Ehmmm Sariawan Lagi Aaahh…..!

Aku sedang sariawan.. duhh sakit .. obatnya apa ya?
Ehmm sariawan.. dimana..? bentuknya gimana?

Whallah ya sariawan.. di lidah.. kok pakai tanya bentuknya gimana sih..?
Ya iya.. gimana aku bisa kasih tahu obatnya apa kalau gak tahu penyakit yang nyerang kamu?

Lha memang sariawan itu ada macem-macem apa?
Ya iyaalaaah… (masak ya iya dong…!)

(Mikir sejenak, ohh mungkin yang dimaksud dengan sariawan adalah seluruh Luka yang menimbulkan rasa sakit pada mukosa rongga mulut)

Apa saja sih macem-mecemnya?
Iya… yang sering itu :
1. Traumatik ulcer
2. RAS
3. Infeksi Herpes Simpleks Virus
4. Infeksi jamur candida
5. Angular cheilitis
6. geografic tongue
7. fissure tongue
8. banyak lagi…

Penyebabnya,,?
Yang sering adalah
1. trauma, kena gigit, kena sikat gigi
2. Interaksi dari beberapa faktor.. Multifaktorrial
3. Virus
4. Kekurangan Fe, B12 dan asam folat
5. Gangguan sistem pertahanan tubuh
6. Jamur
7. dll

Katanya kekurangan karena vitamin C..?
Mungkin secara gak langsung.. kekurangan vitamin c dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh kita terganggu dan vitamin c dosis memang bisa mempercepat kesembuhan

Terus obatnya apa..?
Ya tergantung diagnosanya…penyebabnya.. pathogenesisnya.. pencetusnya.. keadaan sistemiknya… whalah banyak…

Emang gak ada obat yang pasti buat seluruh kelainan itu..?
Yaa enggak ada.. kan sudah aku sebutkan tadi penyebabnya dan penyakitnya macem-macem..

Emang kalo ngobati sendiri bahaya..?

Untuk traumatik ulcer dan RAS sih bisa diobati tapi untuk penyakit-penyakit lain bisa bahaya.. malah ada obat yang kontraindikasi.. malah jadi parah ntar…..

Duhh kok ruwet ..Jadi musti ke dokter?
Ya kalau gak sembuh- sembuh atau kambuh terus atau kalau mau pasti..

Katanya ke drg? Bener nggak? Bukannya drg ngurusi gigi saja…?
Emang dokternya gigi.. kan dokternya manusia…! Dokter gigi tuh nangani semua kelainan di rongga mulut ..
Eh inget juga gak semua penyakit yang memberikan gejala rasa sakit itu bahaya.. demikian juga jika sariawan itu gak sakit jangan juga jangan dianggap remeh..kalau mau ke drg spesialis.. spnya namanya SpPM..

Jadi periksa rutin tiap 6 bulan ke dokter gigi itu perlu..?

Ya.. iyalaahh… Wis ya aku mau pulang.. ntar aku kekunci lagi diruangan ini……

Cepat-cepat aku berjalan meninggalkan dia yang maunya terus saja bertanya.. tapi ehmm kok gak aku dengar lagi langkahnya.. akupun menengok kebelakang.. lho kok tidak ada orang.. Jadi……..?

Buat para sahabat dan siapa saja yang berkunjung, untuk post kali ini, comment aku minta dalam bentuk pertanyaan ya?

26 thoughts on “Ehmmm Sariawan Lagi Aaahh…..!

  1. huhuhu komentnya dalam bentuk pertanyaan yah?
    kalo git pertanyaan pertama dan paling mendasar adalah:
    jadi siapa tadi yang nanyain itu?
    pake baju apa?
    rambutnya segimana?
    dan laki-laki apa perempuan?

    pertanyaan lainya:
    kalau sariawan itu konsultasinya ke dokter gigi yah?
    apa benar larutan penyegar itu bisa buat ngobatin sariawan?
    apa sariawan itu juuga termasuk efek dari panas dalam?
    apa bener ada yang namanya penyakit panas dalam?

    pssst…. pertanyaannya masih kurang nggak?

    Whaaalaah ini pertanyaaannya banyak banget… Pertanyaan kelompok pertama: dijawab sendiri sesuai dengan bayangan Bedh ya? bisa luna maya bisa mpok atik, suka-suka deh..Yang kelompok ke2..jwbnya :
    – Ya..
    – Tidak
    – jawabnya terkait dengan jawaban setelah ini..
    – gak ada penyakit panas dalam itu…

  2. Geliat masyarakat di perkotaan kan memungkinkan seseorang lebih cepat terkena sariawan, semisal terlalu sibuk bekerja hingga lupa olahraga, makan buah-buahan, polusi udara dll.

    Lalu langkah-langkah preventif apa yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya penyakit sariawan?

    Ehmm mungkin yang dmaksud Pak Jaffar ini adalah sariawan yang aku bahas sebelum ini…Bener Pak sariawan yang tersering disebabkan oleh gangguan emosi.. Mongga di cek pada posting dengan judul yang ada kata sariawannya..
    tetang pertanyaannya ..langkah preventif.. mungkin dengan cara menghidari pemicunya..seperti menghindari stress..makan makanan bergizi dan cukup istirahat..jika dicurigai ada alergi.. maka juga harus menghidari bahan yang daat menyebabkan alergi…

  3. *peluk dulu mba Na-nya dede*

    Baru dech nanya, xixiixix….(soale kangen mba)

    pertanyaan pertama:
    “Mba na dokter gigi kan??”
    pertanyaan kedua:
    “katanya ga ada panas dalam, tapi koq sape ada iklat obatnya di tipi mba??”
    pertanyaan ketiga:
    “klo diarea rongga mulut kita ada yang infekasi itu bahaya ya mba..?? (kaya sakit giginya de itu lho ^.^)
    pertanyaan keempat:
    “mba Na kangen ga sama de seminggu ini…???” Xixiiixiii…pertanyaan MAKSA.COM

    Peluk Dee-nya Mbak dulu..
    Jawab
    1. Iya kayaknya..
    2. Ya itulah Indonesia..
    3. Bisa bahaya Dee, bisa tidak.. tergantung pertahanan tubuh..
    4.. Kangeeeennn banget sama Dee.. walaupun masih bingung Dee yang mana diantara dua adik cantik disitu..

  4. Oh postingan kali ini bentuknya sesi wawancara yah?
    (*itu udah nanya loh mbak..hehehe, met weekend mbak..)

    Iya sesi tanya jawab imajiner saja.. ( met week end juga mas Duddy..!)

  5. blue mau tanya.
    acara kemanakah nanti malam tuk menikmati akhir pekannya…….hehehe
    salam hangat selalu

    Lho ini Blue sahabatku..? Bukan ahh! tapi tetep jawab aja, akhir pekan ini Na habiskan tuk bercanda ria dengan sahabat semua..
    salam hangat juga..

  6. berarti kalo kerjaan kita berpeluang bikin stres kita juga berpeluang kena sariawan lebih besar, ya?

    Ya begitulah.. khusus RAS memang pemicunya banyak karena stress

  7. waduh kalu aku sariawan bisa2 langi dan bumi menertawai aku coz aku kan orangnya lucu๐Ÿ˜€ ckikikiki….SALAM PERSALU(persahabatan selalu)

    Whaaa.. DYon emang lucuuu… salam persalu (persahabatan lucu..hihihihi)

  8. apakah mbake kangen sama kenuzi50…??? (wualah,… ngak apa-apa kan, yang penting bentuk pertanyaan… ha..ha… :D)

    Iya.. karena kenuzi50 jarang di update.. yang empunya lagi sibuk kayaknya ya?

  9. mbak,.. (iki serius neh..), istriku sering ngeluh karena masalah gigi… bisa karena sariawan atau emang giginya yang sakit…. pertanyaannya “apa yang harus dilakukan supaya tidak ada masalah pada area mulut kita?” (untuk mencegahnya,… aja…)

    1. jaga kesehatan rongga mulut.. 2. jaga kesehatan umum… 3. rutin priksa ke drg.. (Whalaaah di respons sama Abi ini pasti.. “promosi..promosii..!”)

  10. pertanyaan terakhir… gravatarnya bernuansa merah abis, apakah sekarang mbake jadi caleg PMB..??? ha…ha…ha…๐Ÿ˜€

    Bosen dgn warna kalem..jadi skrg merah habis.. ehmm caleg PMB.. caleg apaan sih Kang? (ganti tanya)

  11. Trus…
    Bukankah itu bisa menyebabkan pembunuhan karakter ?

    Duuhh Abi.. nggak lah.. siomay itu benda mati.. trus sariawan juga nama penyakit.. jadi siapa yang dibunuh dengan kait..? (kaitnya kapten Hook..whaalaaah..!)

  12. Kalau daganganku enggak laku, siapa yang mau tanggung jawab?๐Ÿ˜ฆ

    Bukan aku pokoknya.. aku nggak ikut-ikut..!
    *cepet-cepet lari.. ngumpet dibalik pohon mangga..

  13. mencari nama saya di blogroll … gak ada๐Ÿ˜ฆ

    Duh.. Mbak itu aku tulis dengan panggilan kesayangannya Mbak..dibawahnya Abi..(dasar sok akrab ya)

  14. ha…ha…. makanya bi, tuh grobak kasih tulisan… SIOMAY ASLI TIDAK MENGAKIBATKAN SARIAWAN…..๐Ÿ˜€

    Jangan ah Bi mending dikasih fotonya MbakE saja (dasar narsis)๐Ÿ˜€

  15. muachhh…muach…muach…*kecup2 pipi mba na*:mrgreen:

    Denya juga kangen mba, masih binggung de yang mana yaa..???? xixiixix….(klo mau tau,mas nug tue yang bener mba so coba dech tanya dia :))

    de mampir kesini mau up date sakit gigi de yang kemaren itu lho mba, kemaren hari jumat denya dah ke dokter gigi mba na (setelah disetet2 sama Aaqu)didokter yang biasa ngurusin gigi de itu de cuma diceramahin abis2an karena kenapa pas udah bengkak baru dateng๐Ÿ˜ฆ dan disana gigi de cuma dibersihin aja sama tambelannya dibolongin dikit untuk dikasih obat gitu mba (ternyata memang gigi de yang aga otek mba,klo tambelannya masih bagus) dan de juga dikasih obat untuk diminum asam metenamat sama amoxilin 500 dech klo ga salah, nach klo dah obatnya habis de disuruh dateng lagi mba. Karena dipostingan kali ini commentnya kudu dengan pertanyaan, de mau tanya: “gigi de klo dah ga sakit obatnya harus dihabiskan juga ga mba?? apa langsung ke dokter lagi aja?? (secara de males minum obat mba :mrgreen:)” terus “sebaiknya diperbaikin tambalannya dengan perawatan apa dicabut aja (gigi geraham) mba Na…?”

    Makasih ya dear, ga tau kenapa de selalu kangen klo ga liat blognya Mba Na-nya dede *kedip2 ganjen MODE ON*

    with LOVE,

    Dee ^.^

    Dee.. Obatnya yang antibiotik- Amoxilin harus diminum samapi habis ya? Asam mefenamatnya boleh berhenti. Hihihi … Mba Na sdri susah kalo disuruh minum obat..:-)
    Gigi sedapat mungkin jangan dicabut Dee.. Bisa dirawat.. Ntar nyesel lho kalo gak ada gigi gerahamnya.. Biasanya satu dicabut yang lain jadi miring.. yang atasnya jadi apa ya istilah awamnya.. gerak kebawah deh.. trus gampang lubang..

    Dee.. Mbak Na juga kangen sama Dee.. Big Hug …!:D

  16. slamulaikum..
    nanya nih mbak dokter, sy kemarin baru nyadar, ada benjolan kecil gitu di pinggir kiri lidah saya, mirip2 bisul coz bntuknya bulet trus warnanya agak kuning.. itu sariawan bukan ci? ga perih, tp kalo makan ya rada ngeganggu.. kira2 itu apa ya dok? mohon pencerahannya..
    terima kasih.

    Sorry ya baru jawab, karena mbak baru tahu ada comment Ikka ini..Ehm.. itu kayaknya hanya variasi normal dari mukosa lidah yang berpapil-papil.. Papil disitu bisa membesar bila kena iritasi terus-menerus. Coba Ikka lihat ada nggak gigi tajem apa tumpatan gitu.. ntar kalo iritasinya ilang bisa ilang sendiri deh..

  17. 1. Komennya harus pertanyaan yaa..?
    2. Kenapa sih mesti berbentuk pertayaan?
    3. Apa sariawan ada hubungannya dengan stress..?
    4. Kenapa aku kalo sedang berada ditingkat stress (kerjaan, ujian atau lain2) suka sariawan?
    5. Sebenarnya apa bener mereka saudara (sari dan wawan itu) sampai2 nama mereka digandengkan gitu ?
    6. Apa mau kutambahkan pertanyaan maksa lainnya gak Na..????:mrgreen:

    1. Iya Mas..
    2. karena Na lagi kumat cerewetnya hihihihi
    3. Baca postku tentang sariawan yang dulu deh mas..
    4. Jawabannya idem no 3 ya mas..
    5. yang aku tahu si sari dan wawan sudah menikah… hehehe..
    6. Boleh kok Mas..๐Ÿ˜€

  18. Dok,klu disebabkan karena virus herpes obatnya apa ya?
    Sya ada herpes d dkt dubur..kok skrg kayak ga enak gitu d lidah..dan stelah sya lihat kayak ada bentil” gitu.. Kira” d kasih obat apa ya dok? Saat ini sy minum acyclovir 400mg 5x sehari slama 7 hari…dan salep acyclovir untuk luka d dubur..

    herpes ya acyclovir itu trus bintil2 itu jika krn herpes cepet pecah jadi sariawan..

  19. hi mbak , mau tanya ?
    sudut mulut saya sakit seperti cheilitis , entah memang terkena cheilitis atau bukan karna saya belum ke dokter.
    pertanyaan saya
    1. apa obat cheilitis?
    2. bahaya g cheilitis itu?
    3. apa sama dengan herpes?

    terimakasih banyak mbak salam kenal

    sakit pada sudut mulut penyebabnya banyak, jadi harus dicari deh.. gak bahaya sepanjang tidak berubah menjadi sangat luas dan berkerak. kalo herpes ada rasa panas dan gatal sebelum luka kluar dan lukanya didahului oleh bintil2 berisi cairan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s