Perjalanan Demam Dengue dan mitos tentang Jus Jambu Biji..

jambubiji

Halo.. setelah lumayan absen agak lama aku muncul lagi nie.. Menulis tentang demam dengue yang terkenal dengan demam berdarah dan posting ini tidak terkait dengan absenku, jadi bukan karena aku habis kena DB, melainkan karena belakangan DB mulai kembali mewabah..

Demam dengue, mungkin semua sahabat juga sudah tahu bahwa penyakit ini disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti. Virus ini berisi benang tunggal RNA (single stranded ribonucleic acid genome (ssRNA),) dan dikelilingi oleh semacam capsul (nucleocaspid) berdiameter 30 nm. Nucleocaspid ini tertutup selubung lemak (dengan istilah lipid envelope) dengan tebal 10 nm.

Aku juga barusan ngerti kalau perjalanan infeksi ini ternyata juga lumayan panjang. Dari perjalanannya, infeksi dapat dibedakan menjadi 2 macam:

infeksi primer yang terjadi pada orang-orang yang belum pernah terkena dan infeksi sekunder yang terjadi pada orang-orang yang sebelumnya pernah terkena. Infeski primer dapat tidak disadari oleh penderita dan mungkin hanya muncul seperti gejala flu biasa. Setelah infeksi primer ini tubuh akan membentuk antibody terhadap virus itu. Celakanya antibodi ini tidak melindungi malah menimbulkan kerusakan bila terdapat infeksi berikutnya.

Infeksi sekunder yaitu infeksi yang terjadi setelah infeksi primer. Seperti telah aku sebut diatas bahwa setelah infeksi primer maka dalam tubuh kita terdapat antibodi terhadap virus tersebut. Antibodi ini akan mengikat virus yang masuk. Ikatan ini tidak menyebabkan virus ini hancur tapi malah memicu system pembekuan darah, dan terjadilah bekuan darah didalam pembuluh darah diseluruh tubuh yang dikenal dengan DIC (disseminated intravascular coagulation). Terjadinya pembekuan darah ini menyebabkan trombosit habis terpakai padahal trombosit ini sangat berperan dalam mencegah terjadinya perdarahan baik bila ada pembuluh darah rusak maupun perdarahan dari pembuluh darah yang utuh. Nah karena trombosit habis terpakai terjadilah perdarahan-perdarahan dan bila terjadi itu yang secara klinis disebut Demam Berdarah Dengue.. Selain itu perdarahan-perdarahan juga disebabkan oleh disfungsi dari trombosit dan adanya kerusakan pada pembuluh-pembuluh darah mikro.

Kalau masalah pencegahan aku kira semua sahabat juga sudah tahu, demikian juga masalah pengobatannya namun aku mencoba untuk mengulas akan anggapan yang kurang tepat mengenai jambu biji yang dikatakan bisa menjadi obat dari demam berdarah.

Aku baca disini dengan jelas mengatakan bahwa anjuran memakan buah jambu biji sebagai obat demam berdarah sangat menyesatkan masyarakat, karena obat untuk demam berdarah belum ada. Jambu biji ini khasiatnya belum pernah dibuktikan secara medik, meskipun ada laporan bahwa jambu biji dapat mengembalikan cairan intravena. Selain itu aku pernah membaca bahwa jus ini banyak sekali mengandung vitamin C, sehingga daapt membantu daya tahan tubuh perderita.Yang patut diingat juga adalah bila sampai jus ini diberikan pada orang dengan yang punya sakit magh maka karena sifat asamnya akan dapat memicu luka pada lambung.

Dari hal tersebut kayaknya kita tidak bisa langsung saja memberikan jus jambu pada penderita dan mempercayai itu dapat menyembuhkan, sebelum terbukti secara medis. Ya gak pa-pa sih kita kasih penderita jus itu bila memang dokter memperbolehkan, toh jus itu emang segeerr dan enaaaak tapi ehmm akan lebih segeeer dan enaaaakk bila diminum saat kita sehat kan.. Jadi jaga kesehatan, jaga kebersihan dan mungkin lotion antinyamuk diperlukan juga bila kita pergi dari rumah.. (Tapi ehmmm aku sendiri kalau suruh ganti body lotion dengan lotion anti nyamuk ….???? Mau nggak ya?..

22 thoughts on “Perjalanan Demam Dengue dan mitos tentang Jus Jambu Biji..

  1. aku pernah kena DB dan gak enak banget, tiap hari aku mesti di cek darahnya dan tiap hari aku mesti kena jarum suntuk…I Hate it๐Ÿ˜ฆ aku kan paling takut sama jarum suntik mbak…sampe2 pernah susternya aku bentak gara2 gak bener ngambil darahku…masak dia gak bisa dapet nadiku…huhuhu jadinya aku berulang2 kali ditusuk jarum suntik itu dalam satu waktu.

    Kapok mbak…setelah membaca ini tambah kapok lagi, gara2 aku selama dirumah sakit di suguhin jus jambu setiap hari sama orang rumah…sampe eneq๐Ÿ˜ฆ

    Waktu SD aku pernah harus diambil darah, aku sampai nangis, cuma satu masalahnya, aku disuruh tutup mata…. jadi saat aku katakan pada susternya kalau aku mau lihat.. susternya senyum-senyum aja.. Ihh dasar aneh ya?๐Ÿ˜€

  2. aku pernah kuliah di biologi, waktu itu meneliti tentang kandungan mangga (bukan jambu). ternyata mangga itu kalau di bikin jus bisa menghilangkan haus… coba deh mbak e rasakan segernya…. kalau magganya asem, pake gulanya 10 kilo juga cukup…. hi…hi…hi….

    Kalau mangganya keras gak bisa mateng kayak mangganya Na? gimana caranya bisa dibuat Jus..

  3. kalau jus pisang seperti gambar blog mbak e, itu bisa menghilangkan rasa lapar, dengan catatan makannya sehabis makan somay abi 2 piring…(ini juga patut di coba…)

    Abi katanya sduah gak jualan siomay Kang.. Ganti empek-empek palembang.. eh enak gak empek2 dibat jus..?๐Ÿ™‚

  4. Tttaaaaaarraaa…..!!! *Peluk Mba Na-nya dede* I Miss u Sist, Yes I DO ^.^

    Emm…lagi cibuk yaa mba?? dah lama nie kita ga cuap2 lagi, tapi sekarang yang penting acara temu kangen dulu sambil minum2 juice jambu merah yang mba na sedia’in buat denya, ya khan…?? *Narsis.COM*:mrgreen:

  5. Taaaaarrraaa…!!! *Peluk2 Mba Na-nya de2* Miss U dear, Yes I Do ^.^

    Duch lama bener nie ga mengorbit:mrgreen: sibuk kah…?? But it’s ok, yang penting acara temu kangen dolo nie sama mbaqu yang satu ini๐Ÿ˜€

    Wooowwww…ada jus jambu juga ternyata, makasi ya mba na :)sebelum diabisin nie sama bang kenuzi mendingan de minum duluan achh,Ssrrruuupppppp…emm..segernya PLONG..!! soale gratis๐Ÿ˜‰

    Cipika-cipiki Dee-Deenya Mbak Na….! Miss You to dear sist..!
    Iya nie gara2 laptop ngadat.. mbak Na nggak bisa update post lagi…

    Khusus buat Dee-dee. mbak Na buatin yang special dua gelas penuh dan dibuat dengan sayang ..:D

  6. Akhirnya…
    Sudah sadar ya mbak dari lampu Tl… Ups sorri salah, pintu koboi, he..he..he What ever deh.. yang penting senang sekali bisa main dibawah pohon mangga mbake…

    Akhirnya Abi datang juga..:D Yuukk Bi gabung sama Ria, Dee, Kang Uzi dan nunggu para sahabat lain barang kali mau mampir…

  7. Make, aku bawain Pisang empe, sama jalang cotek nih. Di plastik warna item ada empek-empek dan tekwan dari palembang….

    Tarus di kursi situ ya Bi.. Eh.. jangan dideketnya Kang Uzi.. tu orang lagi seneng blender.. semua didlender dibuat jus.. tu sekarang Kang Uzi lagi nyoba Jus singkong goreng..:D

  8. Serius nih….
    Alhamdulliah mbak, aku belum pernah kena yang namanya deman berdarah, dan jangan sampe..

    @Ria..
    Sepertinya bukan susternya yang salah deh Ria, tapi kamunya deh yang rada-rada gemuk๐Ÿ˜›
    Peace jeung… jangan timpukin pake durian, kalau jeruk mandari boleh lah…

    Mbake juga belum pernah Bi.. Semoga tidak kena..
    .. Ihhh Abi sendiri gak gendut tapi ngaku gendut..:P

  9. kemane aje na. kalau angkak gimana? aku pernah kena dbd -hampir lewat na, untung inget anak2-, sesudah minum angkak baru bisa ngangkat angka trombosit. jus jambu, jus korma ngga bisa ngangkat.
    slrpppp banana smoothie, kita paling suka strawberry smoothie

    Angkak itu apa ya Ami.. aku gak tahu.. secara fisiologis sih kalau masa kritis terlampaui emang trombo bisa naik sendiri..
    Oh Ya Ami.. emang semangat dan kemauan itu sangat berperan dalam ketahanan tubuh kita, semoga gak kena lagi..
    Strawberry smoothie..? patut dicoba.. ehmm seger bayangkannya..!

  10. aku pernah tuh DB tapi untung ngga parah. cuman seminggu di RS heheheh.
    aku pernah denger juga sih soal jus jambu tapi belum pernah coba

    EM

    Iya Mell DB sepenuhnya tergantung pertahanan tubuh kita melawan virus. tapi seminggu ya..๐Ÿ™‚ aku 4 hari aja kemaren gara-gara thypus dan vertigo, kayak setahun rasanya..:(

  11. @ABI : Awas ya bi…jng ngajak perang disini…:P
    @Mbak Na : Tuh mbak na…abi jelek, dia suka banget kayak gitu…huhuhuh iliran aku minta bawain dia gak mau…ini dengan senggaja dia nawarin sama mbak na…cubit aja mbak dia๐Ÿ˜ฆ

    Ria.. sabar Ria.. Abi memang nakal.. mau mbak Na cubit aja.. ehmm tapi ehmmm Ria… Abi tuh suka ngadu sama mas Nug… ya kita ngadu duluan aja yuuk… Mas Nug.. Abi nakal..!

  12. Spertinya msti ada tindakan keras dr Pemerintah, paling tdk harus membuat uu yg mlarang nyamuk aedes aegypti mlakukan serangan tanpa izin trtulis dari phk trkait, hehehe..

    Iya Kang.. buatkan UU atau perpu sekalian ya? atau KUHP ya?.. ih dasar Na bukum.. buta hukum…!

  13. Di kebun kami ada pohon jambu kelutuk merah,
    buahnya banyak, tapi kalau nggak dibungkus plastik, habis membusuk diserbu lalat buah….

    Ehmm itu lalat buah nakal juga ya?.. Ya kalo ditanam diteras Na, habisnya diserbu manusia hahaha

  14. mbak e, aku gak bawa singkong goreng. tapi bawa sekeranjang kangen yang tak taruh di teras mbak e….

    Makasih Kang Uzi atas oleh-olehnya.. semoga setelah ini Na bisa aktif lagi menyapa..

  15. abi tuh, kalau berkunjung ke tempat mbak e selalu bawa buah tangan…. kalau ke tempatku pasti nagih hutang somay…. teganya dirimu bi….. hik…hik….๐Ÿ˜ฆ

    Nggak kok Kang Abi bawa oleh-oleh juga buat kita semua yang lagi ngumpul dibawah pohon mangga ini…

  16. Kalo jambu biji diambil hanya untuk ketahanan tubuh (banyak vit. C-nya), knp gak sekalian jeruk aja yah?

    Btw, lotion anti nyamuk sebenernya bagus loh buat mencegah gigitan nyamuk.. tapi ya tergantung sama kulit si pemakai, cocok atau ngga?

    Nggak tahu A’ jeruk apa jambu biji yang lebih baik.. tentang lotion nyamuk, eh kayaknya banyak juga yang bagus, bahkan produk2 untuk bayi juga mengeluarkan, jonhson dan Zwitsal mungkin lebih soft ut kulit…

  17. Dulu aku punya pohon jambu biji depan rumahku
    Aku juga suka jus jambu
    seneng juga minum marimas jambu

    Jus jambu memang enak ya Bud.. yang instan juga enak, cuma kalo instan mbak Na suka alergi dengan pemanisnya…

  18. mau tau dong manfaat dari jambu merah?
    katanya bisa mennyembuhkan bagi penderita DBD
    tolong dijelaskan yah?
    Trima kasih…

    jambu merah kayaknya ya sama dengan jambu biji.. kandungan vitamin Cnya tinggi sekali.. jauh lebih tinggi dari jeruk. tapi untuk terapi DBD ya seperti yang sudah aku jelaskan diatas mas Tanks..๐Ÿ˜€

Tinggalkan Balasan

