“Wajahmu bagai rembulan….”

Wow… tentu bersinar terang tapi tetap sejuk…
Tapi Moon Face.. Whalaah..!
Dan aku.. 2 kali sudah moon face..Wajahku jadi bundar..bulet.. kayak lingkaran..
Yang pertama, aku habis operasi besar dan di gelontor sama obat-obatan segepok…
Yang kedua.. baru bulan lalu.. gara-gara.. OBAT HERBAL… Gubraaaak..! (Nhana -eh gini sebenarnya tulisannya- bego amat lu jadi orang, sdh dipanggil dok tapi kok bisa gitu lho?)
Ya begitulah yang terjadi.. setelah menjalani suatu terapi di sebuah RS, aku ditawari obat herbal, katanya biar nafsu makannya naik, biar agak gemuk dikit .. (Duh.. aku ni langsing, bukan kurus gitu Pak..:D) aku lihat bentuknya kapsul dan semua tulisannya dalam huruf cina yang kluwer2 gitu. Cuma ada tulisannya : STIMULATING APPETITE. GAINING WEIGHT. Kemasannya representative. Ya.. aku beli aja..

Aku minum sesuai aturan 2 kapsul sebelum tidur malam.. Esok paginya.. bangun tidur.. duh seger banget.. pusing kepala hilang. Nafsu makanpun meningkat.. aku gak curiga apa-apa karena karena aku juga habis terapi. Jadi ini mungkin sinergi 2 terapi itu. Demikianlah aku minum 1,2,3 sampai hari ke 6. ada yang bilang, “Mbak, tambah gemuk ya?”. Eh baru naik 1,5 kg kok ada yang tahu sih..? biasanya naik 5 kg baru significant, pikirku.. Tapi esoknya.. ada yang bilang.. “ Mbak, mukanya seger banget sih? Tambah gemuk? Whalah aku ngaca.. kayaknya nggak ya? Tapi ehmm bener juga.. . Aku mulai curiga…. Sampai rumah aku amati rongga mulutku (karena rongga mulut itu merupakan cermin dari sistem imun secara keseluruhan..) Dan… semua tanda penurunan sistem imun ada disana.. Duuuhhhh….*Steroid.. ya Steroid…Dosis seberapa yang aku minum..? Duh duh..duh..

Tentu saja aku langsung berhenti.. aku tahu pasti ada withdrawl efek.. tapi aku gak peduli. Aku gak mau minum racun itu lagi.. Pagi, badanku bener-bener terasa hancur (whaalaah jangan bombastis opo-o Nha?!), sakit semua dan gak doyan makan.. Tapi.. aku tetap bertahan… (ih kok kayak syair lagu apa gitu ya?). Setelah seminggu aku baru terbebas dari efek itu..

Nah inilah lagi-lagi Indonesia tercinta ini. Begitu banyak obat-obatan yang bisa dijual bebas. Dari situ maka timbul akal-akalan dicampur pada obat-obat tradisional dari jamu serbuk sampai jamu cair. Aku juga pernah menjumpai tukang pijet yang pasiennya setelah dipijet diberi obat yang ternyata *dexamethasone 75 gr sebanyak 90 tablet dengan anjuran minum sehari 3 kali 2 tablet.. Bener-bener gila..(upps.. gak boleh kasar gitu dong Nha!.. Sorry-sorry!)
*Steroid: obat yang harusnya diberikan dengan resep dokter yang punya efek samping menekan sistem imun
** Dexamethasone : golongan steroid yang sangat kuat.

17 thoughts on ““Wajahmu bagai rembulan….”

  1. ati2 mbak…itu seh bukan gemuk,tapi udem…..hehehehhehhe…steroid soalnya.Ada yg lebih heboh mbak suntik placenta ama vit c dosis tinggi lo skr!!tapi bukan dokter yg ngerjain…hiiii…seremmm….ga malah jd singset dan berkulit putih malah bisa gagal ginjal.belom lagi krem2 pemutih yg dijual bebas…hiiiii….mengurangi melanin…bisa2 kena kanker kulit.Jaman skr apa2 bisa jd duit emang!!aku juga ga bisa gemuk…nyantai waeee……enak kalo beli baju ga susah nyari ukuran!!!ups….confession of a shopaholic e wes lali nek nang mallll…wekekekekekkkk….. ^_^

    Iya deh.. Ehm iya itu banyak suntik-suntik itu. muahaaal pisan.. duh aku facial aja seumur hidup masih bisa diitung dengan jari tangan Tya.. Aku ni gak pengen gemuk kok, cuma itu aja terapistnya, katanya biar seger, katanya aku terlalu kurus dan gak sehat.. padahal aku kan gak kurus tapi langsing:mrgreen: (maksa banget ya?) Lhaaa.. itu shopaholic-nya lali kalo sdh confession ya..? (jadi tetep shopaholic.. gak pa2 aku bersedia nampung hasilnya kok.. :D)

  2. Mosok sih Dokter sampe kapusan begitu? Gmna masyarakat awam ?😦 tapi ini pengalaman berharga Dok

    Ya itu Mas.. Obat tradisional, obat herbal banyak yang disisipi obat-obat kimia dengan dosis yang sangat tinggi dengan tujuan memberi efek instan tanpa peduli bagaimana pengaruhnya pada konsumen.. Aku sebenernya beli juga bukan karena butuh tapi whaaalaaah..

  3. wah supplemen apa tuh namanya?
    apakah produknya MLM atawa apa?
    perlu dipublikasikan tuh di sini🙂

    Bukan MLM kok, gak enak kalo di publish disini.. soalnya ini kan blog senang-senang..:D Ehm pokoknya ati-ati saja.. jika suplemen atau obat herbal atau jamu.. -apa saja sih istilahnya- memberi efek instan.. WASPADA..

  4. he..he…
    sambil bayangin wajah mbake yang seperti itu…
    hik..hik…hik..hik..

    Pasti deh..😦..Orang satu ini pasti seneng kalo aku gubraaak.. Awaaas ya..!

  5. Oohh.. begitu ya mbak ..
    wah kudu lebih ati-ati lagi sekarang yaa
    biar herbal.. perlua dicek juga validitasnya ..

    bener deh Mas.. ati-ati.. kalo pengen minum jamu atau herbal lebih baik yang langsung dari alam aja.. Itu juga ati-ati meski dari alam juga ada batas dosis dan ada efek samping juga..:)

  6. Aduh bu dokter….
    Bu dokter saja yg mengerti masih bisa salah, apalagi orang awam ya…,😉
    Miris kita melihat keadaan ini.
    Hati-hati dengan produk herbal yang disisipi obat2 spt itu, saya banyak menjumpai obat herbal cina, anti perdarahan yg justru bikin perdarahan nggak bisa berhenti sepanjang operasi. Baru bisa berhenti setelah diganti darah segar.
    Salam,

    Cindy Nugroho

    Iya mbak bener (sambil malu nyeimbunyiin muka). Aku pernah lihat tayangan TV juga.. duh.. jamu-jamu baik yang bubuk maupun yang cair sering dicampur-campur seperti itu..Ya apalagi yang diceritakan mbak Cindy itu.. malah bikin repot bukan hanya pasien tapi juga dokternya.. Matur nuwun kunjungannya mbak..salam juga..

  7. na na, apa hubungannya steroid sama muka jadi bengkak?? *jangan diketawain ya, maklum awam obat2an nih*

    Gak diketawain kok Ami.. Steroid itu punya efek sampig moon face itu..jadi mukaku kayak rembulan deh..:)

  8. aduh mbak na…kok serem gitu yak??? walah nanti kalau kedokter juga harus hati2 dunk?

    gimana dengan orang yang buta kesehatan mbak?

    Intinya obat adalah racun Ria, kalo dokter tentu gak akan sembarangan begitu..jika dapat resep tanyakan saja sama dokternya ini untuk apa.. yang perlu dihindari mungkin penggunaan obat-obat yang gak tahu juntrungannya seperti pengalaman mbak itu…

  9. *Monyong2*
    apa hubungannya obat2 dengan muka mirip bulan mba???? dede ga ngerti ini, apa karena dede yang tulalit aza kali yaa…. *Cengar-cengir MODE ON*

    Eh.. iya..iya gak pa2.. dasar mbak Na aja Dee yang kurang informatif.. Gini Dee efek samping steroid itu yang menonjol ya moon face itu. jadi kalo kita minum obat trus moon face dapat dipastikan isi obat itu steroid..🙂

  10. dalam bahasa puisi “wajah bagai rembulan” kan artinya cantik mbak e…. jadi maksudnya gara-gara tuh obat mbak e jadi tambah cantik yah ?…. hi…hi….hi…. ampun loh mbak e…. baru muncul sudah ngajak rusuh… ha…ha…..

    hahahaha.. orang yang lihat sih bilang gitu.. tambah seger.. tapi badan bisa-bisa habis Kang karena sistem pertahanan tubuh jadi drop..

  11. sekarang kalau lagi kangen sama mbak e, lihat bulan aja ah……………..

    Kalo kangen ma Kang Uzi trus aku lihat apa….? aku sampai bolak-balik ke tempatnya sepi terus…duh duh..duh..

  12. yok. nyanyi bareng-bareng…. “engkau laksana bulan,… tinggi di atas kayangan…….”

    Urusan nyanyi menyanyi aku kayaknya lebih baik jadi pendengar Kang.. itu mas Nug sampai keselek biji kedondong gara-gara denger aku nyanyi.. Wakakakakak…

  13. permisi😀 salam kenal mba.
    aku jg pengkonsumsi obt steroid nih 😀 tapi bukan dengan alasan buas menggemukkan badan.. hehe. moonface itu bisa ilang ya mbak? aku takut nih, malu soalnya sama muka buletku.

    Salam kenal balik… Amanda,.. moondace itu bisa ilang kok tapi jika steroidnya juga dihentikan…

  14. Mbak, aq setahun konsumsi steroid n lgs berhenti
    Tpi malah moon face mendadak n ada striae/scar d abdomen
    Udah 2 tahun gag ilang juga moon facenya. Saya harus gimana ya mbak y?

    Mestinya moonfacenya segera ilang setelah obat dihentikan karena hanya penumpukan air aja, coba mbak nanti tanyakan dan cari info lebih jauh mengenai kasusmu ini ya? kalo strie itu emang efek menetapnya karena rusaknya kolagen kulit.

Tinggalkan Balasan

