Penyakit-penyakit pada lidah.

Memang lidah tak bertulang, tak berbekas kata-kata…

Lidah.. ada beberapa ungkapan tentang lidah… tanaman yang ujung daunyanya lancip dan panjang dinamakan “lidah mertua”. Ada cerita tentang “si pahit lidah”. Kemudian adalagi ketrampilan “bersilat lidah”. Trus apalagi ya…? Kayaknya masih banyak dan kita sudah mengerti apa arti dari kiasan ataupun nama tersebut, namun mungkin banyak yang tidak kita tahu bahwa lidah kita juga bisa terkena penyakit. Lidah yang punya peran sangat penting dalam bicara, pengunyahan penelanan dan juga pembersihan rongga mulut, dapat juga mengalami kelainan-kelainan.

Saat ini Na hanya ingin memberikan gambaran apa sih kelainan yang sering terjadi pada lidah.

oral candidosis

Oral candidosis.  Penyebabnya adalah jamur yang disebut candida albicans.. gejalanya lidah akan tampak tertutup lapisan putih yang dapat dikerok.

atropic glossitis krn defisiensi Fe
Atropic glossitis. Penyakit ini juga sering ditemukan. Lidah akan terlihat licin dan mengkilat baik seluruh bagian lidah maupun hanya sebagian kecil. Penyebab yang paling sering biasanya adalah kekurangan zat besi. Jadi banyak didapatkan pada penderita anemia.

geografic tongue1
Geografic tongue. Lidah seperti peta, berpulau-pulau. Baik banyak maupun sedikit. Bagian pulau itu berwarna merah dan lebih licin dan bila parah akan dikelilingi pita putih tebal.

fissured tongue..
Fissured tongue. Lidah akan terlihat pecah-pecah. Kadang garis hanya satu ditengah, kadang juga bercabang-cabang.
Glossopyrosis. Kelainan ini berupa keluhan pada lidah dimana lidah terasa sakit dan panas dan terbakar tetapi tidak ditemukan gejala apapun dalam pemeriksaan. Hal ini kebanyakan karena psikosomatis dibandingkan dengan kelainan pada syaraf.

Nah. inilah gambaran dari apa yang bagian Na tangani sehari-hari di bagian Penyakit Mulut RSGM FKG Unej. Rongga mulut memang merupakan pintu gerbang tubuh kita terhadap dunia luar  selain itu juga merupakan cerminan dari kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan lidah terutama dari jamur candida itu adalah dengan melakukan pembersihan dengan embersih lidah secara teratur..

About these ads

172 gagasan untuk “Penyakit-penyakit pada lidah.

  1. Hwaaaaaa…., nembe ke mawon mangertos mba’….
    Sesuklah aku periksa ilat nang bu dokter…^^
    Piye kabare mba? Mugo2 wae apik lan sehat… :)

    Bener kan Mas, lidah emang sering terabaikan.. Ya coba menjulurkan lidah di kaca.. warna normalnya coralpink bersih ya? aku alhamdulillah sehat-sehat wae mas, muga-muga mas Toto semono ugo..

  2. Kalau Oral candidosis terjadi cara penanganannya gimana mba? sehabis sembuh gimana cara mencegahnya?
    kayaknya itu sering terjadi padaku

    Candida itu flora komensal di rongga mulut, dia menjadi patogen bila pertahanan ronggamulut menurun.. maka penanganannya selain dengan anti jamur juga harus dicari faktor yang menurunkan pertahanan rongga mulut itu.. begitu..:)

  3. @Toto
    javanese nggih…

    @Hanif
    hmm… menarik juga “candida” di lidah… saya kira hanya di kecap ikan… lah ini judul skripsi saya je… peace

    @Mb Erna
    jazakillah infonya…

    Sama-sama Mas.. makasih sudah sudi berkunjung…

  4. wahhh terima kasih infnya mbak na….

    yang sering aku tuh ngalamin yang pertama…banyak putih2 gitu loh mbak na..

    Iya Ria.. penyakit ini banyak diderita kok, gak bahaya kecuali bila ada faktor yang menunjang. Kalo ada faktor penurunan daya tahan tubuh maka infeksi itu sangat parah..atau bila berjalan kronis sangat lama dapat berubah menjadi penyakit lain yang lebih komplek penanganannya.. jadi lebih baik tetep diobatin deh..

  5. Mba, klo lidah dede itu ada peta2nya sama ada pecah2 juga. hiks…hiks…hiks… :(
    klo gitu de harus gimana dunks??? *mohon bantuannya*

    Gak pa-pa kok De.. sepanjang itu gak ganggu.. namun kondisi lidah yang seperti itu rentan terhadap iritasi, infeksi dan bila Dee anemia bisa ada keluhan sakit. Jaga kebersihan lidah dan jaga kondisi tubuh ya Dee..perbanyak sayur dan buah..

  6. mbak e lidahku tak bertulang nih…..

    Lidah ayam kali yang bertulang Kang.. tapi bukan berarti seperti lagu ” memang lidah tak bertulang ” kan?

  7. Oral candidosis, kalau keputihan karena jamur candida juga yah….???

    Wahhh kok jadi tanya itu.. hehehe.. iya sih Kang.. tapi bisa juga karena Trichomonas biasanya campur-campur kalo keputihan…

  8. “pa khabar mbak?”
    Boleh ga’ izin link article yg ini?
    Tolong Q di tegur ya, kalau ga’ berkenan.

    Mbak, kalau ada waktu, coba mampir ke blog Q.
    Ada bingkisan Persahabatan dan TKB.
    Salam-Q

    Maaf baru bisa balas mbak.. silahkan mbak blog aku terbuka bagi siapa saja yang mau link.. terimakasih juga bingkisannya.. cuma blum bisa masang, (maklum gaptek banget).. mau minta tolong dulu.. Makasih..

    salam..

  9. kak, sebelumnya aku minta maaf karena sok kenal ngasih komen ini, terus, aku mau bilang makasih soal penyakit lidah yang udah kakak bahas (walaupun sebenernya masih kurang lengkap sih, ehe bercanda kak). soalnya pas aku nemuin blog kakak ini, aku lagi panik ngerjain tugas IPA tentang lidah. mana besok udah harus presentasi, makanya untung ada blog kakak. ehe, makasih ya kak. eh iya, terus maaf ya aku ga minta ijin nyontek tulisan kaka buat tugas aku, panik nih kak

    Esyha sayang… gak pa2 kok.. tulisan ini mau di contek atau di copy, memang itu tujuannya.. kakak malah semang bila bisa membantu. Emang kurang lengkap karena tujuan kakak hanya ingin nunjukan kalo lidah juga bisa kena penyakit.. Okey.. semoga gak bosan dan kapann2 ngujungi blog kakak lagi ya?

  10. mbak, aku baru tahu lidah anakku di bagian sebelah kanan tumbuh daging sebesar butitan beras warnanya agak kekuningan
    berbahayakah mbak?
    makasih sebelumnya

    Kayaknya itu hanya anomali pertumbuhan saja.. jadi gak bahaya.. kalo gak sakit dan gak mengganggu.. diamati saja dulu.. Demikian yang bisa saya bantu..

  11. Halo, akhirnya saya tahu penyakit yg saya derita sudah hampir 3 bulan ini. Lidah saya mengalami pecah-pecah ada tiga garis lurus dan membelah. Akibatnya saya yg dulunya doyan makanan pedas tidak bisa menikmatinya lagi akhirnya saya di mnjadi bahan tertawaan oleh orang lain.

    Yang ingin saya tanyakan, apakah obat untuk penyakit yg saya derita ini? Dan apakah lidah saya bisa kembali normal seperti semula?.

    Kalo dulunya gak sakit, cobalah menambah suplemen vitamin dan zat besi. besar kemungkinan itu karena kekurangan vitamin B, C dan zat besi..

  12. kuk penyakit lidahe kebnyakan menjijikkan ya….bikin mual parut aja,

    Whoaaduh.. padahal ini sudah diambil yang gak mengerikan lho….:))

  13. Wah…jdi kta hrus menjga lidah kita donk…

    Icha.. lidah juga organ yang penting, jadi juga harus diperhatikan.. bukan dijaga.. karena gak akan ilang.. wong ada di rongga mulut.. wkwkwkwk..

  14. Mbak … numpang tanya lidahku clenit-clenit, gatal, panas, perih . setengah mati rasa kalo buat makan.baru pertama ngalami ini, obatnya paan ya mbak.

    pneyakit apa ya ko habis kakak terjangkit menular ke saiaa.

    trimakasih

    Waahh.. kalo tanya abatnya apa, aku harus tahu penyakitnya apa dan penyebabnya apa.. kalo dari gejala aja gak bisa Mr Pollo….kalo kakak habis terkena kemudian anda, mungkin penyakit menular tapi mungkin juga nggak..

  15. mbak,, saya mau tanya nie,, pas kmren saya bikin teh, n gulanya saya kasih banyak v rs mnisnya cuma sedikit,, terus itu waktu saya makn mkanan yang pdas jga ga trasa pdas,,, kira2 knp ya ma lidah saya,, apa mngkin kna jmur yng pertma itu? trus obtnya apa ya???
    terimksih sebelumnya…..

    sebelumnya apakah hal spt ini baru saja terjadi, mendadak gitu? kalo lidah terlihat normal, bersih dan warna pink kemerahan, maka kemungkinan adalah persyarafan, jika tidak bisa aja faktor psikis.. jika akibat jamur dengan gambaran lidah kotor, ada lapisan putih. ada obat anti jamur tetes untuk rongga mulut. untuk sementara coba gumakan dulu pembersih lidah.

  16. kalo hal sperti ini, sebaiknya konsultasi ke mana mbak? dokter gigi… ato dokter umum…

    then, kalo soal psikis. ke mana pula itu?

    Ehmm dokter gigi khususnya yang spesialis penyakit mulut mempelajari semua pengelolaan penderita dengan kelainan seperti ini. Jika memang nanti teridentifikasi ada hubungannya dengan faktor psikis bisa bekerjasama dengan psikolog.. demikiannya.. moga membantu

  17. Terima kasih mbak atas jawabannya. Kebetulan ini aku masih rada sungkan kalo mau konsultasi lebih lanjut soal yang satu ini. Terutama karena bau tidak sedap yang suka muncul. Saat ini, warna lidahku putih, mirip selimut putih. dan kadang rasa di mulut itu asam saja, diikuti dengan kebiasaan meludah. cairan ludah itu mirip buih tidak cair. sempat dokter menyarankan untuk pake pasta gigi non detergen “enzim”. dan saat ini masih tak coba.

    Mungkin seperti gambar yang paling atas ya? itu penyebabnya infeksi jamur.. kalo ada infeksi biasanya memang ada gangguan pengecapan sehingga ada rasa asam atau rasa logam dan juga pengeluaran air ludah akan berlebihan sebagai mekanisme pertahanan tubuh. Mohon maaf, mungkin saya menyarankan pasta gigi non detergent dulu karena mengira itu keluhan anda itu sariawan jenis RAS yang bisa dipicu oleh alergi detergent.. Kalo seperti itu ya memang tidak menolong. saran saya segera datang ke drg atau lebih tepat ke drg SpPM (penyakit mulut) atau bila ditempat tinggal anda ada FKG.. biasanya selalu ada rumah sakit gigi dan mulutnya.. anda bisa datang kesana dan ke klinik penyakit mulut. Pemberian obat anti jamur saja tidak efektif jika tidak dicari faktor2 lain yang ikut berperan serta pada timbulnya infeksi itu..

  18. lidah aku kerasa perih, panas, kaya kebakar..klo makan jadi tambah perih,itu knpa ya?ngobatinnya gmana?makasih mba..

    banyak faktor sih, dari yang sederhana kekurangan vitamin sampai yang ruwet seperti gangguan psikologis atau orang awam bilang stress. karena itu gak bisa langsung diketahui, paling tidak harus diperiksa dulu secara klinis.. Coba dilihat di cermin adakah tampak seperti gambar2ku itu .. nanti jika ada yang mirip bisa nulis lagi disini okey? semoga bisa membantu…

  19. mbak, saat ini lidah sy ditengah agak putih, rasa nya asem sekali rasanya tdk nyaman, kemarin2 sy srg gunakan obt kumur2 sehari 2 x, dan sering lidahnya tak gosok2 dgn skt gigi. sebelumnya perokok ada renc berhenti. apa obatnya mbak dan apa yg harus sy lakukan. tks. tgds

    Saudara Jun.. dari cerita anda kayaknya anda juga menderita hal yang sama dengan saudara kuro diatas.. sepertinya juga ada infeksi jamur.. dan infeksi itu memang ada lumrah ada pada para perokok. meskipun Diberikan anti jamur jika kebiasaan merokok tidak hilang maka penyakit akan tetap ada atau kambuh lagi. Bersihkan lidah dengan pembersih lidah yang banyak dijual dipasaran atau minimarket. Untk mendapatkan pengobatan yang tepat anda bagaimanapun harus periksa ke drg atau ke rumah sakit gigi dan mulut… Demikian jawaban saya semoga bisa membantu

  20. mbak, kalo jonjot2 di ujung lidah itu ada yang berubah warna menjadi coklat, gara2 apa tuh penyebabnya?

    La.. sepanjang tidak ada pembesaran dan tidak sakit itu kayaknya hanya pigmentasi biasa aja.. seperti tahilalat pada kulit.. :)

  21. mbak,, lidahku sakit niy gara2 kemaren makan sup panass..tadi pagi maunya q redain pake es,,eh tambah gak karu2an ini sakitnya. Ada merah2nya gitu di ujung lidah..Gimana nyembuhinnya mbak?? Makasi sbelumnya…

    Nanda sayang.. maafin mbak baru bales ya? pasti sekarang sudah baikan kan? lain kali ati-ati ya, jangan panas-panas di maem.. trus kalo masih kejadian lagi, bener.. jangan dikasih es ya..? ada sih obat ut meredakan rasa sakitnya tapi harus dengan resep dokter. Agar cepet sembuh minum multivitamin deh..

  22. Mbak, numpang nanya…Ujung lidah saya akhir2 ini berasa spt luka, kayak abis makan makanan yg panas banget atau kena air panas. Trus kalau tempelin ke langit2 mulut berasa spt disayat2. Ada bintil2 kecil tp warnanya normal. Indra pengecap juga jadi nyaris hilang gitu kalau makan. Saya tidak merokok. Sehari2 saya vegetarian dan setiap pagi minum jus apel+brocoli+sawi+bit+paprika.
    Ini termasuk penyakit lidah karena jamur bukan ? obatnya apa ya ? atau sebaiknya periksa ke dokter apa ya?
    Terima kasih

    Ehmm sulit juga kalo saya gak bisa lihat langsung.. tapi jika memangTylno ” true vegetarian” sama sekali gak makan-makanan hewani, bisa saja itu disebabkan karena kurang vitamin B12.. coba deh minum suplemen vitamin B12..:)

  23. saya mau nanya, skrg ini lidah saya berwarna putih, terasa tebal & pecah2. memang tidak terasa panas & sakit tapi jd gk nafsu mkn krn terasa pahit. kira2 sakit apa ya? apakah ada hubungannya dg penyakit tipes? trims jawabannya.

    Kayaknya itu infeksi jamur Mila.. kalo pecah-pecahnya itu karena faktor keturunan. Pecah-pecah itu menyebabkan jamur mudah berkembang biak. Infeksi jamur pada rongga mulut memang berkaitan erat dengan penyakit typhus, baik karena Typhusnya sendiri yang menyebabkan penurunan sistem pertahanan rongga mulut maupun obatnya.. ke dokter ya say?

  24. thanks buat infonya.
    Mbak, lidah saya berwarna putih & terdapat banyak tonjolan di bagian pangkal lidah.Tonjolan tersebut berukuran sebesar butiran beras bahkan ada yg lebih besar. Saya memiliki kebiasaan meludah karena merasa jijik untuk menelan ludah saya sendiri sebab cairannya sangat kental dan kadang berbuih.Aroma nafas saya pun tdk sedap. Saya biasanya membersihkannya dengan pembersih lidah dan juga obat kumur, tapi koq tetap saja ya…..
    Apakah tonjolan yg banyak terdapat di pangkal lidah tersebut berbahaya? Bagaimana untuk menghilangkan tonjolan serta warna putih pd permukaan lidah ini? apakah kebiasaan meludah ini berbahay? Tolong dijawab y..

    lidah berwarna putih jawabannya seperti komen mila ya? mengenai kebiasaan meludah sih gak pa2 tapi karena ludah terasa kental, dugaan saya itu karena mulut kering, terjadi penurunan pengeluaran air liur dan itu yang menyebabkan banyak penyakit pada rongga mulut termasuk bau nafas yang tidak sedap. Kebiasaan membersihkan lidah itu baguis kok.. mengenai tonjolam-tonjolan dipangkal lidah, itu struktur normal saja kok.. jadi nggak usah dihilangkan.. langkah yang ringan saja, cobalah banyak mengunyah permen karet rasa jeruk ya.. sesering mungkin.. dan selanjutnya memang sherly butuh pertolongan drg.. okey?

    Thanks

  25. mabak, lidah saya ada bintik merah di ujung dan samping dan di tengah berwarna putih. apakah lidah saya normal mbak?????

    bintik2 merah itu adalah papila lidah yang ada indra pengecapnya, papila bisa meradang sehingga lebih tampak besar, Sedang putihnya bila tebal dan bisa dikerok bisa karena infeksi jamur… ya sebaiknya diobati.. OKey?

  26. mba, kl ldh mt rasa knp ya? stlh mkn krpk singkong, ldh ku dadas kmd rasanya spt menebal, skr kemampuan merasanya jd berkurang, biasanya sy snstif dg rasa manis dan asin, tp stlh kjadian itu ldh sy hy bs merasakan kl mknan/mnuman yg sy mkn manis banget, pedas banget atau asin banget. kira2 knp ya mba? warna ldh tdk ada yg berubah, biasa aja. thanks atas jwbn mba.

    Itu kejadiannya kapan ya? emang kripik singkongnya keras atau terlalu asin kali.. jadi mengiritasi lidah dan mengiritasi indra pengecap juga..Coba minum vit C..

  27. lidah saya terasa perih dan pahit…
    setelah saya lihat di kaca pada awalnya tidak terlihat, namun setelah saya coba pakai senter, ternyata ada bintik2 sumber perihnya, yakni bagian ujung lidah.
    sudah 2 hari ini saya biarkan, saya mengira dengan menyikat gigi semua akan berakhir. namun sampai sekarang belum sembuh. mohon tanggapan bagaimana saya bisa mengobatinya… ini sungguh menyiksa terutama saat makan tidak terasa makanan yang sedang dikunyah alias hambar…

    Bayu.. bintil-bintil itu adalah struktur normal.. didalamnya terdapat indra pengecap kita.. kayaknya itu yang sekarang mengalami keradangan sehingga terlihat lebih besar dan kamu jd kurang bisa menrasakan makanan. Bayu kalo sakitnya bisa diobati dengan obat resep dokter anti inflamasi dalam bentuk obat kumur.. tapi kalo agar cepat sembuh coba Bayu makan makanan bergizi dan vitamin..cuma itu yg bisa saya sarankan.

  28. mbak ,lidah saya saat ini sedang sakit .bisa dibilang sperti gmbr no .3 yg sperti peta .wlaupun cuma satu tapi sudah berasa perih .untuk penyembuhannya gmn y mbak ??trus itu tdk akan knp” kn mbak ??
    mhon infonya y mbak ,kl0 bisa kirim via email ajja .trima ksih …

    Dwie sayang..iya emang meski cuma satu kadang juga perih, kemunculan penyakit itu bila ada faktor stress baik psikis maupun fisik..biar cepet sembuh kurangi stressnya, istirahan yg cukup dan tambahan vitamin ya.?

  29. Mbak, mbak prakteknya di mana? bolehkah saya periksa lidah saya di klinik mbak? Thx ya Mbak.

    Dear Feli.. Mbak ada di RSGM FKG Universitas Jember… kalo masih di jatim ayoo berkunjung ke jember

  30. mba, mau tanya.kalo lidah tidak bisa merasakan rasa pahit itu katanya kekurangan enzim ya?bener tuh mba?enzim apa ya mba?

    Rasa itu hasil interaksi antara bahan2 dengan receptor yang ada di bintil2 lidah Rin.. jadi gakada kaitannya dengan hormon.. kehilangan rasa pahit itu mungkin krn reseptornya yang rusak, atau syarafnya yang terganggu.

  31. mbak salam kenal yaa, sy suka sekali dg artikelnya, sgt membantu, skalian saya mo tny, saat ini sy sedang hamil, dan sudah 4 hari ini lidah saya (terutama pangkal lidah) terdapat lapisan putih kekuningan tebal, berbintil2 merah dan kalo dikecap rasanya masam. Hal ini membuat sy terganggu krn tidak bisa merasakan rasa makanan dgn baik, sehingga saya sering kerok lapisan tersebut, apakah ini karena jamur seperti kasus no 1? adakah hubungannya dengan kehamilan saya? dan kira2 jika saya ke dokter dan diberi obat apakah obat tersebut aman bagi janin saya, mohon sarannya ya mbak, terimakasih sebelumnya.

    Lapisan putih kekuingan tebal dan bisa dikerok itu kemungkinan memang jamur.. ut lebh pasti lapisan itu diambil dan diperiksa dibawah mikroskop. Tindakan yang mitha lakukan dengan mengerok lapisan “dengan pembersih lidah ya?”sdh bagus.. jika memang bener jamur ada obat yang aman kok buat janin. Hubungannya dengan kehamilan sih nggak begitu banyak, hanya saat hamil biasanya sih kita suka makan2 yang asem.. itu mungkin bisa menyebabkan tumbuhnya jamur… begitu ya Mitha.. moga2bisa membantu..

  32. oya mbak maaf ada yg klupaan, jika memang lidah kotor itu disebabkan karena jamur, adakah makanan yg harus saya hindari agar jamur tersebut tidak tumbuh kembali? dan apa yg sbaiknya sy lakukan? mohon saran terimakasih

    Lidah kotor krn jamur itu gak ada hubungannya dengan makanan dear.. periksa ke dokterya say? atau coba tanyakan kedokter kandungannya agarbisa dipastikan itu jamur dan bisadiberi obat yang aman.. gitu ya sayang..?

  33. Ping-balik: SISTEM INDERA MANUSIA « Rwanwidee's Blog

  34. mbak anak saya berusia 8 tahun baru-baru ini dilidah pinggir sebelah kanan terdapat benjolan kecil,tidak sakit tapi kalau saya pegang katanya perih, kenapa ya?trus sebaiknya saya periksakan di mana kalo di kota malanG,thanks

    Kayaknya pembesaran itu disebabkan karena iritasi kronis dari gigi.. coba lihat apakah ada karies atau tonjol gigi yang tajam disekitarnya.. Anak mbak bisa diperiksakan di drg spesialis pykt mulut.. atau drg umum juga mungkin bisa .

  35. mau nanya nih.klo aku di bagian bawah lidahnya ada benjolan kecil kata dokter mucocele.kmd pangkal lidah saya kering bgt,warna putih,kasar ky babat,ludah yg dihasilkan dikit bgt,shg buat nelan rasanya berat.dikasih obat macem2 blm ada perubahan .o iya tenggorokan sbelah kiri jg ky gak terasa bt nelan,pokoknya antara kanan n kiri rasanya beda,knp ya?obatnya apa?

    Kayaknya nafrisa sekresi air liurnya memang kurang ya? itu yang menyebabkan gangguan penelanan maupun putih2 di pangkal lidah.. Nafisa butuh obat yang membantu pengeluaran air ludah yang hanya dapat diambil dengan resep dokter karena ada berbagai hal yang harus dipertimabangkan.. untuk sementara coablah sering mengunyah permen karet yang rasanya masam ut merasangsag penegeluaran air ludah..

  36. mbak saya dah sebulan ini lidah rasanya gak enak, dah berobat ke dr. dikasih daktarin oral gel sembuh dia, tapi 1 minggu berikut kumat lg, diberi obat itu lagi gak mempan, gimana ne mbak apa obat yg bagus ya, kata dokter lidah saya normal aja katanya kurang gizi dah diberi vitamin tp sampe skrg masih blm sembuh, kira2 apa ya sakit saya mbak,klo setelah gosok gigi ada rasa kebas di sekitar rongga mulut, terimaksih ya…

    Daktarin oral gel itu untuk anti jamur.. terapi itu saja memang tidak cukup.. jika faktor pendukung infeksinya tidak dihilangkan akan terjadi kambuh lagi.. dan faktor itu bukan hanya kurang gizi.. Mbak gak bisa nyari itu Jack kalo nggak periksa sendiri….

  37. Mbak e, mau tanya dong, boleh ya…
    begini mbak, lidah saya awalnya saya perhatikan ada bagian putih-putihnya di sekiitar pangkal lidah, kemudian setelah itu muncul bintil-bintil merah di sekitar ujung lidah, melihat itu saya biarkan saja karena saya anggap biasa.. tetapi beberapa hari kemudian saya memakan makanan yang pedas, kemudian lidah saya rasanya panas sekali seperti terbakar, ga lama setelah itu lidah saya berpeta-peta, seperti di gambar, yang saya tanyakan di bagian pangkal lidah saya sekarang muncul bentol-bentol berwarna merah kira-kira sebesar kacang kedelai, nah dari kronologis seperti itu, kira-kira lidah saya kenapa ya? soalnya sampe sekarang masih berpeta-peta dan warna merah ditengahnya lama kelamaan berubah jadi keungu-unguan?
    Terima kasih ya mba artikelnya, ditunggu jawabannya..

    Septian pangkal lidahmu yang putih2 itu kemungkinan memang infeksi jamur, trus yang berbentol-bentol itu adalah papila lidah yang mengalami pembesaran atau meradang yang biasanya disebabkan karena infeksi.. kalo kemudian sekarang berpeta-peta seperti itu, ya berarti ada faktor keturunan juga.. Secara garis besar semua menandakan bahwa sistem imun tubuhmu lagi menurun.. apakah dirimu memang merasa sering sakit, capek atau berat-badanmu menuurun akhir-akhir ini? Saran mbak cobalah meningkatkan sistem imun dengan banyak mengkosumsi buah, sayur, vitamin dan istirahat yang cukup. Maaf juga baru bisa jawab komenmu karena mbak juga kebetulan lagi sakit..

  38. mbak, mau tanya deh. waktu itu aku ngeras mulut aku kayak lengket abis makan berlemak, tp sampe amandelnya. trs aku sikat gigi dan kumur-kumur pake listerin. pas kumur-kumur itu aku ngerasa lidah aku kebakar, perih banget pula. setelah itu, aku ganti pake betadine kumur. semenjak itu, aku berubah mengecap rasa pedas, rasa pedas yang skr aku rasa jadi mirip mint. ga seperti pedas cabe yg dulu aku rasa. trs aku juga ngerasa langit-langit mulut aku jadi licin banget. tp skr rasa lengket itu udah ga ada. udh 2 bulan, jd ga enak makan lagi skr…
    makasih mbak…

    Riant.. kayaknya probelem pengecapan yang kamu rasakan itu penyebabnya karena produksi air liurmu berkurang, jadi ada perubahan pengecapan dan rasa lengket dan licin dilangit-langit juga gak enak makan. Penyebab berkurangnya produksi air liur itu kebanyakan karena obat2an yang sering digunakan, stress, sampai kurang minum.. sementara cobalah sering minum air putih yang banyak, kunyah permen karet.

  39. Mba, di belakang lidahku ada bintik2 nya berwarna merah tetapi di kedua sisi. Bintik2 nya menonjol ttp jika digosok tdk berdarah dan tidak terasa nyeri, kira2 apa ya mba?
    Lalu kalau mau periksa, ke dokter apa ya mba?
    Terima kasih banyak mba :))

    Isabelle sayang.. itu struktur normal lidah.. yang dinamakan papila lidah.. emang kadang2 lebih besar.. tapi gak pa2.. jadi jangan khawatir ya?

  40. 1.mba erna saya mau tanya mba drg.SP Om ya?

    2.Oral Candidosis, obat anti jamur yang mba rekomendasi apa?

    kalau bisa,tolong kirim ke email saya ya mba

    Trimakasih…

    1. Enggak.. mabk staf OM sejak tahun 1992
    2. tentang obat oral candidosis.. mbak gak bisa rekomenadsikan disini. NYstatin sih emang drug of choice ut candidosis tapi jika sudah kronis biasanya lebih efektif golongan imidazole….

  41. Mbak, saya bagian bawah ujung lidah berbintil awalnya bening, sekarang ada seperti putih, apakah itu papila yang membesar karena infeksi? tapi ga enak banget dan agak sakit. Pernah aku pencet malah berdarah..Itu sakit apa mbak? trims

    Bisa papila membesar tapi bisa juga saluran kelenjar air liur minor yang buntu.

  42. penyembuhan pelo . lidah gak normal pa bisa disembuhkan dgan cara selain operasi ?

    sepengetahuanku gak bisa sembuh ya? apa ada dokter yang menganjurkan operasi

  43. ada obat untuk lidah Geografic tongue tidak???

    Kalo obat sakti yang langsung ngilangin gitu ya gak ada karena faktor genetiklah penyebab utamanya. Terapinya mencegah kekambuhannya saja dengan menghilangkan faktor yang memicu kekambuhan itu, misalnya stress dan kekurangan vitamin

  44. mba lidah saya juga berwarna putih…,rasanya risih klo mw nutup mulut pait gtu mba…..jadi ga pede klo ngomong.
    Q jg dah pke obat kumur tpi g sembuh2 ya mba……
    kira2 apa obat yang mujarab n ampuh……….
    makasih mba`e…………..matur nuwun…………

    Widi sayang.. kalo itu jamur ya obatnya anti jamur, sayang obat itu gak bisa dibeli bebas karena ada efek sampingnya dan ada pemilihan yang tepat tergantung dari keparahannya.. jadi periksa dulu ya sayang..?

  45. Mbak, lidah aku pecah2 gitu kan, itu bisa disembuhin ga?

    sembuh total atau ilang sih gak bisa, tapi kita bisa menghindarkan dari rasa sakit dengan menjaga kesehatan rongga mulut dan menjaga mekanan kita..

  46. lidah trasa saya panas dan terdapat kumulan seprti berwarna putih dan mempengaruhi pada kepala dan leher saya…tu paenyakitnya apa dan pengobatannya…
    thanksssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss……………………….

    wah.. kalo keterangannya cuma gini aku nggak bisa nyimpulkan ini penyakitnya trus apa obatnya.. putih2 itu bisa dikerok tidak ya? trus mempengaruhinya bagaimana? tapi kalo lihat dari 2 hal itu mending segera kedokter deh…

  47. mau tanya mba, klo kena yg fissured tongue,
    cara menghilangkan/mengobatinya bagaimana? trus ada efeknya g klo g diobati.. mohon balesannya soalnya sepertinya saya mengidap fissured tonggue… tq b4…

    Fissured tongue memang gak bisa disembuhkan karena itu memang kelainan anatomi, yang bisa kita lakukan adalah mencegah keadaan itu menjadi penyakit.. caranya adalah dengan menjaga nutrisi, cukup vitamin terutama vit C, asam folat dan B12 serta Fe dan menjaga kebersihan rongga mulut teruatama lidah kita.. beitu ya fauzie…

  48. mbak, lidah saya yang paling pojok sebelah kiri ada benjolan kecil kalau saya raba sakit, untuk menelan makanan ataupun menelan ludah terasa sakit. Sakitnya terasa sampai dibelakang telinga dan kepala…. apakah ini berbahaya, ini penyakitnya apa ya…kalau saya mau beli obat …nama obatnya apa ya…. thanks atas penjelasnya

    Dewi.. benjolan kecil itu kemungkinan terjadi karena ada iritasi dari gigi2 disebelahnya, coba dilihat mungkn ada gigi yg lubang, atau letaknya ynag diluar lengkung sehingga kena lidahnya.. kalo itu diatasi Insyaallah akan sembuh sendiri.. tentang sakitnya.. ya karena daerah disitu akhirnya dapat menjalar ketelinga…. coba deh Dewi periksa…

  49. assallamuallaikum mbak..mau nanya nich….
    lidah saya berwarna putih merata dan terkesan kotor di bagian pangkal sampai bagian tengah akan tetapi tidak ada gejala apapun, apabila dibersihkan tidak menimbulkan pendarahan,yang jadi permasalahan justru pada ujung lidah saya terasa tidak nyaman juga panas dan juga disertai gatal2 disekitar wajah,hal ini sudah berlangsung 2 taunan, saya udah pernah periksa ke dokter gigi&mulut juga penyakit dalam, dari analisa ke 2 dokter tsb bukan jamur,mungkin disebabkan faktor psikis,dari dokter gigi saya diberi obat kumur sedangkan dari dokter penyakit dalam diberi obat (xanac) tapi tidak ada perubahan.
    yang ingin saya tanyakan :
    1.apakah saya alergi sesuatu,sebagai info tambahan saya perokok aktif sudah lebih dari 20 tahun.
    2.kadang2 ada butiran2 putih bersifat keras (tidak berbuih) yang lepas sehingga mulut terasa ngeres,kenapa ya mbak?
    3.apakah saya perlu tes lab.semisal tes alergi atau darah lengkap,karena waktu kedokter tidak disuruh periksa laboratorium.
    4.sebelum periksa kedokter, saya kira ini jamur hingga akhirnya saya obatin sendiri dengan membeli mycostatin sampai 2 botol,apakah karena ini menjadi penyebab faktor utama permasalahannya ya…mbak?
    5.apa hubungannya gangguan pada lidah saya dengan gatal2 diwajah saya?
    mohon pencerahannya mbak,terus terang saya jadi stress juga nich karena udah 2 taunan saya ngrasain lidah saya dan gatal2 diwajah saya….thanks…mbak..

    wasaalamualaikum wr. wb.
    Arya yang baik.. Mbak belum bisa mastikan apa penyebab dari rasa tidak nyaman tersebut. ada beberapa pertanyaan ingin mbak tahu.
    1. apakah rasa tidak nyaman tersebut konstan apa pada waktu tertentu saja.. ? rasa sakit bertambah bila makan, pagi hari atau malam hari?
    2. butiran putih itu apakah tidak mungkin dari gigi?
    3. kalo alergi biasanya munculnya berupa sariawan, atau lidah jadi merah dan licin.
    4. Itu bukan karena efek samping dari mycostatin kok..
    5. ditempat yang gatal2 ada tampak apa? berisisik begitu..?

    sekian Arya.. mbak tunggu jawabannya… semoga bisa bantu.. Arya jangan stress ya? krn stress memperburuk penyakit.. apapu penyakit itu.. sepanjang arya merasa sehat-sehat saja, jangan terlalu khawatir.. dan kurangi juga merokoknya.. bagaimanapun rokok gak bagus ut kesehatan.

  50. assallamuallaikum mbak..saya mau kasih jawaban lanjutan dari pertanyaan saya sebelumnya…karena mbak bertanya kembali kepada saya..
    1. rasa tidak nyaman tersebut tidak konstan dan pada waktu tertentu saja..tetapi apabila kambuh selalu diikuti gatal2 terkadang disertai nyeri sendi sedangkan klo buat makan tidak sakit dan tidak apa-apa,intinya ..alhamdulillah…masih bisa menikmati rasa dari makanan tsb
    2. butiran putih itu apakah tidak mungkin dari gigi?
    maksudnya apa gigi saya keropos gitu…????
    3. kalo alergi biasanya munculnya berupa sariawan, atau lidah jadi merah dan licin.
    klo masalah sariawan saya tidak pernah sariawan udah lebih dari 17 tahun, terakhir saya sariawan tahun 93,kenapa saya masih ingat…karena sariawannya gueddeee banget…,walaupun kadang tergores sikat gigipun tidak pernah jadi sariawan,klo masalah alergi dari kecil saya alergi debu,hawa dingin dan kapuk..langsung bersin bersin tetapi tidak gatal2
    4. …………….
    5. ditempat yang gatal2 ada tampak apa? berisisik begitu..?
    ditempat yang gatal2 bentol bentol merah mbak,apakah ini termasuk alergi mbak????

    sebagai info tambahan sebelum semua ini terjadi saya sempat depresi hampir berbulan-bulan …karena kecewa akan sesuatu yang tidak saya bisa ceritakan disini, apakah karena itu ya mbak,jadi imun saya tertekan…..,saya tunggu pencerahannya…mbak..
    wasallamualikum…

    Arya yang baik.. setelah membaca semua jawaban ini mbak melihat kemungkinan bahwa memang faktor psiklogis sangat berperan dalam semua keluhanmu. Meskipun memang ada faktor-faktor alergi dan juga riwayat infeksi herpes itu, namun memang faktor psikologis juga sangat berperan dalam memicu alergi tersebut. Arya, depresi ada kecenderungan untuk berulang dan karakter “mudah stress” memang tidak bisa dihilangkan, hanya saja kita manusia diberi kemampuan untuk mengelolanya. Cobalah untuk lebih mensyukuri hidup yang diberikan oleh Tuhan, Insyaallah semuanya kan lebih baik. Jika perlu mintalah bantuan profesional, psikolog misalnya untuk menyelesaikan masalahmu. Obat-obat anti kecemasan tidak bisa menolong dengan tuntas. Lidahmu tidak ada apa2. Butiran keras putih itu mbak nggak tahu ya Arya.. kalo bentol-bentol merah itu bisa karena alergi..
    Semoga keterangan mbak ini bisa membantu…

  51. maaf..ada yang lupa …mbak…
    saya pernah kena cacar 5 tahun yang lalu dan juga herpes dileher saya 18 tahun lalu,apakah karena depresi yang pernah saya alamin menjadi faktor pemicu pengaktifan virus penyebab cacar serta herpes hingga menyebabkan gatal2 serta tidak nyamannya lidah saya..

  52. mau tanya mba..
    lidah saya terdapat lapisan putih kalau dilihat gamb diatas mirip dg Oral candidosis tetapi kenapa terdapat benjolan2 dipangkal lidah (dkt tenggorokan) dan tidak hanya satu tapi kurang lbh ada 6 benjolan..tetapi tdk terasa sakit, saya takut sekali melihatnya…dan papila lidah saya berwarna merah dan agak membesar..apakah ini bahaya mba? saya sdh ke dokter dan di beri obat sariawan dan mycostatin nystatin utk obat kumur anti jamurnya..ini baru hr pertama stlh saya pakai obatnya dan memang blm ada perubahan…apakah lama penyembuhannya?

    Mella sayang..
    benjolan-benjolan deket pangkal lidah itu struktur yang normal.. semua manusia ada… ada 7 buah.. jadi jangan takut dear…
    paplila lidah yang merah juga gak pa2 kok, agak membesar karena memang skrg lagi ada infeksi jamur itu..
    trus ut pengobatan anti jamur memang lumayan lama sekitar 10 hari tergantung keparahannya..
    jika memang tebal, gunakan selalu pembersih lidah yang bisa beli dipasaran sebelum pakai obat tetesnya. dan setelah ditetesi jangan mimum, makan atau kumur paling nggak 1/2 jam ya? biar obatnya efektif…
    gitu ya Dear.. semoga cepet sembuh..

  53. makasih ya mba . . .
    dengan artikel ini saya bisa mengerjakan tugas sekolah dengan mudah dan instant , ,
    ga perlu nyari gambarnya lagi
    =)
    sekali lagi makasih banyak ya Mba , ,

    Sama-sama azkii.. smoga sukses slalu..

  54. mbak mau nanya,anakku umur 2,5 tahun kayaknya kena geographic tongue, kalo ngaliat gambar diatas. apakah berbahaya dan gmn efeknya? dapat sembuh butuh waktu berapa lama apa seumur hidup?, penanganan atau obatnya apa?, penyebabnya apa? dan makanan yang harus dihindari plus yg harus diperbanyak apa mbak.
    makasih infonya, udah 6 bln ini dia sariawan terus.

    nggak bahaya kok mbak, itu penyakit bisa sembuh sendiri tapi juga bisa kambuh lagi, cukup tingkatkan ketahanan tubuhnya saja, jika sistem pertahanan tubuhnya bagus insyaallah akan hilang sendiri

  55. mba, mau tanya, sekarang lidah saya ini pecah pecah di bagian ujungnya dan agak sakit kalo makan. gmna nyembuhinnya ya mba??????
    mksi

    Sepertinya kamu kurang vitamin juga deh.. ut vitaminya coba liat jawaban mbak di atas..

  56. setiap kali makan makanan Pedas atau minum Es, lidah langsung jadi putih kayak gbr Oral Candidosis shg untuk nelan jadi perih, biasanya akan sembuh sendiri dlm seminggu asalkan tdk makan Pedas+Es. Dg obat apa agar bisa sembuh permanen ? krn sdh sering sy beri vitamin C tetapi klo kena Pedas+ES pasti akan kambuh lagi…Tks

    kayaknya lidah Dehan emang g tahan sama cabe dan es deh.. kalo ut pertahan jaringan itu gak cukup vitamin c aja, yg perlu juga adalah vitamin B12 dan asam folat. juga Fe.. coba cari multivitamin yg lengkap ya??/

  57. mbak, saya mau nanya nih..
    lidah saya kok kadang2 suka ada bulat2 putih gt ya? dulu waktu saya kecil kata ortu saya jg saya pernah gitu, trs minum vitamin c hilang, tp skr ini kadang ada kadang ilang, biasanya ada itu kalau bangun pagi kelihatan sekali, saya gosok pake sikat gigi pelan2, terus papil itu kenapa sering membesar ya, jadi keliatan banget papilannya, pengobatannya dengan apa ya? trims

    Waah mbak bingung itu putih2 krn apa. kalo papil membesar itu karena radang.. radang bisa krn infeksi atau regenerasi sel yg kurang bagus.. kalo Infeksi ya harus diobati sedang jika emang hy krn regenerasi sel yg g bagus.. coba tambah vitamin b12, asam folat dan Fe plus vitamin C.. lebih baik dr makanan tp dalam keadaan gini minum vitamin tablet lebih cepet.. semoga cepet sembuh…

  58. bgm cara mengatsi jamur pd lidah? saya selalu menggunakan sendok untuk mmbrsihkan jamur ini.tp sllu muncul trus dan mnbulkan bau mlut. help me . krim ke e mail ya ,, plisssss

    ehmm jangan sendok deh.. ada pembersih lidah yg dijual ditoko atau kalo sulit coba cari di apotik.. kalo gak sembuh juga.. ya harus diobati.. priksa ke dokter ya???

  59. Mbak, mau tanya nih bayi saya 4 bulan mulutnya berjamur udah diksh obat jamur yg drops 9 hr msh blm sembuh. knp ya?

    Mbak Wina kadang pada bayi itu bukan jamur tapi karena sisa susu yang nempel pada permukaan lidah bayi yg kadang memanlebih kasar, ntar sembuh sendiri kok, obat drop itu jgn diginakan terus menerus ya?? pada bayi yg g kuat juga bisa mual dan diare…

  60. mbak dewi…lidahku sudah ndak sakit lagi, cuman benjolannya kok ndak mau balik ke asalnya…sampai sekarang benjolannya masih ada( apa mungkin benjolannya karena lidah saya kebuka kena gigi saya yang runcing ya mbak ??? )… jadi kelihatan lidah saya kayak ada daging tumbuhnya.memang gigi saya yang belakang lubang dan giginya agak runcing ..lidahnya pas kena gigi yang lubang dan runcing ini .apakah pengaruh gigi saya ya mbak , lidah saya ndak bisa nutup lagi benjolannya…apa perlu saya cabut gigi saya….apakah benjolan ini berbahaya ???? saya jadi takut mbak kalau terjadi apa2….terima kasih atas jawabannya.

    Betul.. iritasi itu menyebabkan benjolan itu, giginya segera dirawat yaa?? mencegah lebih baik daripada tjd apa2 nanti..

  61. selamat pagi mba, mau nanya klo di lidah bagian bawah nya kok ad urat yg besar dan bagia bawah lidah berwarna pucat kenapa ya mba?? di bagian bawah lidah juga terdapat semacam kulit sobek, tapi kecil. terimakasih banyak..

    Urat (pembuluh darah ya?) besar warnanya ungu kebiruan-am itu normal kok? bagian bawah lidah pucat mungkin hy variasi dari pigmen saja, bukan putih kan? kemudian dasar mulut emang gak rata, asal warna dan permukaannya tetep alus Insyallah semua normal2 saja.. Okey?? so don’t worry…!!!

  62. mba aku lidah nya putih terus sakit plus busi2 aku pada membengkak gmna tuh/

    adduh gimana ya Langga, mbak gak liat sendiri, jd ya gak bisa jawab.. ke dokter ya biar dicari penyebabnya.. jangan dibiarin saja.. pa lagi gila emang gusinya bengkak…

  63. assalamualaikum salam kenal ya mba’…
    mo nanya nih kira2 3-4 hari ini lidah aku terasa kebas gak bisa rasain makanan hambar terus tenggorokan aku sakit buat menelan kira2 knp ya? mba obatnya apa ya tks b4

    waalaikum salam, apa yg surya keluhkan sepertinya ada hubungannya dengan penurunan pertahanan tubuh. mungkin stress atau kurang istirahat.

  64. mba mau tanya lidah aku ini di dalemnya di pojok dalem ada benjolan benjolan gitu mba ada 6 lah kira kira itu wajar pa penyakit ya? aku ga pernah merhatiin mba itu ada sejak duluatau barubaru ini.terima kasih ya

    itu anatomis normal Non, namanya papila circum vallata yang berjajar di beg belakang lidah. jadi jangan bingung ya?

  65. mba mau tanya di lidahku bagian dalam ada benjolanbesar tapinya diameternya kirakira 3mili ada kira2 6 buah.apakah itu wajar mba?aku kurang memperhatikan kenapa sejak kapan ada benjolan itu.terima kasih ya mba

  66. Mbak,
    Uda dr 5 hari Ϋά̲̣̥ηġ lalu rongga mulut n lidah sy trasa ky abis mkn mknan brlemak gt.
    Trs lm2 ko perih ky abis mkn or mnm Ϋά̲̣̥ηġ panas..
    Skrg tiap lidah kna mknan ko skit,kna gigi jg g enk rasanya.
    Brusan sy ngaca,tyta lidah saya pada bagian tepi2nya kiri kanan dan ujung,ko ky ga rata prmukaannya? Kl Ϋά̲̣̥ηġ pinggir kanan kiri mlhan ky belah2 gt merah keunguan.
    Hr ini jg mulai terasa apabila ujung lidah saya tempelkan k rongga atas mulut,ki bagian bwh lidah trasa skit,dan sy lihat ko teksturnya ga mulus,ky ada benjolan2 kecil di bagian Ϋά̲̣̥ηġ garis2nya itu,bingung namanya apa..
    Pokonya br sdr lidah sy g ky biasa bntuknya,dan mngganggu skli..skit mbak..
    Kira2 knp y mba,diobatin pke apa? Pnanganan prtama msti gmn?
    Trims byk.

    rasa sakit mungkin mmg ada hubungannya dengan lidah yg seperti pecah2 itu. Jika memang ada rasa sakit yang sangat terutama saat mekan maka lebih baik segera cari pertolongan dokter. jika belum ada coba kumur dengan air rebusan daun sirih dan makan makanan bergizi tu ynag mengandung Fe, B12 dan asam folat ya?

  67. hi mbak

    Geografic tongue.,…obatnya apa ya?

    TQ

    Geografic tongue sebenarnya gak perlu diobati jika tidak memberikan gejala beruba rasa sakit. Untuk orang yang mengidap GT cukup dengan menjada asupan multivitamin dan kebersihan mulut supaya tidak lebih parah dan menjadi sakit.. you are welcome

  68. mba,lidah saya agak putih,ada bintik2 merah jg di ujung dan dpinggir lidah,kenapa yah ? terus bekas luka sariawan di dasar lidah seperti benjolan kecil kurang lbh ada 6 buah gk hilang2 kurang lbh satu bulan,wlwpun dh mulai mengecil,klo sariawannya sih dh lm sembuh,tapi lukanya ttp blm hilang,kira2 bahaya gk mba?

    kayaknya lidahmu gak pa2 kok Sukis itu anatomis normal saja.. bintil2 yang membesar itu krn meradang, mgkn Sukis habis makan-makanan panas atau pedas. ut yang agak putih coba bersihkan dengan pembersih lidah dan dasar lidah memang bintil2 spt itu..

  69. mau nanya ni mbak, pangkal lidah saya bintil2 berwarna nrmal, besar2 seperti kcg kedelai,jumlahnya belasan dan semakin hr semakin banyak. saya udah ke dok THT,tp ngak apa2 kt doknya, tp kenapa tambah byk yach mbak,saya khawatir sekali,walaupun tdk sakit tp sangat mengganggu kalo menelan ludah. maksih sebelumnya.

    itu namanya taste bud. itu anatomi normal marety, mgkn sblmnya gak disadari aja .. biasa sdkt membesar dan warna normal jika ada radang kronis. Jangan khawatir ya Say…. Don’t worry be happy… :D coba skrg banyak konsumsi buah dan sayur serta jangan makan makanan yang terlalu pedas atau panas.

  70. Sy mau tanya sy sdang skt batuk dan pilek ,knp lidah saya tdk dpt merasakan apa2 ,itu bgmna ya cra penanganannya.tlp ya mas/mba ksh tau solusianya.trimakasih.sukses slalu

    Dear Tri, Ni mbak Na. jadi jgn dipanggil mas ah. hehehe Persepsi rasa memang kombinasi rasa pengecapan di lidah dan indera penciuman di hidung. jadi jika batuk dan pilek ya atomatis itu akan membuat dirimu tidak bisa merasakan makanan alias hambar..

  71. Ping-balik: 2010 in review « Percikan Kehidupan

  72. Dear Mbak,
    Saya mau menanyakan apa yang terjadi dengan kondisi mulut saya:
    Sudah hampir 2 tahun saya mengalami gangguan bau mulut. Dugaan saya, bau tersebut berasalah dari lidah saya dimana suka terdapat lapisan putih dari tengah sampai pangkalnya. Lapisan putih itu selalu saya bersihkan setiap saat dan dalam jangka waktu pendek (2 jam) lapisan putih itu selalu datang kembali. Sebagai contoh, setiap pagi saya selalu membersihkan mulut saya, mulai dari sikat gigi, mengerok permukaan lidah sebesih2nya dan ditutup dengan menggunakan obat kumur. Namun sekitar 2 jam kemudian ketika saya sampai kantor, putih2 itu datang lagi, saya kerok lagi dan pastinya berbau. Sungguh, kondisi tersebut menurunkan rasa PD saya. Saya jadi malas ngobrol atau ketemu orang (apalagi di dalam lift). Saya telah memeriksakan kondisi lidah saya itu pada dokter gigi yang juga spesialis mulut Dokternya bilang bukan karena jamur, tapi asam lambung aja (kebetulan memang saya sakit maag). Dokternya waktu itu ngasih obat kumur, obat maag dan mycostatin (yang ini menurut saya walaupun dikatakan bukan jamur, mungkin dokternya buat jaga-jaga juga kali aja jamur). Tapi sampai dengan habis obat kondisinya tidak membaik. Karena tidak kunjung membaik, selanjutnya saya periksa juga ke dokter internis, dan saya diendoskopi untuk ngecek usus dan labung saya. Hasilnya asam labung saya tidak parah2 amat. DIsamping itu juga, tanaman2 obat juga sudah banyak saya konsumsi terkait dengan penyakit saya itu.
    Yang jadi pertanyaan, apa penyakit di lidah saya tersebut? trus saat ini langit2 mulut saya juga berwarna agak kuning2 dan putih2 juga. Disamping itu, saya juga measakan produksi air ludah saya agak kurang. Bantu saya Dok/Mbak untuk solusinya. Saya sangat tidak PD dengan diri saya. Terima kasih.

    Adi.. panggil saya Mbak E saja… Menurut mbak, kayaknya memang benar bahwa bau mulut itu berasal dari lapisan putih itu. Jika lapisan putih itu cukup tebal dan bisa dikerok dengan pembersih lidah kemungkinan memang jamur. magh bisa menyebabkan bau mulut bila parah. Lapisan putih itu pernah nggak ya dikerok kemudian diperiksa dibawah mikroskop ut cek ada tidaknya jamur? Jika ada RSGM (biasa ada di FKG) Adi bisa cek kesana dan bisa dtentukan juga obat yang tepat.
    mengenai bau mulut (BM), coba Adi lihat postingan mbak yang berjudul BM tanpa W yang bikin gak pede… selain itu juga ada BM yang subyektif saja. jadi sebenarnya tidak ada masalah hy perasaan saja. ada alat khusus ut cek itu.. cobalah cari RSGM yang terdekat.. semoga jawaban mbak bisa bantu, dan janganlah punya perasaan sangat tidak PD dengan “kekurangan” yang kita miliki. Karena apa yang kita pikirkan itulah yang akan terjadi. Sangat tidak pede itu menyebabkan stress dan itu menurunkan sistem imun yang pada gilirannya akan menurukan kesehatan rongga mulut dan menyebabkan bau mulut menjadi lebih parah.. So don’t worry be happy…

  73. mbak kenapa ya lidahku kok hitam2. gak ada keluhan apa apa sich. tp aq jd was2 sendiri jangan-jangan……….kenapa2..????. sebenarnya udah lama, udah bertahun2 tp akhir2 ini kok kelihatan tambah meluas dech. padahal seingat aq awalnya cuma sariawan biasa tapi setelah sembuh membekas jd item seperti bekas luka tp gak ilang2. kira2 kenapa ya mbak…..?????

    Kalo selain item2 itu gak ada gejala lainnya seperti tonjolan, permukaannya jadi lain, gak rata atau gak sakit .. paling ya cuma hiperpigmentasi saja.. spt bekas luka dikulit gitu.. gak ilang2nya mungkin krn faktor usia, hormon atau keturunan.. Kyknya g ada yg perlu di khawatirin deh..

  74. Mbak E,
    Terima kasih atas tanggapannya. Kalau boleh tahu, Mbak praktek dimana? Kalau di Jakarta Mbak tahu gak tempat praktek yang bagus, atau Mbak punya tempat yang bisa di rekomendasikan di daerah Jakarta (Jabodetabek)? Terima kasih ya Mbak…

    mbak praktek di Jember Adi.. jawa timur.. kalo jakarta coba deh dateng di RSGM punyanya UI atau trisakti ya? di bagian penyakit mulut..okey

  75. Mau nanya mbak,udah 5 hari ini aku flu dan di bagian belakang kiri lidahku sakit waktu menelan. Kalo makan yang terlalu pedas atau keras,malah kayak ditusuk-tusuk. Aku liat di kaca,bintil-bintil di belakang lidah agak memerah. Selama ini kalo muncul aku biarin,soalnya paling sehari hilang. Biasanya aku cuma minum penyegar kayak adem sari,soalnya bikin gak sakit lagi. Kira-kira berbahaya gak ya mbak? Terima kasih.

    Mbak kira itu hanya radang aja kok. kalo flu kan memang ada radang didaerah situ.. gak pa2 kok Din..

  76. dokt,, lidah saya udah 6 bulan ini kya gambar no 3 di atas,,
    Kya peta gtu,,,.
    Udah berkali2 mnum vtamin c tetap aja ga smbuh2,,
    Kmren ke dokter trus dkasih obat jamur kandistatin nistatin tapi tetap aja ga sembuh ,,
    Bagaimana dokt,,,mkasih..

    lidah yang kayak peta gitu itu biasa dipicu oleh stress selain faktor keturunan yang mendasarinya.. coba kurangi stressnya ya..?

  77. Ouuuhhh jd stress yaacchh,,sebenarnya ga stres2 amat sieh,,
    apa ada ga yaa penyakit tertentu yg mngakibatkan kygtu,,,

    oh ya ada kemungkinan alergi atau penurunan sistem kekebalan tubuh.

  78. Ass,,,gini mba saya mau curhat,,
    Tgl 1 jan 2010 kmren sy prnh brhub seks dgn cow saya,,
    2 bln sjak itu,kira2 bln maret awal lidah saya berjamur dan sariawan,awal2nya saya menduga kena HIV,karena itu saya melakukan test di bln juni dan september dgn metode ELIZA hasilnya Alhamdulillah nonreaktif/negatif gtu,,
    Bln januari td saya mau test lg tapi dlarang dokter yg nanganin saya katanya saya dah free,udah bebas,,karen hasil di atas 3 bulan adalah akurat,
    Tapi sampai sekarang knapa lidah saya berjamur dan sakit mpe bisa dkerok ga sembuh2,,
    Awalnya di kira stres tp skrng saya bnr2 ga stress,,
    knapa bs kygni mba,apa ada pnyakit menular seks selain HIV yg bs menimbulkan gejala kya lidah berjamur kygini,maaf prtanyaanya pnjang bgt,tapi saya memang btuh jwbnnya,mksih bgt mba,,

    Nisa, menurut sepengetahuan mbak, kalo kamu test di bulan Juni dan september maka resiko tertular karena berhubungan sex pada bulan Januari sudah bisa dibilang tidak ada. selain itu HIV bisa menyebabkan lidah berjamur bila sdh stadium 3 (sudah AIDS) PMS (peny. menular sexual ) yang muncul sbg lidah berjamur juga gak ada. Infeksi jamur pd Lidah tidak bisa sembuh sendiri dan hars diobati . selain itu harus dicari faktor predisposisinya apa? apa dirimu minum antibiotik atau obat2 lain/obat2 penenang?

  79. Iya mba,,jstru dokternya berani jamin saya dh free,jd dia nglarang test lg,,
    Saya pderita asma mba,,,setiap hari mnum obt Salbutamol,graxine,umbroxol sama aminophilin,,apa mungkin efek samping dari obat itu kah,,lidah saya jd berjamur gni,,mulut saya jadi kurang sedap baunya,,
    O ya saya jg dulu saking parnonya sama HIV,,gonta ganti minum herbal yg di katakan bisa ntmbuhin HIV,,apa jg karena faktor itu mba,,
    Jadi apa yg harus dlakukan,,
    Apa saya ke VCT lagi,ke dokter khusus HIV,
    Atau ke SPKK (spsial kulit dan kelamin,atau ke spesialis dalam,atau ke spesialis THT aja mba,,saran anda saya butuhkan makasih bgt mba,,

    Nisa sayang sbnrnya mbak sdh kirim email okey akan mbak jawab disini lagi… Penyakit asma Nisa dan obat2an yg Nisa minum itu semua yg menyebabkan jamur itu tumbuh.. maaf jg kondisi psikis Nisa menurut mbak Na msh byk yg musti dibenerin.. manifestasi stress Nisa skrg berupa paranoid Nisa thdp HIV.. Nisa hy perlu menangani infeksi jamurnya saja.. Pakai obat anti jamur yg bagus, bersihkan lidah sebelumnya.. Mbak Na sendiri jg menderita spt itu kok krn air ludah mbak sedikit dan dari lahir mmg sistem imun mbak jelek.. jgn lupa teruslah istiqfar.. Semua sdh berlalu Nisa.. tataplah langkah kedepan.. Gak usah nengok2 lagi ke depan.. Allah amat senang pd hambanya yang mau bertobat dan kembali ke jalan yg benar..

  80. askm….saya mau tanya mbak…lidah saya agak putih sperti jamur gt mbak….sblumnya saya sllu minum obat2an sperti antibiotik.rasa di lidah tidak pahit tetapi terasa hambar…apakah ini bisa dikatakan lidah saya berjamur?setiap pagi saya selalu membersihkan lidah saya pakai sikat gigi.
    apakah karena efek obat2an lidah saya menjadi putih
    saya lihat tulisan sbelumnya….klo berjamur dapat dikerok..nah dikerok trus bentuknya apa setelah dikerok(kasar atau sperti cairan)?terimaksih sebelumnya.

    Antibiotik memang penyebab paling banyak dari lidah yang berjamur.. Bersihkan dengan pembersih khusus ut lidah dan berikan obat anti jamur yang diberikan dokter ya? hasil kerokan ya putih berlendir gitu…

  81. mbak,, mau tanya.. aku udah 3harian ini lidah sakit. aku pikir karena bintil lidah ada yg sakit?ato mau sariawan dilidah?warna dibagian yang sakit agak hitam,tapi ga kentara klo tidak diperhatikan. apa karena saya juga pernah minum kepanasan yaa?biasanya smp berapa hari ya?obatnya apa?thx,,

    Novi, minum kepanasan memang bisa menyebabkan lidah sakit. kalo kesehatan dan asupan makanan bagus biasanya 10 hari sudah kembali normal, tergantung sebarapa keparahannya. ut mengurangi rasa sakit sementara ini jgn makan-makanan yg pedas, asam dan panas dulu

  82. mbak..saya sudah tidak memakai antibiotik sudah 1 minggu lebih..sebelumnya dari bulan desember 2010 sampai awal februari 2011 sll memakai antibiotik ama obat-obat lainnya…jamur dilidah saya tidak hilang2..padahal saya sudah tidak pakai obat2an lgi?
    apa bisa hilang sendiri jamur di lidah saya?
    thx..mohon jawabannya mbak
    I

    ya. meski antibiotik sudah dihentikan, jamur yg sudah kadung menginfeksi gak bisa sembuh, jadi harus diobati..

  83. ass..wr.wb mba mau tanya donk, lidah ku bersih tapi tiba2 lidahku tdk bisa utk merasakan sesuatu,terutama rasa manis,sebelumnya saya pernah kumur pake obat kumur dan langsung lidah rasanya terbakar,apakah karna itu yg membuat lidah saya tdk bisa merasakan apa2 lg mba atau ada hal lain? Mohon pencerahannya.thx b4

    Waah, obat kumurnya terlalu pekat buat dirimu tuh, ntar bisa sembuh sendiri kok Besuk lagi encerkan saja. sementara hentkan dulu ya?

  84. Ouh jd bgitu yaa mba,,,saya minum obt asma tiap hari mba,asma saya parah bgt,,,jadinya udah gtu,harus di minum,,,
    Ini juga udah beberapa kali ke dokter THT ngobatin lidah berjamurnya tapi masih belum sembuh2,,,
    Ntar kalo ada kabar terbaru saya coment lagi di sini,,
    Mkasih bgt mba yaaa atas info2 nya,,,,
    Iya juga seh,mungkin karena faktor parno ama HIV itu juga masih ada

    Sama2 Nisa, skrg tata hatimu, krn asma akan terpicu jika kamu cemas, jangan mikir yg buruk2 ya sayang.??

  85. Mbak ernasy ,mau tanya. dr uraian penyakit2 pada lidah yg dipaparkan diatas, spertinya sy sekarang lg kena fissured tongue. Rasanya sakit dan panas. apalagi pas lg makan, huaaaa…aaa… (seumur-umur, baru skrg kena sakit yg kayak gini). Mnurut mbak, apa yg harus sy lakukan agar sakitnya bisa sembuh?? ( usaha yg sudah sy lakukan: minum antibiotik,minum larutan pnyegar,obat herbal,mengoles lidah dg kenalog,kumur dg albotyl dan betadhine kumur,minum madu, ngemut FG troches,minum klorofil, minum jesscool,minum you c 1000, dll. tp masih sakit….hiks…hiks….). udah 2 hari mbak sakitnya.
    Sekian dan terima kasih banyak atas jawabannya…..

    teruskan saja suplemennya termasuk vit c, madu, tp bukan antibotik, FG troches apalagi albothyl. kenalognya hentikan juga. untuk mengurangi rasa sakit dokter bisa memberikan obat.

  86. maaf pak .
    saya mau tau obat dari bintik2 merah pada lidah apa yaa?? :)

    tolong petunjuknya :)

    lidah normal memang ada bintik2nya Dhyta, jd nggak usah diobati..

  87. Mbak E yg baik,..critaku hampir sama ky sis Nisa (pernah paranoid jg) lidahku jg putih, udah 2x ikut test hiv di Prodia, hasilnya : non reaktif.
    Yang saya tanyakan :
    1. Lidahku sampe saat ini msh putih, bisa dikerok pelan2 pake kuku (kadang dilap pake handuk) hasil kerokkannya di kuku seperti kalo kita ngerok gigi yg kotor krn sisa makanan, putih & kekuning2an, basah ( ya jelas basah wong dlm mulut ) & bau kecut :D
    Apakah mungkin putih2 ini : sisa makanan yg nempel? Tapi koq tiap hari ada terus putih2nya?

    2. Bisakah seorang dokter dengan mata telanjang saja / tanpa lab, bisa menentukan lidah putih itu karena jamur atau bukan jamur?
    ( Pengalaman sy waktu di prodia, dokternya periksa lidah saya pake senter, terus bilang : ‘putih2nya itu bukan jamur, lidahnya normal koq’ )

    3. kalo aku ngeliat foto2 candida lidah di web, putihnya koq putih banget/contrast, kaya putihnya gigi? Emg bgitukah?
    Mohon penjelasannya ya mbak, moga Tuhan selalu menyertai mbak….

    1. kemungkinan memang jamur..
    2. sebenarnya bisa, namun kadang dokter punya standart lain ut menentukan suatu kondisi klinis itu pathogen atau tidak..
    3. tentang warna putihnya, itu sangat tergantung kondisi mulut dan makanan, karena materi jamur itu mudah sekali menyerap warna..
    saranku cobalah cari second opinion..
    .

  88. mbak, lidah saya terasa ada yg menutupi di permukaannya, trus agak putih gt, terasa gk enak gt, ini sebabnya apa ya mbak,, obt antibiotik, skt maag ato apa :(
    udah saya cb kerok tp cm sedikit ilangnya, msh tersisa putihna susah ilang dng dikerok… hiks hiks,,,
    mhn sarannya ya mbak, trimakasiih….

    Penyebabnya kyknya jamur itu .. pemicunya bisa antibiotik, stress, merokok.. atau penurunan sistem imun tubuh kita..

  89. mba knapa lidah saya tidak dapat merasakan, dan apa penyebab serta obatnya

    Dedy.. mbak ikut sedih deh dengernya, emang gak bisa merasakan sama sekali?.. kalo secara klinis gak ada apa2, gak ada lapisan tebel atau gak licin berarti syarafnya yang kena. ada riwayat gegar otak atau kecelakaan yg mengenai muka nggak?

  90. mbak,
    lidah saya itu di bagian tengahnya sobek seperti tersayat cukup lebar dan rasanya sangat perih….
    kenapa ya Mbak?
    Mohon bantuannya….

    kalo itu memang kelainan bawaan, hy saja biasanya gak sakit. Kalo sakit biasanya karena kekurangan vitamin dan zat besi. cobalah perbaiki pola makanmu

  91. Mbaak ernaa cantik :D , mau tnya dong ? lidahku di tutupi lapisan putih kekuning kuningan it knapa ya ? kalo di kerok sama sikat gigi ilang sih .. berbahaya ga dok ?

    Mbak Na gak tahu pasti dear, tp kyknya jamur deh. gak bahaya tapi ya tetep harus diobatin krn bisa aja jd tambah tebel dan keras, nah Ayu ntar gak bisa lagi nikmati enaknya ayam goreng.. :)

  92. mbaak , lidah saya kasar bnyak bintilnya trus warnanya putih agak kuning .. knapa ya ?

    Dina sayang, lidah memang berbintil-bintil da pada orang2 tertentu bisa aja lebih panjang, jk warnanya kuning (putih kekuningan) bisa aja itu ada infeksi jamur.

  93. Mbak… 3 hari yg lalu tante saya mengeluh lidahnya rasa terbakar dan ahirnya langit2 mulut dan sisi mulut yg bertemu ujung lidah memerah semua. Sudah coba pake abotyl krn diduga sariawan dan juga kkonsumsi vit.c tetapi tidak berkurang juga. Nah hari ini saya juga sudah mengalami gejala yg sama, apa penyakit ini menular? Bagaimana cara mengobatinya ? Ujung lidah rasanya kasar dan kelu, tetapi kalau kena air pedas ,warna lidah saya biasa saja. Terimakasih

    Nay, ada sih beberapa penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang punya gejala seperti itu. Apakah tante nay merasa badan capek semua, lemes dan pening gitu? Kalau vitamin C sdh bagus untuk infeksi virus..albothylnya Nay lebih baik ganti dengan obat kumur povidone Iodine aja..

  94. anak saya di bawah lidahnya sebelah kiri tumbuh semacam daging berwarna pink (seperti lidah),apakah itu berbahaya

    Maaf mbak Indra saya gak bisa jawab itu apa, apakah daging tumbuh itu sakit dan besarnya seberapa. kondisi gigi sekitarnya bagaimana?

  95. Mba yang baik hati. . Makasi banyak yah buat artikel dan jawaban2 pertanyaan yg sangat membantu sekali buat saya yang lagi panik. ^_^
    Soalnya tadi pas saya ngaca tau2nya lidah bagian belakang yg dekat tenggorokan banyak benjolan2 sangat kecil seperti bintil2 disisi sebelah kanan dan kiri juga d tengah2nya/bagian atas lidah. Warnanya si kaya warna lidah, tp ada beberapa yg terlihat merah, seperti ada darah d dalam benjolannya.
    Normal aja kan ini mba?

    Itu hal yang normal Non.. makasih juga.. maaf mbak baru bisa jawab..

  96. mbak,
    papa saya umurnya 68 thn sehat olah raga rutin,ke puskesmas setiap minggu,tp tiba2 lidahnya pelo,apa penyebabnya ya mbak,trus gmn cara penyembuhannya ya mbak..trims

    wah itu karena ada gangguan pada persyarafannya Deni. coba periksa ke dokter syaraf ya??

  97. apakah mungkin krn kandungan gizi dan vitamin yg dimakan setiap harinya kurang?

    kayaknya nggak banyak hbungannya deh..:)

  98. mba knpa lidahku rasa nyeri sampai 2 minggu diobati mulai pake obat abothyl sampai obat jamu cina pun sama skli tak bisa hilang
    lidah obat yang paling cocok itu apa sich mhon sarannya..

    tidak semua rasa nyeri pad lidah bisa diobati dgn albohtyl, saya gak bisa menyarankan obat apa kalo nggak tahu klinisnya spt apa Erwin.. :)

  99. lidah saya sperti Geografic tongue pecah2 gitu.. :(
    gmn atasinnya yah ? trus klo makan sambal terasa amat sakit..

    geografic tonge itu sakit jika frans gak jaga asupan multivitamin dan banyak pikiran.. krn penyakit itu dipicu sama stress..

  100. Mbak,
    Saya baru saja sembuh dari sakit maag, kata dokter asam lambung terlalu banyak. Nah sekarang menyisakan (nggak tahu ada hubungannya atau tidak), lidah bagian ujung depan terasa sakit (seperti abis kena air panas) nylekit-nylekit (jawa). Kalau bergesekan dengan makanan sakit sekali, padahal kalau dilihat tidak ada yang aneh, tidak merah dan tidak pecah.
    Ini kenapa yah…dan terpai nya gimana ?
    Terima kasih

    magh penyakit yg berkaitan dgn stress demikian juga kondisi lidah yg sakit tanpa gejala klinis apappun spt itu.. cobalah ut hidup lebih santai dan minum multivitamin.. semoga membantu..

  101. mba’,bole tanya g?sebenernya sakit di lidahku udah ada yang nanyain,tp jawabannya kurang ngena,,ujung lidah saya terasa perih terbakar,kalau dirasakan seperti ada tonjolan2 kecil diujungnya,kalau ujung lidah kena dinding mulut,rasanya kayak disayat,buat nelen ludah juga agak sakit,,saya perokok,gak gitu suka sayuran,akhir2 ini saya sering lembur kerja n badan saya kadang drop juga,,kalau kurang vitamin,vitamin apa,trus untuk sayur,lebih baik sayur apa?trima kasih..

    Iya itu mmg terkait dgn kekurangan vitamin.. semua sayur bagus kok.. terutama yg berwarna hijau dan buah yg warnanya terang, spt jeruk, tomat..

  102. mba mw nanya donk.
    klo lidah kya peta peta gt,trus suka terasa sakIt kalo abis mkn daging atau ikan , tu trmsk parah g? trus harus gmana biar kmbali normal?

    gak pa2 kok.. sulit memang kembali normal tp jaga makanan jaga emosi akan meringankan kelainan..

  103. mba, saya mw nanya, lidah saya matirasa, makan apa saja tidak ada rasanya semenjak saya flu, apakah itu hanya pengaruh flu saja? Saya takut ada kelainan di lidah saya. Terima kasih

    persepsi rasa pengecapan itu interaksi antara indera rasa di lidah dan indera penciuman hidung.. jadi kalo pilek ya jd gak enak makan,makanan jd gak ada rasanya, seolah2 lidah mati rasa..

  104. mb ayah saya terkena penyakit lidah retak-retak seperti yg ada didalam artikel yg mb tulis, ketika diperiksa kedokter beliau diberikan obat kumur dan SP troches dequalinium chloride apakah itu bisa membantu proses penyembuhan??, mb lidah ayah saya terasa pahit itu penyebabnya apa? dan bagaimana cara mengatasinya? tolong bales ya mb saya sgt membutuhkan jawaban dari mb,, terima kasih mba,,salam kenal

    Lidah yang retak2 itu kelainan bawaan Marta.. gak bisa sembuh dan itu nggak pa2.. gak bahaya.. gak usah diobati .. cuma kamu harus jaga kesehatan dan intake makanan.. tentang lidah ayah yg pahit.. waah gak tahu kalo gak diperiksa.. bila semua baik2 saja.. bisa saja semua krn usia..

  105. Mba mau tanya 3 hr lalu sy kumur dg listerin trus agak masuk ketenggrokan..abis itu pangkal lidah kayak mati rasa..pangkal rasanya seperti ada yang mengganjal..kl bagian lidah lain msh normal..kira’ knp ya mba?makasih..

    Sefa kayaknya gak tahan dgn obat kumur itu ya? coba lain kali diencerkan dikit

  106. Mba erna..
    4 hari yang lalu, saya ke dokter internis, untuk pengecekan medical checkup, karena saya sering lemas, dan mulut tidak enak. hasil nya telah keluar semua nya bagus, liver, diabet, kolesterol.
    akhirnya saya di berikan multivitamin dan obat nystatin karena katanya ada jamur di lidah saya. setelah saya baca artikel ini sepertinya kondisi lidah saya seperti gambar 1. Oral candidosis.
    pertanyaan saya :
    1. apakah Oral candidosis bisa menyebabkan badan lemas dan tenggorokan tidak enak.
    2. jika di hubungkan dengan HIV, apakah hanya ketika stadium 3 saja jamur baru muncul? karena saya memang pernah melakukan hubungan beresiko tertular HIV dan bukan pengguna narkotik jarum suntik. tapi saya blum berani untuk memeriksa nya.
    3. apabila dengan menggunakan nystatin, dg dosisi 3x sehari. apakah memang bisa sembuh jamurnya.

    terima kasih sebelumnya atas perhatian dan jawabannya.

    1. tidak.. tapi berhubungan.. krn ketiganya disebabkan penurunan daya tahan tubuh..
    2. biasanya memang seperti itu.. kenapa tidak berani, lebih dini memeriksakan diri lebih baik..
    3. reaksi obat tergantung respon tubuh, jika penurunan daya tahan tubuh tidak diperbaiki, kandidosis akan kambuh kembali

  107. qu mw tnya ,, pda pangkal lidah saya t’dapat bintik-bintik kecil
    tidak terasa perih.. ap itu berbahaya?????

    gak pa2 kok .. memang lidah spt itu..

  108. sore,maaf aku boleh tanya ga ? klo lidahku penuh jamur itu cara obatin nya gmn ya ? kmrn saya sakit panas,susah makan pusing dan demam setelah saya cek ke dokter internist ternyata saya terinfeksi jamur lidah,mba bisa tolong saya bagaiman cara mengatasinya ? terimakasih :)

    apakah oleh dokter tidak diberikan obat anti jamur? jika tidak cobalah periksa ke dokter gigi sp OM atau dokter gigi umum biar diberi obat yang pas.. dan tidak kurang penting lidah harus rutin dibersihkan dengan pembersih lidah..

  109. mba.lidah saya selalu mengeluarkan air liur berlebihan setiap bangun tidur, saya seperti mau muntah rasanya? ini jenis penyakit lidah apa ya mba? mkch ya mba,, :)

    Lidah hanya mengeluarkan sedikit air liur yang kental, kalo air liur yang cair dan banyak dikeluarkan oleh kelenjar dipipi yang muaranya dekat gigi geraham paling depan rahang atas.. apa yang cahya rasakan terus terang aja mbak gak ngerti.. mungkin pahit ya? coba diamati ada kelianan nggak dilidahnya…:)

  110. mba’ mo nanya neh.beberapa hari terakhir ni ku terganggu dg masalh perih di ujung lidah.lidah sperti tersayat n perih,dan sampai skrang ku lum tau penyebabnya n cara menanganinya.dah mencoba sgl macem minuman tuk panas dlm,cuman ga berpengaruh.
    kenapa ya mba’, n apa obatnya?….
    makasih sblumnya n maaf dah ngrepotin..

    Lidahnya normal aja ya? gak ada luka atau sariawan? kalo gak ada coba aja minum multivitamin.. krn itu biasanya penyebabnya..

  111. Mbak maaf anak saya 2,5 th kayaknya gograpic tonge tp knpa setiap dia kena lagi badannya panas dan di sertai sariawan di mana sednagkan penyakit ini suka timbul2 jadi. Setiap dia tiimbul lagi bercaknya panas lagi badannya dan sariawan menurut anda bagaimana itu

    Iya.. geografic tongue itu akan kambuh bila ada penurunan pertahanan tubuh… jd bukan disebabkan oleh panas badannya.. penurunan pertahanan tubuh membuat dia sakit sekaligus lidahnya kambuh.. jadi ya jaga kondisi anak.. jaga asupan gizinya terutama..

  112. iya mba,, air liurnya agak cair,, klo lagi puasa semakin banyak mba, jadi setiap puasa saya merasa mual dan harus kekamar mandi trus untuk buang air liurnya.. klo saya ke dokter saya seharusnya ke spesialis ap y mba? sekali lagi makch ya mba atas informasinya,, :)

    Ke drg dulu saja Dik.. biar dicari penyebabnya ya??

  113. mbak E mau nanya sy pny masalah jamur pd lidah sampe panas pada tenggorokan kira2 3 minggu ini.. bbrp minggu yg lalu sy dpt terapi monosiklin untuk jerawat di wajah saya, apakah itu berpengaruh? dah di obati dr obat magh, obat kumur, antibiotik jg tp blm reda sampe skrng..agak tenang stlh dpt pnjlsn kalo kena hiv, spt itu hanya muncul pd stadium 3, terus terang saya stres dngn adanya jamur ini, mau priksa hiv blm pny kbrnian meskipun slama ini sy gak pernah ada masalah dngn pnrnn dy tahan tbh, bahkan bb saya cenderung meningkat.. mohon sarannya apa yg hrs sy lakukan? kalo berkenan jwb lwt email ya..trimakasih..

    Iya… terapi monosiklin, apalagi sampai berminggu-minggu membunuh bakteri baik dalam rongga mulut, jadinya jamurnya berkembang, obatnya ya diberi anti jamur khusus rongga mulut, tp jika terapi monosiklin sdh dihentikan baru bisa efektif, kalo monosiklinnya tetap ya ntar antijamurnya berhenti, kambuh lagi..

  114. Mbag e saya mau nanya
    Temen saya lidah nya berpulau2 gitu terlihat ada putihnya kayak luka terus sekarang muncul benjol2 kecil di pangkal , katanya rasanya panas ndak nyaman , obate apa za mbak’e trimakasih

    Geografic tongue itu dipicu oleh stress dan kekurangan vitamin.. coba deh kurangi stressmu dan perhatikan konsumsi makananmu.

  115. Mbak mau tanya, lidah sy saat ini terasa sakit…… baru saja buka puasa mkn ikan mayung gulai, lalu tertancap sebagian duri ikan (patahan kecil tulang ikan mayung) ke dalam lidah sy…..terasa mengganjal dan sakit….BAGAIMANA CARA MENGELUARKAN ATAU MENYEMBUHKAN NYA DOK…/??? sgt mohon bantuan….sy tinggal di kota kecil belum ada dokter spesiali kesehatan mulutnya Dok….yg ada doter THT atau Doter gigi….mohon saran…terima kasih byk ya Dok…..

    Maaf baru balas.. kalo spt itu bukan ke SpPM tapi ke UGD di RS terdekat ya mas…

  116. Ibu kok lidah saya tuh klo makan rasanya gak enak….
    truss perih kli ke garuk gigi…
    panas… apakah itu akan sembuh denan sendirinya? atau gmana ya ?

    Aduuh Fir, saya kan gak tahu penyebabnya apa, yang paling sering itu karena kurang vitamin dan zat besi.. tapi juga bisa karena hal lainnya..

  117. saya mulut saya punya penyakit lidah geographic tonguekayaknya belum waras sampek sekarang terus saaya sempet stress juga saya harus gimana mbak?

    iya geografic tongue itu memang bisa menetap, dan sebenarnya gak pa2 kok, gak bahaya, tapi kalo kamu stress dia akan lebh parah. Jadi nggak usah stess ya?

  118. mbak.. sy mau tanya, sudah beberapabulan ini ada beberapa benjolan merah agk besar dilidah belakang dekattenggorokan, dan skrg tiap mkn selalu nyeri dan terkadang stela mkn badan rasanya sprti mw meriang.. apa ya mba kira2 penyakitnya? bahaya ato tdk ya… mohon bantuanya mba… terimakasih

    maaf rama mbak gak ngerti, kalo sering meriang gitu lebih baik priksa deh..

  119. salam….
    mba…mo nanya neh…udah 2 mgguan neh lidah saya tdk bisa merasakan manis..klo untuk rasa pahit dan pedas bisa (mendadak aja pnyakitnya)..saya sdh konsul ke poly saraf..belum ada perubahan…mhn saran dan arahan..thanks

    indera pengecap untuk masng2 rasa memang berbeda, saaat di poli saraf sdh dikasih obat kan? nah mungkin perlu waktu untuk bisa pulih.. sebelumnya gak kecelakaan atau stroke kan?

  120. Mba, lidahku sudah seminggu ini kehilangan rasa dan sangat sensitif terhadap makanan pedas. Lidahnya sich tidak luka maupun berwarna merah.
    Ini disebabkan dari apa ya dan apa obatnya.
    Makasih sebelumnya ya.

    Meski gak merah dan gak luka, kalo lidah lebih sensitif gitu biasanya adalah gejala awal adanya anemia (krang darah).. sensitifnya menetap kan? gak kalo malam aja..?

  121. Mba saya mau tanya, kalo lidah saya berwarna seperti no.1 bisa minum obat apa ya? Saya sering makan buah2an seperti melon, anggur, tetapi tetap saja tidak sembuh2, trims.

  122. saya ada kaya putih-putih gitu dilidah bagian dalam rasanya kaya ada rambut dilidah cuma dicari2 ga ada. Apa mungkin gara2 penyakit lidah juga ya?

    kadang2 infeksi pada lidah juga menyebabkan perasaan itu

  123. Mba saya boleh tawu lebih lengkap mba praktek dimana… Saya mau konsultasi penyakit lidah saya…

    mbak praktek di rsgm fkg universitas jember.. jawa timur say..

  124. mbak bila permukaan lidah kita kasar karna penuh bintik2 tuh penyakit apa???

    memang ldah normal kan begitu tho.. coba lihat di google deh…tp kalo lebih besar dan lebih nampak ya harus diperiksakan

  125. mba kenapa yah saya kalo tidur sering diatas langit2 lidah gatel bgt. saya sampai ga bisa tidur karna gatelnya..penyebabnya apa ya.??thx

    ehmmm aduh Rahma , mbak E bingung kenapa ya langit2 bisa gatel, krn mbak gak lihat.. ke jember yuuk… tp mungkin juga krn gak bisa tdrnya lho trus langit2nya jadi gatel..

  126. saya mau tanya penyakit lidah yang ciri-cirinya itu di bagian pangkal lidah berbintik-bintik lebih besar dan berwarna kuning kemerahan, terlihat seperti membelah
    saya ingin tahu nama penyakitnya apa dan disebabkan karena apa
    sebelumnya TERIMAKASIH

    Sepertinya bintik2 besar itu adallah anatomis normal dari lidah yang dinamakan papila circum vallata.. jadi bukan penyakit

  127. bravo unej…jeng na lidahku udah 3 tahun sakit gak sembuh2 (krn emg blm diobati ke dokter). awalnya ak kira luka krn kena gigi (lubang) yg tajam, tp stlh gig dicabut kok gak da prbhn. ak kr hanya semacam sariawan tp kok gak sembuh2. kyknya mirip gambar yg geografic tounge (luka warna merah dan disekitarnya warna putih…luka disebelah kiri bagian bawah. kalo kene sambal ato minuman soda lgsg parah gt.. penyebabnya apa ya jeng (jamur/bakteri/virus)? trus obatnya apa? tq

    Geografic tonge penyebabnya banyak faktor, tapi kalo badan sedang baik2 saja penyakit ini biasa dipicu oleh stress selain faktor herediter.. kurangi stress yah.. hidup lebih santai..

  128. mba salam kenal,mo nanya anak saya umurnya 5 bulan trus ada noda putih d lidah nya bekas susu,gmn ya mba cara ngilanginnya katanya ada yg bilang pake yogurt tp jenis yogurt apah buat bayi,makasi ya mba.

    noda putih spt bekas susu dan sulit hilang itu jamur dan biasa pada bayi karena memang sistem imunnya masih rendah.. tentang yogurt masuk akal juga sih, tp tentang boleh tidaknya coba tanyakan pada dokter anaknya ya? selain pengobatan yang tak kalah penting lidah dibersihkan. byk pembersih lidah ut bayi yang ada dipasaran..

  129. ibu saya lidahnya putih2 trus bagian samping lidahnya luka itu gimana cara obatinnya?

    Adduh mbak gak bisa jawab kalo infonya hanya seperti ini…:D

  130. mba lidah saya sperti berpulau2 sperti gmbar no 3 gtu kdang rsnya pnas,kdng rsa mint gtu trus lngit2 ku jg ga brasa kdang licin itu knapa ya mba?

    Geografic tonge penyebabnya banyak faktor, tapi kalo badan sedang baik2 saja penyakit ini biasa dipicu oleh stress selain faktor herediter.. kurangi stress yah.. hidup lebih santai..

  131. maf mengganggu..mo tanya kalo obat buat lidah putih pada bayi pake obat ap….

    Obatnya harus dengan resep dokter.. coba ke dokter ya.. dan jangan sepelekan sering dibersihkan ya?

  132. mbk e aku mau nannya nih..kayaknya lidahku kena Oral candidosis ..jadinya nafasku kurang enak ni mbk padhal udah sering dibersihin tapi tetep aj g ilang jamurnya mbk..aku denger2 katanya daya tahan tubuh yang jdy penyebabnya..tapi mau kondisi ku fit ato g tetep aj ga ilang mbk gimana y mbk solusinya? masalhnya ini udah berlangsung hampir 2 tahun…
    maksih mbk tlong dibales y..

    Sorry Sonny.. baru bisa jawab.. iya.. ya memang harus diberi antijamur dan sebelum diberi anti jamur dibersihkan dulu (dikerok)..

  133. mw nnya dech klw msalnya kita ngelus” pke lidah ke langit” mulut terus itu nggak geli, itu knpa ya??

    Ya memang kayak gitu kayaknya.. :)

  134. kak kalo lidah nya hambar gitu gimana ya penanganan nya? sama disertai batuk pilek pusing dan panas. Tapi batuk pilek pusing panas nya udah agak mendingan, cuman lidah nya masih hambar nih. Gimana ya ngatasin lidah hambar nya? pucet gitu kak lidah nya. Thanks

    Kalo memang lagi batuk pilek indera perasa pada lidah memang ikutan macet,, ntar batuk pileknya sembuh akan sembuh sendiri.

  135. mbak mau tanya ni….
    say kok sm kerasa lidah saya putih dan klo sya krok pke jari baunya juga tidak sedap….
    trus kok klo tiap kli habis makan klo org lain mkn dngan minum air putih sudah bisa hilang bau2 yang tidak sedap dimulut..
    tp saya mrsa kok klo hbis makan itu seakan spt makanannya msih ninggal di mulut mbak.yang saya mau tanyakan apa memang jamur dilidah bisa menjadi penyebabny..?

    klo misal jamur lidah sudah bisa hilang brti lidah akan kembali berwarna pink gt mbak..?

    klo say boleh jujur apakah bisa mbak jamur putih itu juga muncul krn oral sex..?
    sy ini pria mbak..soalnya klo sya ingat dulu sblum sy melakukan itu lidah saya gpp..

    tq mbak mohon bantuannya soalnya akhir2 ni sy jd kurang pd ..jd sulit bergaul krn bau mulut sya ini…

    klo mau cr tau benar jamur lidah brti hrus ke dokter gigi ya mbak…?

    trimakasih bnyak

    Iyaa.. kalo ada jamur dan sudah berlangsung lama bisa bau mulut dan habis makan juga bau makanan nempel terus di mulut.. tentang Oral Sex bisa juga sih.. karena jamur candida juga banyak ada di vagina… selain obat lidahnya sering dibersihkan ya..

  136. Assalamualaikum… Mb’ ini wulan. Saya mau tanya.. Dah 3 hari ini lidah saya kurang enak, sakit sih engga tapi ujung lidah dan sisi kiri kanan saya terasa gatal tapi ga terlalu gatal, hanya serasa sedang ngemut permen asem, di tengah2 lidah saya juga pecah2 seperti fissured tongue, itu sering berdarah. Lagian dah 2 minggu ini saya kena asam lambung, tenggorokan suka sakit juga, apa yang terjadi dengan lidah saya dari asam lambung atau terkena virus saja? Terima kasih mb’

    apa yang terjadi pada rongga mulut mu itu ya penyebabnya sama dengan pada lambung dan tenggorokan. semua karena sistem pertahanan tubuhmu lagi melemah, biasa karena makan tidak teratur, kurang istirahat dan kebanyakan mikir..

  137. mbak ikutan ny: beberapa hari ini di pangkal tengah lidah saya berwarna coklat diantara warna putih seperti selimut disekelilingnya….
    ada apakah ini.?.. saya menjadi risau…ohh ? tx bgt….

    mungkin itu jamur.. coba periksa ke dokter ya? gak usah risau..

  138. salam kenal mbak…
    oya keluhan saya seperti ini :
    pangkal lidah saya terasa kemeng gitu, pegal2 sampai ga bisa tidur. apakah itu semacam panas dalam atau apa ya?

    kayaknya ni karena keteganggan psikis… semakin kamu gak bisa tidur semakin parah kememgnya.. cobalah rileks..

  139. lidah saya berbintik merah,ditengah bewarna putih dan belakang bewarna kuning..mengapa ya….?

    lidah normal memang berbintik2.. kalo warna putih dan kuningnya itu kemungkinan memang jamur yang tumbuh berlebihan di rongga mulut.. cobalah dulu bersihkan saja..

  140. mbak butuh pencerahanya please…. saya pertama kali terkena sariawan yang tidak sembuh selama seminggu itu ada 5 sariawan sudah saya beri abothyl…lalau tiba2 bagian mulut belakang degak gigi geraham luka karena ke gigit dam gak sembuh2… tak lama kemudian saya menelan sudah susah…tidur pas bangun lidah rasanya kebakar parah…. lalu saya coba searching ada artikel mbak tentang oral candidosis kyknya saya terkena itu… saya kerok bisa… skrg saya gak bisa makan apa2 nelen susah apa2 susah klo ngunyah kena luka di belakang mulut saya gimana ya mbak ini…. sakit bgt bwaannya bete terus

    masalahmu kayaknya karena luka pada gigi geraham itu deh.. periksa ya? mingkin gigi bagian belakangmu itu mau tumbuh.

  141. mba erna yg baik saya mau curhat nieh , lidah saya pecah2 dan brjamur , kmren periksa ke dokter spesialis THT , katanya faktornya asam lambung naik , apa benar bgitu , soalnya udh hampir 1 tahun ga normal2 ..

  142. Semua penyakit itu tidak enak, seperti sekarang ini saya sedang sakit lidah bagian atas bintik2 putih dan nerah tidak merata bagian tepi lidah terdapat benjolan bintik kecil2 ke merah2 an ini gejala penyakit apa ya? untuk makan pedih ubtuk minum pun pedih terutama pinggir atas sebelah kanan, kalau untuk makan asal kesenggol gigi juga sakit. Saya risau sebab sudah ke dokter di kasih anti sakit dan antibiaotik Sandoz tapi belum ada reaksinya dan juga saya beli Betadin kumur sehabis minum obat tapi juga belum ada reaksi artinya untuk aktifitas lidah masih sakit baru saat ini saya sakit lidah nanti kalau udah jumpa obatnya akan saya beritakan disini Amin

  143. mbak, saya mau bertanya .. lidah saya berjamur, ada garis putih, tidak bisa makan yang pedas dan makanan yang mengandung penyedap rasa .. di langit-langit mulut ada bintik-bintik kecil seperti jerawat .. tapi tidak sakit hanya sensitiv saat makan pedas dan penyedap rasa ..

    menurut mbak, itu merupakan penyakit apa ? dan apa obat nya ? TERIMA KASIH sebelumnya mbak ..

  144. mba, klo lidahnya gak bs ngrasain rasa dg tepat gmn tuh,,?kmren dpriksa eh malah dsruh brsihin karang gigi,,,ada hub nya ya mba???gmn ngtasin itu?

  145. mbak minta pencerahannya juga dong ..
    mbak mama saya lidahnya sakit , ada benjolan-benjolan kayak sariawan gtu mbak d lidahnya mama. kata mama lidahnya itu perih bangat
    akibatnya mama gak bisa makan karna lidahnya gak berasaa.
    udah obat ke dokter d kasih obat terus sembuh udah normal lagii ehh cuman sebentar ajaa kambuh lagii , sampaii sekarang mama gk bisa makan enak lantaran lidahnya yang sakit ituu ..
    gmn yaa mbak sakit di lidah nya mama ini ?

  146. Mbak, nanya donk infeksi candida pada penderita aids itu seperti apa, apakah hanya lidah nya saja atau seluruh rongga mulut dan apakah selalu disertai herpes sehingga kita dapat membedakan infeksi candida karena aids atau penyakit lainnya, dan apakah pada gejala awal hiv penderita nya akan mengalami gejala ini? Dan satu hal lg, apakah untuk gejala typus normal terkenal jamur candica jg. Thanks

  147. Anak saya berumur 3.5 thn. lidah nya mirip pic.geometric tongue…
    pemicu nya apa dok..??? dan gmn penyembuhan nya karena sudah lebih 1/2 thn.

  148. mbak, lidah saya dibagian pinggiri ada benjolan. di bagian bawah benjolannya berwarna putih. tapi gak sakit mbak. kira-kira itu knapa ya mbak ? udah sekitar 1 minggu blum hilang juga. trus apa yg harus saya lakukan mbak ?

  149. mbak suami saya dari kecil sudah punya penyakit lidah, kalu kambuh bagian bawah lidah membengkak, lidah bagian atas muncul bintik-bintik agak besar seperti mutiara, dan penyakitnya ini bisa kambuh jika dia makan yang asin-asin ketika malam hari dan makan rambutan. yang saya tanyakan apakah nama pemyakit suami saya, apakah berbahaya, dan bisa menular?

  150. mba mw tanya..kayanya lidahku mirip geographic tongue trus ada yg pecah 1 garis kecil..gmn cara yg aman ngobatinnya ya mba?thnx, mhon sarannya..

  151. Ass.., jadi gini mba, ini lidahku bintik2 merah kecil di ujung lidah, ga ada rasa sakit nyeri, ato apapun, jadi intinya fungsinya normal, trus tadi iseng2 Cek koq Ada bintik2 merah kecil, itu knp ya..?
    Gw parno banget soalnya baru kmren berhubungan (maaf) sexs.., gw parno bgt sama HIV..
    Ada saran dok..?
    Thx.. :)

  152. saya juga mau nanya ini soalx lidah aku rasanya sll pahit dan juga ada bintik bintik merahnya tapi masih kecilkok bintik merahnya, oyah apa solusinya agar lidah aku bisa kembali sehat lagi,, makasi sebelumnya..

  153. Siang,saya mau tanya kalo lidah saya di tengah banyak bekas luka bintik-bintik merah,kalo kumur pakai listerine kumur lidah rasanya perih,obat buat luka itu apa? Saya sendiri punya sakit maag dan perokok.
    Terima kasih

  154. mbak mau tanya ni….
    say kok sm kerasa lidah saya putih dan klo sya krok pke pembersih lidah baunya juga tidak sedap….
    trus kok klo tiap kli habis makan klo org lain mkn dngan minum air putih sudah bisa hilang bau2 yang tidak sedap dimulut..
    tp saya mrsa kok klo hbis makan itu seakan spt makanannya msih ninggal di mulut mbak.yang saya mau tanyakan setiap sudah di kerok semakin hari semakin bau dan tidak PD,tolong mba kasih tau knpa ???

  155. Ya Allah berharga banget ni informasinya,, sumpah aku rasanya kebantu kali, dari awal nya aku panik krna lidah aku ini, setelah baca ini rupanya g da masalah,, terima kasih ya mbak e,, saya doakan semoga mbak e mendapat pahala yg banyak dr apa yg telah mbak lakukan slami ni,, salud saya sm mbak e,, mulia bangett,, :’(

  156. mbak mau tanya lidah saya tergolong seperti gambar tampak nomor 4,gimana cara penyembuhanya dan penanganannya karena sangat mengganggu sekali.kadang2 jika makan makanan panas or pedas dan asam terasa sakit gitu,vitamin apa yang musti saya minum.terima kasih atas petunjuknya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s