngomong sakit banget mpe nangis lok mau makan.,… :(

  90. saya ingin bertanya dok gigi saya kanan bawah bekas di tambal dan sekarang gusinya bengkak dan kalo di pencet mengeluarkan darah dan nanah, juga seperti ada daging yang keluar apakah itu kanker atau tumor ?????

  91. dok saya mau bertanya gusi saya yang kanan bawah bengkak dan sekarang seperti keluar daging gitu beserta dengan keluarnya nanah dan darah .. gi2 saya bekas tambelan itu kenapa yah dok ????
    apakah itu kanker ??? saya takut…

  92. Salam kenal mba.. saya mau tanya donk mba, kadang kala ada sesuatu bewarna putih seperti nasi keluar dari langit-langit tenggorokan dan berbau. Itu indikasi dari penyakit apa ya mba, dan apa penyebabnya? Trimakasih sebelumnya :)

  93. Assalamualaikum.
    dok, saya punya keluhan sariawan melonjol dibibir bwah bgian dlm. sudah 3blnan, kadang kempes kadang menonjol. isi cairan nya bening dan sdikit kental. itu knpa ya dok?

  94. Assalamualaikum Wr Wb

    permisi dok saya mau tanya, saya remaja berumur 20 tahun yang sudah beberapa tahun ini selalu terkena sariawan terus menerus, sariawan saya memiliki ciri” di tepiannya sedikit keras tetapi tidak begitu menonjol. jumlahnya pun tidak sedikit, pasti diatas 5, bahkan pernah sampai 10 lebih. tetapi sariawan itu tidak menetap, jadi ibaratnya mati 1 tumbuh 1000. ukuranya bervariasi, ada yang kecil ada yg besar.. sariawan ini juga menyebar dok, terkadang di mulut, gusi dan lidah. frekuensi sembuhnya juga lama, sekitar 1 bulan baru sembuh. itupun diikuti dengan tumbuhnya sariawan lain. tetapi saya emang orang yang sulit kalo disuruh minum, apa itu pengaruh ? badan saya juga kurus, tapi kurusnya emang dari kecil sihh. apa itu bisa dikatakan gejala kanker mulut dok ? semoga dokter berkenan memberi pencerahan. maturnuwun sebelumnya.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

  95. Asallamu allaikum wb…
    Selamat siang dok..
    Saya mau minta tolong skitar penyakit yg di derita putra saya.
    Nama: Maska aditya
    Umur: 17 bulan.
    Gejala: ada benjolan sebesar isi kacang berwarna merah kecoklatan tepat di bawah lidah (belakang gigi depan).
    Apa benar benjolan itu tumor..atau penyakit lainya dok?..
    Sudah saya cek di RS setempat, katanya itu tumor jinak.
    Cuman cara ngeceknya hanya di lihat saja dan di bawakan resep obat.
    Menunggu hasil dari proses reaksi obat dalam 1minggu kedepan.
    Dan saya berikan obat alami daun sirsak dan sambiloto kpd ibu yg masih menyusuinya.

    menurut dokter apa itu benar2 tumor?..dan cara penanggulangan yg tepat bagaimana dok?…
    Saya mohon bantuanya dari informasi dokter..
    Terima kasih.

    Wasallam….

  96. Dok knpa ya mulut dalam sebelah kiri kasar sekali.rongga langit2 mulut juga kasar..terus tenggorokan yg sakit tak kunjung sembuh.memang gigi graham saya berlubang..apa mungkin infeksi ya dok??mohon bantuan jawabanya.mksh

  97. Ass. mbak Erna mo tanya aq sering sakit dipermukaan bibir seperti sariawnya pss horisontal pas tengah bibir tp saktnya g ketulungan pas kambuh gini kena busa odol , mkanan yang agak pedas aja rasanya kaya kebakar mata sampai keluar air mata … kira2 kenapa ya mbak jd menyiksaq sakitx ini terjadi sdh hampir 3 th kambuhan tnp tau sbbx, dan 2 hr ini di dinding dalm bawah bibir ada benjolan kecil memanjang dan g skit apa ada kaitanx dgn bibirq mbak…. eh ya mbak mo tnya jg soal anakq usiax 8 th sdh 6 kali cabut gigi susu disebabkan gigi permanenx keburu nongol sdg gigi susux mh kuat jd tiap cbt gg disuntik bius lokal sapai anakq agak trauma yg mo aq tanya apa ada efeksamping kl tiap cbt gigi disuntik bius dan apa semua giginya nanti kesundulan terus ma… aq jg ga tg lht anakq ksktn bl cbt gigi… mhn beri petunjuk ya mbak…..matur suwun sak derenge… smg ALLAH memberi berkah dlm keluarga mbak Erna Amin…

  98. bu dokter,saya mau tanya,,saya ada benjolan/ bintik -bintik di rongga mulut bawah ( tepatnya rongga dibawahnya lidah)..sakitnya klo buat nelen,rasanya ketekan gtu sakit,,,itu kira” sariawan atau knepa ya bu,,mohon bantuan info nya,,,kwatirr…

  99. Saya murid SMA. Baru kemarin saya merasa di bagian bawah lidah saya sakit. Dan saat saya lihat, ternyata seperti ada sebuah tonjolan memanjang (seperti menggantung) yang berwarna bening dan sakit kalau di tekan.. Saya takut ini akan menjadi parah.. Dan saya mau nanya ada apa dengan lidah saya. Saya takut.. Atas perhatiannya terimakasih.. Saya tunggu jawabannya..

  100. Mo Tanya anak sy umur 2th , akhir2 ini di lidahnya kadang kayak ada luka seperti kayak plak gitu kecil2 tys sembuh tys kira2 ntar 4 atau 3 hrian gt muncul lagi , kemudian lama gak muncul tys muncul lg, skit berbahaya ga??

  101. Mbak mau tanya, di gusi saya tumbuh bisul warna putih tidak sakit, tapi kemudian pecah. Isinya nanah dan darah, kemudian tumbuh lagi dan setelah pecah tumbuh lagi. Diatas gusi itu ada gigi yang telah ditambal beberapa tahun yang lalu. Apakah bisul itu berbahaya dan bagaimana cara menghilangkannya? Dan apa ada hubungan dengan gigi yang ditambal itu?

  102. assalamualaikum..dok saya mau nanya, dibagian bawah lidah saya ada benjolan dan itu ga terasa sakit tp benjolannya semakin besar, kira-kira 1bulan lebih saya mengalaminya…apa itu termasuk kanker kelenjar ludah atau apa ya ?terimakasih

  103. saya sekarang sedang mengalami sariawan yang parah (sariawan kecil2 di sekitaran bibir, bahkan mencapai 12), dan sriawan dilidah, juga dibawah lidah (kecil2), apakah itu suatu gejala penyakit tertentu? makasih

  104. Dok saya mau tanya, dibibir bawah saya ada benjolan/bentol gtu..
    Jadi gni, benjolan itu didapat waktu aku bangun tidur dan dibibir aku ada semut..lalu beberapa hari kemudian tumbuh benjolan kecil, awalnya sih aku abaikan karena saya pikir akan hilang dengan sendirinya..tp sampai sekarang benjolan itu masih ada, benjolan itu tumbuh sekitar 1cm & sudah 1 bulan gak hilang-hilang..
    Saya takut, itu kanker apa bukan.?

  105. Malam mbak…..mau tanya kl d pipi bagian dalam ada bintil kayak ada nanahnya..trus sakit juga sampe k telinga, kira2 knp ya mbak?

  106. mbak, kenapa ya ini di dinding pipi saya (kiri kanan) stiap saya makan apa selalu tergigit, dan sekarang 1 bulan saya merasakan sakit dibgian tsb. Adakah it indikasi kanker rongga mulut? Soalnya dikedua dinding pipiny ada smacm penebalan daging yang mengganggu saat dibuat makan maupun bicara, mhon penjelasanny mbak, trimakasih..

  107. assalamu’alaikum .. mb, ada sebuah benjolan digusi bwh gigi grahamku … benjolannya/daging menyerupai lidah .. menurut mb itu apa yaa mb ??? tumor atau gimana mb ??? soalnya saya tekan menggunakan lidah tidak merasakan sakit .. mohon jwbnnya .. mksh mb. wassalam

Berikan Balasan

