Sariawan….uuuihhh…!

Ehmm sariawan… penyakit remeh yang kadang menganggu dan menyebalkan.. Semua orang didunia ini mengenal penyakit itu, entah karena kita sendiri yang sering kena, teman, anak, saudara..

Istilah sariwan ini pada umumnya digunakan untuk menggambarkan sema luka dalam rongga mulut kita. Sebenarnya sih.. luka didalam rongga mulut kita itu disebabkan oleh bermacam-macam penyakit dari infeksi jamur, bakteri, virus, kekurangan zat gizi tertentu maupun karena gangguan kekebalan atau sistem imun kita . Nah yang sekarang aku pengen bicarakan disini adalah satu jenis penyakit yang paling sering ditemukan yaitu yang bahasa kerennya dinamakan Recurrent Aphthous Stomatitis atau disingkat RAS, ada sih buku-buku yang menggunakan istilah Stomatitis Apthosa Recurrent.. (Ehmm apa bedanya ya?) Ah..aku lebih suka menggunakan istilah RAS saja lah..

Penyakit ini ditandai dengan adanya luka yang permukaannya cekung, bentuknya biasanya bulat atau oval, berbatas jelas, biasanya batasnya teratur, tepi kemerahan, dan tengah putih kekuningan. Luka tersebut paling sering berdimeter beberapa mm, kambuhan dan tempatnya berpindah-pindah. Pada tempat yang kemudian muncul luka biasanya kita dapat merasakan rasa panas dan tidak enak yang kemudian muncul kemerahan dan peninggian.. Kekambuhan bias sangat bervariasi, pada orang-orang tertentu bisa satu tahun hanya muuncul 2 – 3 kali tapi pada orang lain bisa muncul 2 -3 kali sebulan sehingga rongga mulutnya tidak lepas dari apa yang dinamakan RAS itu…

recurrent aphthous stomatitis

Penyebab penyakit ini sampai sekarang belum dapat dipastikan. Meskipun demikian telah diidentifikasi ada beberapa factor yang berkaitan dengan munculnya penyakit itu yaitu factor keturunan, gangguan imunitas dan kekurangan vitamin atau zat besi. Kekurangan vitamin yang sering-sering dikaitkan dengan sariawan adalah vitamin B12 dan asam folat (lho bukan vitamin C ya?… Iya, aku ni belum menjumpai ada literature yang mengatakan ada kaitan sariawan ini dengan kekurangan vitamin C). Yang lebih dapat dipastikan adalah biasanya selalu ada faktor yang memicu kekambuhan dari penyakit ini. Faktor tersebut yang paling sering didapatkan adalah siklus menstruasi, luka biasa muncul sebelum menstruasi dan terkait dengan Pre Menstrual Syndrome (PMS) (karena itu penderita RAS ini lebih banyak perempuan….). Perempuan yang mengalami PMS dengan segala rasa nggak enaknya akan juga sering mengalami sariawan. Faktor yang lain yaitu gangguan emosi, sedih, kecewa, depresi atau sekedar nervous memicu terjadinya kekambuhan. Demikian juga kelelahan fisik maupun kekurangan nutrisi juga memicu terjadinya kekambuhan meskipun hal ini lebih jarang ditemukan.

Trus apa obatnya? … Berbagai obat tersedia di toko obat bebas maupun apotik. Hamir semua obat tersebut bekerha untuk mengurangi gejala atau rasa sakit yang ada atau sebagai pembersih luka tersebut, namun sampai sekarang tidak ada obat yang bekerja efektif. Karena sampai sekarang juga tidak ada penyebab yang dapt dipastikan maka satu-satunya jalan adalah mecegah kekambuhan penyakit ini.
Pencegahan kekambuhan ini dapat dengan cara memperbaiki ketahanan mukosa rongga mulut yang tidak terlepas dari kesehatan tubuh secara umum yaitu asupan gizi dan istirahat yang cukup. Bila RAS sering kambuh saat menjelang menstruasi maka lebih perhatikan kesehatan tubuh saat itu.. Trus jangan lupa karena memang telah ditemukan adanya kaitan kuat antara stress dan kekambuhan dari sariawan ini, coba deh untuk tidak stress… Walah.. mana bisa..? sekarang hidup seperti ini.. Memang sih, hidup tidak pernah lepas dari masalah, nah jadi stress atau tidak kan tergantung bagaimana kita menyikapinya. Bahasa kerennya semua tergantung bagaimana kita mengelola stressor itu… Coba untuk bijak dan lebih nrima ing pandum (itu falsafah orang jawa), qonaah (menerima apa adanya) sehingga hidup akan tampak lebih damai dan indah… (Whaalaaaaah.. jadi bicara macem-macem..)..

Ehm sudah dulu yha… Mungkin kapan-kapan kita bicarakan lagi hal-hal lain yang leboh spesifik tentang penyakit ini. Semoga yang sering sariawan sedikit lebih lega sekarang. Aku sendiri…? He he he, aku jarang sekali sariawan.. paling setahun 1 atau 2 kali, itupun munculnya hanya dalam ukuran kecil….

26 thoughts on “Sariawan….uuuihhh…!

  1. Dalam kaitannya dengan stress sebagai pemicu timbulnya RAS, buat orang yang sering sariawan ini bisa jadi “indikator peringatan” dari tubuh lho. Kalau sariawannya muncul, mungkin itu karena tingkat stressnya udah tinggi, jadi harus… slow down, baby, take it easy, cool…. rileks… supaya hidup jadi lebih tenang, supaya sariawan cepet sembuh🙂

    YES.. Indikator kalau tubuh sudah exhausted dengan stressor..tapi ehmm kalo aku sariawan bukan sebagai tanda dini Non.. kalau stress sudah parah banget malah baru sariawan.. tanda dininya yang berlaku sekarang adalah …perut melilit

  2. apa kebanyakan penyakit mulut (sariawan dan Bau mulut) itu memang indikasi stress dan kurang gizi/tidur ya? Dan memang benar ya, bukan karena vitamin C…
    Lalu apakah bisa kita minum Minuman utk panas dalam (cap kaki tiga?) yang dijual-jual? pengaruh ngga sih?
    EM

    Nggak semuanya sih Mel.. cuma yang namanya recurrent aphtous stomatitis yang gambaran klinisnya seperti aku gambarkan itu memang kebanyakan kekambuhannya dipicu oleh stress dan siklus menstruasi. Vitamin c memang memberbaiki kesehatan mukosa ronggamulut tapi defisiensinya tidak secara langsung menyebabkan penyakit ini. Trus kalau bau mulut sih tidak disebabkan oleh stress dan kurang tidur/gizi.. Kapan2 kita bahas bareng mengenai bau mulut yha?
    Tentang minuman yang katanya untuk mengatasi panas dalam.. ehmmm aku kok nggak ngerti dasar pemikirannya yha, ? Juga kayaknya nggak pernah ada penelitian ilmiahnya. Kayaknya penggunaannya, hanya berdasar empiris saja.

  3. Hai mbak…met ngebloggggg…..hehehe
    kalo aku seringnya sariawan karena sikat gigi (padahal udah pake yang soft juga) ….keterlaluan ya….

    Nung.. Kalo sikatan jangan sambil nyanyi..! Tuh kan jadi sering melesat sikat giginya.. jadi sariawan..

  4. Waduhh…lha sariawan ini langganan tetap je.
    Tapi memang kalau lagi dikejar tugas, kecapekan….dan males makan. Males makan nih, memang bikin perut kembung…dan walau tahu…teteup malas makan. Rasanya pengin kenyang, tanpa makan……ada nggak caranya?

    Ehmmm Aku juga pengen tanya itu.. Gimana caranya supaya nggak sakit, nggak lemes dan kenyang tanpa makan? tolong dong temen-temen lain, ini ada dua anorexian (eh.. ngarang istilah baru yha? Ni boleh nggak yha? masak orang dengan anorexia jadi anorexian???) lagi cari solusi..

  5. kaka ipar saya sariawan hampir tiap hari .. jadi tiap hari selalu minum redoxon …
    ngga tahu tuh kok bisa gitu .. apa stress trus yaa ?

    Meski tiap hari minum redoxon tapi gak berkurang yha Mas?.. Ehm kalau tiap hari dan rongga mulut gak lepas dari sariawan begitu biasanya pasti ada penyebabnya.. Bila gambaran klinisnya sama dengan yang aku paparkan diatas.. penyebab paling mungkin adalah alergi, mungkin makanan atau pasta gigi barangkali. Tapi kalau gambaran klinisnya lain, ya penyebabnya banyak sih. Coba mas dilihat gimana bentuk sariawannya..

  6. Baru baca judul, lha ko’ kebetulan, emang lagi sariawan ampe jontor nih bibir atas uhhhh…
    Gimana kalo yang sariawan itu cowok mba?

    Yang jelas nggak ada hubungannya sama siklus menstruasi Rit, hehehe

  7. Hi Na..
    Apa khabar?
    Aku kalo berada suasana dengan tingkat stress yang cukup tinggi, juga sering sariawan. Sepertinya sariawan dan stress itu ada hubungannya, bener gak sih?

    Aku baik-baik saja Mas.. , Iya seperti aku tulis disitu, ada hubungan yang erat antara stress dan kambuhnya sariawan.. Intinya gini Mas, hasil akhir dampak stress adalah pengeluaran hormon glukokortikoid. Hormon ini menyebabkana kekacauan sistem imun yang pada akhirnya akan menyebabkan timbulnya sariawan. Sebenarnya bukan hanya sariawan sih Mas, banyak dampak buruk dari peningkatan kadar hormon ini dalam tubuh. Nah jika sudah timbul sariawan maka petanda tubuh sudah exhausted dan seperti Tanti bilang, slow down baby.. take it easy.. Gitu deh Mas..

  8. Mbak, kalu nggak salah, obatnya tuh ada yang berwarna biru, ah saya lupa apa namanya? Sebenarnya kandungan obat itu apa ya?

    Biru-biru itu methylen blue.. Itu untuk anti jamur, jadi yha gak tepat. Selain itu efekktivitasnya sangat rendah dan di lab dipakai untuk ngecat sediaan mikrobiologi.. Selain gak efektif bahan itu juga diduga karsinogenik.. jadi ada hubungannya dengan kanker.. jadi sekarang sudah gak dipakai bahkan sudah dilarang. Mending tidur dan makan yang banyak saja. Thanks sudah sudi baca tulisanku.

  9. Kebetulan aku jg sedang kena sariawan nih Mba erna. dan sariawan sudah jadi penyakit rutin semenjak bekerja.

    setelah membaca dg rinci tulisan mba, aku curiga dg stress dan kebiasaanku jajan goreng2an (dulu saat masih kuliah di bandung jajan2an goreng2an hmpir tiap hari. minyaknya khan biasanya “kotor”).

    Terima kasih atas postingan mba. izin aku copas di blogku yah.

    Yah Fikri, thanks sudah lihat-lihat blogku. Gorengan kayaknya gak terbukti ada hubungan langsung sama sariawan.. nggak tahu kalau alergi sama gorengannya.. tentang copas.. silahkan, aku senang sekali…

  10. Ping-balik: Tak pernah berhenti :: Sariawan lagi uihhh!!

  11. Mbak ern…
    nanya donk itu yang dijadiin contoh mulut siapa ya…
    *sambil mengira-ngira*

    *Serius on Mood*
    Kakak ku sering sekali sariawan, biasanya kalau sudah kena susah sekali sembuhnya…itu apa penyebabnya ya ?

    Mulutnya manusia.. pasti itu..! hehehe
    Eh.. susah sembuh?? Kalau sariawan yang aku jelaskan itu (RAS) biasa sembuh sendiri dalam 7 – 14 hari.. Kalau lebih lama dari itu baru sembuh, wah harus diperiksa tuh, anamnesa, pemeriksaan klinis dan kalau perlu laboratoris baru dapat ditentukan diagnosanya Abi.. (Serrriiiiioousss juga nih..)

  12. aku kalo sariawan, gak pernah minum obat, cukup minum air putih yang banyak. Apalagi minum air putih 1 liter selepas bangun tidur, detoksifikasi….

    Yes, air putih memang detox yang paling efektif, murah dan aman.

  13. Bener kata Resi Bismo (jadi inget Pandawa, Kurawa dan Hastinapura…hehehe..), cukup minum air yg banyak… insya ALLAH sembuh.

    Tapi jika sariawannya sangat parah, biasanya saya pake obat bubuk (obat China gitu..) yg berwarna hijau tua, gak tau namanya apa..lupa euy😀
    Alhamdulillah juga sembuh pake obat ini.

    Iya ya Resi Bismo..nama yang bikin kita segan banget bahkan takut.. tapi orangnya baik, manis dan hangat kok ? ( eh bener nggak ya? *SKSD deh..*)
    Iya.. aku tahu obat cina itu itu, tapi tentu saja aku nggak bisa komentar apa-apa karena gak ada referencenya yang jelas.
    Untuk pasien-pasien yang datang ke klinik, ada semacam obat yang kami racik sendiri yang berguna mengurangi rasa sakit dan mempercepat kesembuhan. Hanya saja untuk membelinya di apotik harus dalam jumlah yang besar..
    .

  14. dikasih abotil neng …. mustajab !!

    Mustajab, begitu juga info dari beberapa teman. Tapi diklinik kami juga di klinik-klinik oral medicine FKG lain pengobatan dengan cara cauterisasi dengan albothyl sudah lama ditinggalkan. Albothyl bekerja dengan cara dengan membakar mukosa yang terinfeksi, dan membuat radang yang kronis menjadi akut dan akhirnya sembuh.. memang bila sariawan itu hanya sesekali dan kondisi kesehatan rongga mulut baik bisa diterapkan.. Untuk kasus RAS yang kambuhan disertai dengan kondisi kesehatan rongga mulut yang tidak bagus maka luka akan semakin lebar dan makin lama sembuh..
    Selain itu.. sakitnya itu..wahhhh. Kalau anak kecil kasihan banget kan?
    Hal yang terpenting dalam penanganannya adalah RAS yaitu merendahkan frekwensi kekambuhannya (Yah mereka yang datang berobat kebanyakan adalah yang mengeluh rongga mulutnya gak pernah lepas dari sariawan) dengan cara seperti yang telah aku paparkan diatas..
    Aku sendiri kalau sariawan.. aku biarin saja.. cuma 1,2 kali setahun dan toh sembuh sendiri. selama ini rasa sakit akibat sariawan aku bisa atasi tanpa bantuan obat..

    Eh.. mbak makasih telah sudi mampir ke rumahku yang sederhana ini….

  15. hm.. jarang sih sariawan. tapi kalo sering laper apa itu penyakit mulut juga mbak ? soalnya ni mulut sering pengen makan apppaaa gitu… trus kalo ga kesampean, rasa na jengkel banget deh. Pokonya kalo pengen siomay, wes tak kejar kemana abang siomay mangkal..gitu deh mbak. Apalagi ujan** gini mbak, pasti enak banget makan bakwan malang ato bakso urat wiiih…sleeerppp..

    Ihhhh ni lagi hujan lagi laper juga… siomay…. siomay.. …mana yah..???!!!

  16. Stres pada laki-laki terjadi akibat siklus bulan tua (bukan datang bulan) alias boke sehingga muncul hormon gulungtikarkoit (bukan glukokortikoid), maka terpaksalah ngutang ama mbak sari ama mas wawan, alias penyakit sariwawan.
    Bahasa kampung kami (ndesooo banget) penyakit ini namanya lumpangen, rinteppen, delamen. Obatnya, kunyah beras ama daun sirih ama kunyit, kulum-kulum dalam mulut, kalau kulit mulutnya udah kaku, muntahkan.

    Mas.. tentang beras, sirih dan kunyit ni beneran?.. Bercanda kan?… eh ya bahasa sehar-hari dikampungku ya lumpangen..
    Makasih juga mampir di rumahku..

  17. Eh Rat, masak Dokter kayak kamu nggak percaya ama Dukun ? Ya beneranlah…beras, sirih, kunyit. Bila perlu taburkan gambir sedikit di lukanya…. sambil baca mantra-mantranya. Kalau mau belajar mantranya hubungi aja ke e-mailku.

    Lha wong dukunnya panggil namaku saja salah gitu… Piye tho Mas..? inget sapa hayo, kok aku dipangil Rat? Ratna ya?

  18. Dulu saya sariawan hampir tiap hari selama bertahun2. Kadang2 biasa tapi kadang2 amat parah sampai makan tidak bisa. Jadinya makan bubur. Segala macam obat sudah dicoba mulai dari jamu dari cina yang berbentuk bubuk dan diteteskan, daun sirih, jamu tradisional, tablet, dll. Sulit sembuh. Lalu saya mencoba madu saya campur dengan vit C 500 mg sehari 1 kali. Obat tetes merek “A” juga banyak membantu. Dulu obat ini rasanya amat perih ketika diteteskan, tetapi sekarang tidak lagi. Cuma entah khasiatnya masih bagus atau tidak. Salam hangat buat mbak Lilis.

    Memang salah satu jalan untuk mengatasi sariawan adalah dengan meningkatkan kesehatan mukosa rongga mulut.. Madu memang nutrisi yang baik.. kalau vitaminnya lebih baik lagi jika nggak saja vitamin c murni saja.. tapi yang ada kandungan vitamin B nya dan kalau ada bisa juga yang ada tambahan Zincnya.. Ada kok vitamin2 yang dijual diapotik yang isinya vit c dosis tinggi plus vit B dan zinc.

    salam hangat juga buat Heru..

  19. met tahun baru…mudah-mudahan kesehatan dan keberkahan senantiasa berlimpah di tahun ini ^O^

    Thanks Arya.. makasih sudah berkunjung.. Salam kenal.. Keep in touch…!

  20. Salam kenal..
    Sekilas ttg sariawan ya hehehe..
    Ada 1 tmn gw, sariawan tuh ga ada berhentinya.. Nyambung trs mpe gw panggil raja sariawan. kenapa ya klao yg ky gitu? aneh padahal dia gak stress..
    Anyway, berarti mesti banyak istirahat and makan buah kali ya hahaha..

    Nah itulah makanya penyebab RAS itu sampai sekarang tidak diketahui dengan pasti. Terlalu bnayk faktor. dari defisiensi nutrisi sampai keturunan. Jadi musti diperiksa satu-satu faktor yang manjadi pemicunya.. Mungkin juga alergi, pasta gigi, makanan atau apa.. baru setelah ketemu kita tentukan treatmentnya seperti apa.
    Salam kenal juga Be be.. thanks sudah berkunjung..

  21. Mampir jelang subuh … nulis lagi dong🙂

    Sebenernya sudah ada post baru, tapi kok selalu yang sariawan ini yang ditaruh diatas. Sudah aku coba rubah untuk yang the latest post semoga saja berhasil.. Thanks Ade.. subuh-subuh mau mampir..

  22. Ha..ha…ha
    Pagi-pagi buka wp baca komen mbak rindu jadi ketawa sendiri…
    Tuh mbak ada Fns nya minta tulisan baru …
    saya termasuk salah satunya loh…

    Masih kehabisan ide nih.. .. Aku lagi asyik dolan kesana-kemari..

  23. salam kenal..
    istriku lg mengalami spt sariawan.. gejalanya mulutnya terasa perih semua..yg dirasakan lidahnya pecah2 dan seperti ada bercak2 putih dan merah kemudian gusinya sakit smua..jadi susah makan..lidah perih,gusi perih..kemudian utk menelan makanan juga sakit dan susah.. kira2 sariawan bukan ya? dan pengobatannya bagaimana?
    terima kasih

    Kalau sariawan jenis ini jelas buka RAS.. saya tidak bisa memastikan bila tidak melihat sendiri kondisi klinisnya.. kemungkinan karena jamur. tapi bila keadaan ini telah berlangsung lama atau kronis bisa juga ini karena lichen planus..memang sebaiknya istri anda segera dibawa ke dokter untuk mendapat pertolongan secepatnya.. terimakasih telah mengunjungi blog saya

  24. Yang jelas, sariawan akan muncul saat lagi ada tekanan pekerjaan, ataupun stres yang lain.
    Mungkin juga diawali malas makan, sehingga memang tubuh kurang fit, sikat gigi sambil mikir yang lain, jadi nya kegigit dan jadi sariawan….

    Betul semua… 100 deh..

  25. Ping-balik: 2010 in review « Percikan Kehidupan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s