Chain Reaction

Aku kira kawan-kawan juga telah tahu bahwa setiap perbuatan pasti membawa dampak.. apapun perbuatan itu tidak akan berhenti begitu saja.. pasti ada rentetan peristiwa-peristiwa lain yang mengiringi perbuatan itu, namun sering juga kita dibuat terkaget-kaget karena perbuatan kecil kita dapat menyebabkan suatu peristiwa yang begitu besar..

Ni ada life story lagi….

Saat itu Aku sedang menjemur handuk didepan rumah.. Tiba-tiba….ada benda keras mengenai kepalaku, tepat di belakang telinga..Sesaat kemudian aku limbung jatuh, gak sadar.. Aku terbangun saat kudengar suara Ibu kostku menjerit-jerit banyak orang berkerumun… Kemudian ada seorang gadis dengan seorang laki-laki yag tidak aku kenal wajahnya, berkata padaku. ”Mbak, saya bawa ke UGD saja ya? Biar diperiksa…”.. Yang lain menyahut.. ” Iya..iya.. tadi pinsannya lama, takut ada apa2..” Aku tetap berkeras aku gak pa-pa., namun akhirnya menurut untuk juga karena saat berusaha berjalan ternyata aku sempoyongan lagi.. (Waahhh pusat keseimbanganku yang kena kayaknya….!).. Sampai di UGD pun aku masih nggak ngerti kenapa lampu TL itu bisa melayang ke arahku…
Di UGD, saat si dokter bertanya pada mbak yang baik hati itulah, aku baru mengerti apa sebenarnya yang menimpa aku. Ternyata mobil mereka menabrak tong, kemudian tongnya terguling dan mengenai tiang lampu dan lampunya terpental kearahku yang jaraknya lumayan jauh.. ada 3 meter dari lampu itu.. Bisa dibayangkan akhirnya di UGDpun cerita itu jadi bahan tertawaan.. Setelah itu untuk beberapa saat aku terbiasa dengan candaan temen-temen..”Na..Na.. awas minggir.. itu diatasmu ada lampu..!

Perbuatan sekecil apapun, baik kebaikan ataupun kecerobohan (aku nggak mau bilang kejahatan karena aku yakin semua nggak pernah bermaksud jahat). Mungkin tanpa kita sadari hanya sapa selamat pagi bisa merubah hati kita menjadi lebih baik dan hari itupun akan menjadi lebih baik. Perasaan yang baik akan juga membuat kita mudah untuk membawa kebaikan ke orang-orang sekitar kita sepanjang hari…

Sebuah sms tanpa kita sadari bisa berarti begitu banyak . Suatu malam ketika kita terbangun dari mimpi buruk dengan perasaan sedih yang amat sangat.. ehmm tiba-tiba mata kita menemukan sebuah SMS yang belum sempat terbaca, mengucap selamat malam, selamat tidur dari seseorang yang kita sayangi… seketika itu juga kehangatan menggantikan rasa dingin yang tadi sempat menyergap relung hati dan betapa malam kembali sangat indah…..

Karena itu apa salahnya sih mengisi setiap waktu dengan kebaikan meskipun kecil.. karena bisa saja kebaikan kecil kita akan berdampak besar ke kehidupan ini. Apapun yang kita lakukan adalah seperti membuat garis lengkung kecil yang kemudian oleh alam akan dteruskan menjadi suatu lingkaran entah besar atau kecil yang kemudian akan kembali pada kita juga..

52 thoughts on “Chain Reaction

  1. ha…ha.. haa…
    kok bisa sih mbake…
    btw itu bukan sms dari aku kan🙂

    Ya itulah chain reaction.. smsnya..? pasti yang kirim orangnya sayang ma aku ya?

  2. Aslinya aku nomor dua lho.Tapi dah diborong ma yang diatas ntuh jdi ngalah dech coz takut …Berkunjung ya kak..

    Duh Dyon gak pa2 ngalah ya? Dyon kan anak baik….Abi memang nakal ya?

  3. Waduh…Kak,tapi sekarang dah sembuh kan?Ngomong soal sms.Ntuh sms q yang nyasar kak?Jiaaah…Kaburrrr:D

    Itu kejadian sudah bertahun lalu Dyon.. Smsnya tentu dari orang yang sayang sama Kakak kan?

  4. kamu beneran kena lampu itu? waaah kecelakaan bener yah? Bagaimana sekarang keadaannya?

    ya perhatian yang kecil bisa menjadi besar bagi orang yang menerimanya

    EM

    Iya Mel.. tapi itu bertahun lalu kok … Iya kadang kita gak sadar bahwa banyak masalah bisa selesai hanya dengan hal kecil yang kita lakukan…demikian juga banyak hal besar terjadi karena suatu kesalahan kecil yang tak sengaja kita kerjakan..

  5. Setiap kebaikan sekecil apapun jika diiringi dengan keikhlasan maka akan bernilai besar dan jika setiap musibah/ujian sebesar apapun jika diiringi dengan sabar dan ridha maka akan terasa ‘ringan’🙂.

    Setuju Pak Jafar.. Moga2 Na terus ingat itu…

  6. Yang penting adalah melakukan segala perbuatan dengan tulus ikhlas dan tanpa pamrih.

    *nulisnya sambil nengok ke atas, takut kejatuhan lampu*😀

    Ya.. sekecil apapun perbuatan itu ya daripada yang jelek mending yang bagus kan Tan..?

  7. hidup adalah mukzizat , life is wonderfull thing

    Lha nek iki adhiku asli.. Cakep kayak mbakyu ne..! (promosi-promosi…! bakat jadi comblang tersalur tapi ya tetep narsis)

  8. Huh, aku kira ibu kostnya Lilis tahun 2009 (berarti Lilis ngekos karena minggat dari rumah), eh rupanya peristiwanya jaman mbiyen ya…zaman batu. Zamannya lampu-lampu juga masih beterbangan…..
    Lalu apa hubungannya jemur handuk dengan ditimpa lampu?
    Aku bodoh ya?????

    Hubungannya.. nggak tahu tuhh Bang..
    Tentang pertanyaan terakhir.. Lha kenapa?

  9. horrreeee nyampai juga disini…. (setumpuk kerjaan langsung dilupakan….). hooooreeeeeeeee juga, dapet nomer 13 nomer keberuntunganku tuh…… (@abi rakus, tuh tiga teratas….. :D)

    Wahh.. akhirnya datang juga…!

  10. maaf, numpang mandi di blognya rasa jeruk…..sseeegeerrr tenan…..

    wah segala rasa ada ni, jeruk, pisang, mangga asem… silahkan tinggal pesan yang mana..

  11. mbak erna suka ngirimin mangga, abi suka ngutangin siomay…. (berbuat terus sama kenuzi50, Insya Allah mbak erna gampang rejekinya dan abi ngampang jodohnya…. jiakakakkkkkakk…😀

    Amiiiennn…

  12. setuju mbak, coba mbak sekarang kirim wesel atau transfer uang ke rekeningku, pasti kebaikan mbak akan di balas dengan kelipatan yang lebih besar..(percayakah…??? dicoba aja deh…)

    Percaya aja deh daripada disuruh nyoba..

  13. Tiga
    wah enggak terasa udah enam tuh…
    huaah….
    pulang ah udah malam nih…
    *Lari keburu yang punya rumah bangun*

    Abi.. sandalnya ketinggalaaaaaaannnn!

  14. Bentar…
    Mbake sorry ya ngacak-ngacak dapurnya nanti diganti deh sama empek satu porsi asli loh dari palembang
    *Kali ini kabur beneran*

    Aku tagih beneran ya?

  15. Allooww Erna
    Aduuh mbak sampE biNUN abiZ
    baru sadar, nama Erna sudah ga’ ada lagi di friends’ FS
    waktu itu kangen mo kirim sapa-an.
    Rasanya seneng banget tanpa sengaja terbaca nama Erna di comment blognya seseorang.

    * KCian amat sih sampE sperti itu.
    Smoga jadi kjadian yg terakhir ya.
    Salam kangen.

    Semoga nggak terulang lagi ya Mbak.. Na juga kangen sama mbak Dinda..

  16. yaaah na, sial amat si lampu ampe jatuh, nimpa kamu lagi, trus pecah gak tuh lampu?? eeeh kok malah lampunya yang dibahas hehe. iya betul kata orang jawa sopo nandur sopo ngunduh yo jeng..

    Yes.. wong jawa asli..

  17. wah, jadi ingat film final destination
    satu kesalahan kecil berimbas pada melayangnya puluhan nyawa.
    jadi, jangan pernah meremehkan hal kecil, bukan begitu?

    Iya… sedikit, sedikit lama-lama menjadi bukit.. (gaknyambung.com)

  18. Akur sama Mbak Na dengan paragraf terakhir..😉

    Ada yang bilang karma.. menurut aku bukan ya.. ya hukum sebab akibat.. aksi reaksi aja.. setiap perbuatan pasti punya dampak langsung ke hati nurani kita.. ya kan Puak?

  19. mobil nabrak tong, tong nabrak tiang lampu, lampu terpental nabrak kepala mbak erna… wah wah … diluar hukum fisika ya mbak?

    Hukum fisikanya gimana ya Mas Cahyo…? (sambil garuk-garuk kepala.. pelajran fisika.. ehmm ampun deh..)

  20. mbake, sekali-kali bikin postingan puisi yang romantis abis dong…..(kayaknya belum pernah baca puisi mbake deh…)

    Ehmm .. Na bikin puisi yang romantis abiiizz ? Duhhh Kang Na bukan orang romantiss..Na nggak bisa romantis.. ntar malah diketawain sama semua…

  21. Setuju mbak Erna..
    Sekecil apapun nilai perbuatan kita, maka kita akan menuai hasilnya kelak.

    Iya.. makanya kadang heran juga kenapa sih kok ada orang yang sukanya cemberut mulu..Apa susahnya sih tersenyum.. kebaikan kecil yang langsung kita rasakan dan orang lain rasakan..?

  22. Wah qm koq naas aja er.., gak pintu gak lampu pada musuhin qm trs.. Entar pintu ma lampu laporin aja ke komnas HAM, hehehe.. Btw qm senangkan trima sms dari aq itu..?

    Ah nggak kok Kang… nasibku nggak naas.. karena selain lampu dan pintu banyak sahabat yang sayang padaku.. Jangan bosen kirim smsnya ya Kang..?

  23. Taaarrraaaa…….😀
    Engg…ingg…ennggg,…dede comming *peluk mba na* missu dear🙂

    uuiiicchhh…mba na dasar nie koq bisa kejadian kaya gitu seach dear?? tapi untungnya gapapa yaa? lain kali klo mau keluar rumah pake helm ya dear:mrgreen:

    Taaaarrrraaaaa ….! Misss you to Dee…!
    Iya kayaknya kemana-mana harus pakai helm, pelindung lutut dsb kayak Mas Nug lagi di sentul gitu..

  24. oya just information, klo mau liat muke dede ada di postingan teranyar de lho😀 sekalian hadiahnya lho…HEhehe..ehehhe…de tunggu ya dear🙂

    Aha.. tadi sudah lihat kesana.. akhirnya bisa lihat wajah cantik adikku Dee…!

  25. Setuju Mbak …
    Yang namanya ketulusan …
    kebaikan …
    jika dilakukan dengan ikhlas …
    sekecil apapun …

    itu dampaknya akan luarbiasa …

    We never know …

    Salam saya
    NH18

    Iya Mas.. Banyak kejadian luar biasa yang Na sudah temui..

  26. mbak aku datang berkunjung…

    “Tuhan tidak menjanjikan hari hari tanpa sakit, tawa tanpa kesedihan, matahari tanpa hujan, tetapi Ia menjanjikan kekuatan untuk hari itu, penghiburan atas air mata dan cahaya dalam perjalanan serta menghantarkan kita sahabat setiap kita butuh dukungan.”

    Salam hangat persahabatan dariku!🙂

    Akhirnya Aling sayang datang juga.. salam persahabatan Aling.. Dan kalimatnya aku seeetttuuuuujuuuu banget..!

  27. Na.. kesimpulannya bagus sekali. Dan aku akhir2 ini sering sekali merasakan arti hal2 kecil itu bagi orang lain. Apa mungkin selama ini aku suka terlalu cuex kali, atau keseringan cuma mikir hal2 yang lebih besar, hingga gak perhatian sama hal2 kecil gitu.. Sekarang2 ini aku mulai menikmati juga keindahan berbagi hal2 kecil gitu pada orang lain..

    Tapi ngomong2.. AWAASSS..!! Diatas kamu ada lampu Na.. minggir.. minggir.. ntar disamperin lampu lagi bisa revott… Sepertinya naksir tuh lampu TL sama kamu Na… Huahahaha

    Iya Mas.. kadang sebuah senyuman hangat atau hanya sebuah ucapan selamat pagi saja bisa merubah suasana hati dan membuat hari menjad lebih baik..

    Haaa… ketakutan lihat keatas….! cepet-cepet nyambar helmnya mas Nug yang nyantol di motor merahnya..

  28. salam kenal mbak…:) numpang minum teh anget ya bentar🙂

    Salam kenal juga.. makasih sudah berkunjung.. iya aku suguhkan teh hangat plus singkong goreng dari Kang Uzi.. enak kok.. Tu singkong ambil dari pekarangan mas Nug.. ada juga siomaynya Abi.. tinggal pilih..

  29. he he he ketauan kalo adiknya yang kasih komen ………dibalik judesnya kayak ampuuun ,mbakku memang pinter, konyol dan emang …..cakep beneran loo

    Whaaalaah ini… Masak aku dibilang judes sih..? aku ini kan kakak yang paling baik sedunia….!

  30. Mampir ne, baca2 coment para sahabat..

    Iya Kang.. comment2 nya seru.. itu kata temen2 Na juga.. (jangan-jangan lebih menarik daripada tulisannya..?) Macam2 ada.. mulai dari car jodoh sampai sakit gigi.. ada juga yang lomba banyak2an trix..hehehe

  31. Mba Na’😦 dede sakit gigi lagi nie, kayaknya gigiku mang kudu dicabut dech😦

    Hikss…hiks…hiks….coba deket mba Na pasti dah de peluk dech terus sambil ngerengek minta diobatinnya sama mba Na aja:mrgreen:

    Dee.. kalau bsa dirawat jangan dicabut giginya ya?… soalnya begitu satu dicabut ntar gigi-gigi jadi renggang dan gampang lubang lagi,,
    Sementara Mbak Na kasih Big Hug aja ya Dee… Duhh Dee.. semoga cepet sembuh ya? ntar kalo sudah gak sakit ke drg ya? kalau Mbak Na bisa ketemu doraemon bisa pinjam pintu kemana saja.. past deh mbak Na langsung kesana..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s