Me and My HNP..

Ehmm Siapa sih temen aku yang aku ingin perkenalkan kali ini..?

HNP : Hernia nervous pulposus adalah kelainan yang disebabkan bantalan antar tulang belakang, dimana sebagian dari bantalan tersebut keluar dari tempatnya. Bantalan yang keluar tersebut selain menyebabkan rasa sakit, juga menjepit syaraf-syaraf yang keluar diantara tulang belakang tersebut. Gejalanya akan muncul pada daerah yang dipersyarafi oleh syaraf yang terkena tersebut.. HNPku terletak pada antara tulang lumbal 4 dan 5 dan selain rasa sakit disitu juga ada pada kakiku. Aku sendiri tidak menyadari kelainan itu sampai 2 tahun lalu, saat kakiku semakin lemah dan mengalami kelumpuhan…

hnp

Kenapa? Banyak faktor mungkin temen-temen bisa cari sendiri lewat google. Yang jelas aku pernah jatuh terduduk di ekskalator dan  terbanting-banting sampai 5 anak tangga. Semua gara-gara sikap overprotective, panic saat anakku yang naik duluan dan ternyata dia tidak apa-apa.

Nah jika itu penyakit, kenapa justru aku mengatakan itu temen aku? Kenapa juga aku menulis judul dengan “ me and my HNP” dan tidak “Me versus HNP”.
HNP seperti penyakit-penyakit kronis yang sulit (tidak bisa) disembuhkan bukan untuk dilawan. Bila kita merasa harus melawan itu, kita akan merasa lelah dan putus asa. All the need is How to live with that.. Not how to fight that..

How to live with that? Apa sama dengan putus asa? Sama sekali sangat berbeda, bertolak belakang malah. Karena yang ditanam adalah perasaan bahwa kita bisa hidup, menjalankan fungsi kita, menjadi berarti dengan keterbatasan yang kita miliki.

Hal yang mungkin menganggu perasaan saya adalah ketika orang menjadi repot karena keterbatasan saya ini. Ketika saya harus beristirahat sejenak, duduk dianak tangga karena kaki saya yang tiba-tiba kram, dan semua orang sekeliling ingin mengulurkan tangan menolong saya, saat-saat seperti itulah saya dulu sedih. Sekarang saya sudah bisa tersenyum pada mereka, dan mengatakan saya baik-baik saja. Saya hanya butuh istirahat sejenak.
Tanggapan yang negatif ..? ehm Pasti ada, demikian juga pada saya. Saya pikir saya tidak perlu membuat semua orang menyukai dan menerima saya. Yang penting saya sudah berusaha semampu saya untuk bisa menjalankan tugas saya sebaik-baiknya.

HNP ini juga mengajarkan banyak hal pada saya. Pertama adalah bersyukur, selama ini tak pernah saya sadari bahwa saya sebelumnya dikaruniai stamina yang baik. Yang kedua adalah betapa lemah dan rapuh kita ini. Betapa kekuatan akal manusia itu sangat terbatas. Perjalanan-perjalanan melawan HNP itu mengajari saya tentang itu. Yang ketiga untuk menjadi lebih berarti. Jangan sampai keterbatasan itu menghentikan langkah kita. Kita bisa hidup dengan keterbatasan itu. Kita bisa terus berkarya. Kita tetap bisa berarti dan mewarnai lingkungan sekitar kita. Selain itu banyak juga hal-hal lain yang nggak mungkin untuk aku tuang disini.

Keajaiban? Mengutip kata bpk Mario Teguh ada 2 sikap untuk menyikapinya yaitu menganggap keajaiban itu tidak pernah ada kecuali bila kita mengupayakannya atau menganggap hidup ini penuh dengan keajaiban.. Aku memilih yang kedua, hidupku sudah penuh dengan keajaiban dan aku tidak perlu menunggu keajaiban-kejaiban itu datang karena dia sudah ada padaku..

Gambar aku ambil dari http://aryamehragainstpain.multiply.com/journal

34 thoughts on “Me and My HNP..

  1. Bisa bersahabat dengan keterbatasan, prosesnya pasti panjang dan melelahkan ya mba? Kemudian menganggap hidup ini penuh keajaiban? Sepertinya ini jawaban atas pertanyaan yang akhir2 ini muncul dalam hari-hariku.

    Yah begitulah Bud, saat pertama kali aku kena, duh rasanya seperti dipenjara, tapi sekarang aku bisa bilang alhamdulillah aku diberi HNP… Disitulah aku baru menyadari bahwa kehidupanku ini penuh dengan keajaiban..

  2. Akh, Na.. suatu pendekatan yang baik sekali sahabatku.. Berkawan dengannya dan menikmati berbagai sisi kehidupan positif lain sebagai hasil perkawanan itu.

    Hm.. aku juga setuju atas satu hal (yg gak terlalu diungkapkan disini), bahwa Allah gak akan menguji umatnya melebihi kemampuannya. Kalaupun ini dilihat dari sisi lain merupakan ujian, Allah pun telah memilih orang yang kuat untuk menjalani ujian itu. And, I know you are strong, Na.. and you could manage it.

    Keep moving forward and smile..🙂

    Iya Mas, seperti jawabanku di comment punya Budi, Na juga menjalani perjalanan proses mencari makna dari apa yang terjadi.
    Tentang kebenaran bahwa Allah tidak akan memberi beban melebihi kekuatan kita, itulah ya Na pegang setiap Na merasa lelah. Namun Na tidak ingin menganggap HNP itu beban atau ujian, melainkan anugerah, wujud kasih sayang Allah pada Na..

  3. Seandainya kita bisa mengartikan “ujian” itu sebagai “belaian lembut” Sang Maha Kasih…alangkah damai dan indahnya hidup ini. Namun, tak semua orang sanggup melakukannya… Dan aku bersyukur, karna telah kenal dan bertemu (meski di alam maya ini) dgn seseorang yg telah sanggup jalani hidup seperti itu… Engkaulah orangnya wahai sahabatku…. Salam hangat dan damai selalu… 🙂

    Sahabatku, aku menulis juga dalam rangka untuk menambah keikhlasan dan kekuatanku.. Dengan menulis seperti mengatakan pada diri sendiri dan dengan mudah mengingatnya saat-saat aku merasa terpuruk…

  4. kerap kita menganggap bahwa sesuatu hal yg mungkin tidak kita sukai dan tdk kita inginkan sebagai bentuk tdk sayangnya Tuhan pada kita. Sebenarnya, justru Tuhan sedang menambah keimanan kita. Selalu ada makna dari segala kekurangan.

    Bener Kang, Allah pasti memberikan yang terbaik untuk kita, namun kadang kita yang tidak mengerti makna setiap kejadian yang kita anggap buruk itu.

  5. malam jeung
    pa cabar?
    salam hangat selalu

    blue ikutan comandnya maz Nug bolehkan,jeung>

    soalnya blue setuju dengan apa yg maz nug ungkapkan disini

    salam hangat selalu

    Malam juga Blue.. Walau sdkt blue feeling, Na baik-baik saja. Boleh kok idem mas Nug.. Apa yang dikatakan mas Nug memang 100% benar.. salam hangat juga…

  6. pa cabar jeung…….
    salam hangat selalu
    blue tetap main ach kerumahmu ini sembari menanti cabar darimu…..semangat ya,jeung

    Kabar baik Blue.. salam hangat juga.. terimakasih sudah mau berkunjung.. yup terus semangat..

  7. Pingin mampir mbak… Moga baik2 selalu… Salam hangat dari Hary4n4…🙂

    Oh mangga.. amien.. gimana surabaya…? Salam hangat juga..

  8. seringkali ketika kita sedang sehat wal’afiat malah kita tidak merasa keajaiban samasekali. Padahal … setuju mbak.Hidup ini penuh dengan keajaiban.. dari mulai bangun sampai tertidur kembali

    Betul sekali Mas..

  9. untuk kenaikan tingkat kita perlu ujian,… mbak e udah tingkat berpa yah…??? salut atas semangat yang selalu mbak e miliki….

    tingkat berapa gak penting kan Kang..:) yang penting gimana kita belajar dar sebuah peristiwa…

  10. semakin banyak membaca tulisan mbak e, terasa semakin dekat….. terima kasih atas sms-an nya selama ini….🙂

    Iya Kang jarak dan waktu itu kan hanya ilusi.. whaalaah…

  11. hallo mbake apa kabar ?

    Aku baik-baik saja Bi.. dirimu gimana kabarnya..? Lama ilang.. dicariin semua orang tuh..(walau sebenarnya kangen ngutang siomaynya.. wakakakakak…)

  12. Itu kang uzi ngapain ya nyariin ? jangan-jangan penegen ngutang lagi hik..hik..hik..
    Jangan bilangin ya mbake kalau selama ini aku ngumpet diatas pohon mangganya mbake…

    Yaaah.. kadung bilang Bi.. lah kamu gede segitu sembunyi di pohon ya pasti ketahuan.. Kang.. ini Abi Kang….

  13. Nah kalau yang ini aku agak serius dikit..
    aku suka kalimat terkahir mbake
    “hidupku sudah penuh dengan keajaiban dan aku tidak perlu menunggu keajaiban-kejaiban itu datang karena dia sudah ada padaku..”

    Ini menandakan bahwa mabake ini orang yang kuat dan tegar… dan aku percaya.. mbake mampu mengatasi semua itu…

    Tetap tersenyum mbake, banyak sahabat dan teman yang akan membuat dirimu tersenyum…

    Nih seperti ku aku senyum pepsodent😀
    ups maaf ada iklan sedikit ya…. maklum pulsanya dibayarin sponsor…. hik…hik..

    Amienn… semoga ya Bi.. ya deh ni lihat mbake lagi senyum :D…
    Apalagi ni sahabat mbake sudah kumpul lagi diteras mbake yang sederhana ini daitambah ada beberapa sahabat baru… I keep smilling Abiku…

  14. semoga kesabaranmu berbuah indah dan semoga keajaiban senantiasa menyapamu teman…! thanks ya.

    Terimakasih doanya.. terimakasih juga sudah berkunjung…

  15. Aku pingin mampir lagi kesini… Bagaimana kabar mbak..baik2 aja khan…semoga yaa… Salam hangat dan damai selalu…

    Aku baik-baik sahabat… kangen juga sama dirimu.. salam damai juga..

  16. Mbak Na…
    apa kabarmu? baik2 aja toh?
    ohya mengenai belajar berdampingan dengan apa yg kita miliki memang betul bgt mbak gak hanya kelebihan tetapi kekurangan kita juga…

    salam sayang
    -Ria-

    Alhamdulillah Ria aku baik-baik saja.. dan kondisi tulang belakangku akhir-akhir ini juga membaik…
    menerima diri apa adanya membuat hidup lebih mudah.

  17. Mbak Na…

    Selamat hari raya idul fitri ya…maaf lahir batin…
    kalau ria pernah ada salah maafin ya mbak😉

    gmn kondisi mbak erna? semoga udah sehat…

    love u

    -Ria-

    makasih Ria.. Love you too Sist.. gak terasa sdh hampir lebaran lagi ya?

  18. Mba Na tanya dong ibu saya juga baru tau kalau beliau terkena penyakit hnp apakah tidak ada obatnya untuk penyakit seperti itu dan bagaimana cara menghilangkan sakit di kaki jika tiba2 penyakit tersebut sedang bereaksi.
    Terima kasih

    Obat hanya menghilangkan rasa sakit sayang… tapi gak harus operasi kok.. jangan gegabah.. fisioterapi biasanya membantu, nanti disana diajari senam-senam yang bisa membantu. Trus berenang itu olah raga yang sangat baik. Vitamin-vitamin neurotropik (B1, B6 dan B12) mencegah kerusakan syaraf lebih lanjut. Trus kalo pas sakit sekali gitu selain obat-obat.. mbak Na mencoba untuk relaksasi otot-ototnya biar gak tambah sakit, counter irritant seperti balsem juga membantu.. semoga Ibu cepet sembuh..:)

  19. aku setuju sekali dulurku…jadikan dia teman..karena memang tidak bisa dilawan “lagi” …..? saya kira itu lebih baik daripada kita hanya selalu menyesalinya…tetap semangat yo dulurku…..Allah tidak pernah tidur…

    Makasih dulur lanang… makasih selalu support aku selama ini… Insyaallah semua akan dapat dilalui..

  20. Saat membaca tulisan Me and my HNP ini, aku lagi merasakan betapa sakitnya pinggang dan kaki kiri saya krn HNP, hari minggu 13 maret 2011 sore itu aku lagi menyelesaikan pekerjaanku sebagai instalatur audio mobil, tiba2 pinggang aku serasa ada yg ketarik sampai2 aku tidak bisa berdiri, aku duduk sebentar dan akhirnya bisa berdiri dan langsung menyuruh karyawanku untuk menutup toko. Dengan masih merasakan nyeri aku coba untuk menyetir mobil untuk plg. Alhamdulillah akhirnya bisa nyampai rumah.sampai dirumah aku langsung panggil tukan urut yg akhirnya tidak juga mengurangi rasa sakitnya, keesokan harinya aku mendatangi klinik terdekat dr rumah dan dikasih obat penghilang nyeri yg sebelumnya dilakukan tes darah dan urine yg hasilnya semua normal. Dr klinik tersebut aku dianjurkan untuk memeriksakan diri ke RS Fatmawati. Hari selasa 15 maret 2011 aku ke rumah sakit tersebut dengan kondisi tidak bisa berdiri bahkan duduk saja tidak bisa. Di RS tersebut dikasih resep lagi yg obatnya berupa kapsul racikan dan tablet. dari RS tersebut dianjurkan melakukan foto MRI dan EMG untuk melihat seberapa parah syaraf yg tertekan tulang. Hasil dari MRI dan EMG ternyata saya positif HNP dan dianjurkan menemui dokter bedah syaraf, malam ini aku tidak bisa tidur krn memikirkan apa yang akan di anjurkan oleh dokter syaraf yg akan aku temuai tgl 21 maret 2011 di RS Pondok indah, selain kepikiran aku juga tidak bisa tidur krn menahan rasa sakit yg amat sangat di pinggang dan kaki sebelah kiri. Semoga dr tulisanku ini ada yg berkenan memberi pengalamannya dlm pengobatan selain oprasi. sarannya bisa dikirim di sekar_pertiwi@yahoo.co.I’d trimakasih sebesar2nya atas saran dan pengalamannya

  21. Saat membaca tulisan Me and my HNP ini, aku lagi merasakan betapa sakitnya pinggang dan kaki kiri saya krn HNP, hari minggu 13 maret 2011 sore itu aku lagi menyelesaikan pekerjaanku sebagai instalatur audio mobil, tiba2 pinggang aku serasa ada yg ketarik sampai2 aku tidak bisa berdiri, aku duduk sebentar dan akhirnya bisa berdiri dan langsung menyuruh karyawanku untuk menutup toko. Dengan masih merasakan nyeri aku coba untuk menyetir mobil untuk plg. Alhamdulillah akhirnya bisa nyampai rumah.sampai dirumah aku langsung panggil tukan urut yg akhirnya tidak juga mengurangi rasa sakitnya, keesokan harinya aku mendatangi klinik terdekat dr rumah dan dikasih obat penghilang nyeri yg sebelumnya dilakukan tes darah dan urine yg hasilnya semua normal. Dr klinik tersebut aku dianjurkan untuk memeriksakan diri ke RS Fatmawati. Hari selasa 15 maret 2011 aku ke rumah sakit tersebut dengan kondisi tidak bisa berdiri bahkan duduk saja tidak bisa. Di RS tersebut dikasih resep lagi yg obatnya berupa kapsul racikan dan tablet. dari RS tersebut dianjurkan melakukan foto MRI dan EMG untuk melihat seberapa parah syaraf yg tertekan tulang. Hasil dari MRI dan EMG ternyata saya positif HNP dan dianjurkan menemui dokter bedah syaraf, malam ini aku tidak bisa tidur krn memikirkan apa yang akan di anjurkan oleh dokter syaraf yg akan aku temuai tgl 21 maret 2011 di RS Pondok indah, selain kepikiran aku juga tidak bisa tidur krn menahan rasa sakit yg amat sangat di pinggang dan kaki sebelah kiri. Semoga dr tulisanku ini ada yg berkenan memberi pengalamannya dlm pengobatan selain oprasi. sarannya bisa dikirim di sekar_pertiwi@yahoo.co.id trimakasih sebesar2nya atas saran dan pengalamannya

  22. yth penulis blog
    saya terkesan sekali membaca blog bapak.
    Kurang-lebih sama dengan yang kualami, di ruas yang sama, dan kejadian-kejadian yang sama
    saat ini saya cm bisa menjalani hidup apa adanya dan bersyukur.
    dan terus berusaha hidup walau mungkin kedepannya akan semakin susah.
    2 bulan yang lalu, terparah saya rasakan, kaki seperti tidak bisa menopang badan, badan tidak sinkron seperti tidak segaris dengan kaki. posisi saya saat itu adalah berdiri. mau duduk gak bisa, mau tiduran ga bisa, bahkan tetap berdiri pun tidak bisa karena nyeri yang luar biasa.
    walau kemudian membaik oleh obat dan istirahat, tidak sampai 3 minggu sesudahnya kumat lagi. sekarang saya sudah terbiasa dan berusaha menjalaninnya dengan ikhlas

    Imel yang baik.. aku perempuan.. spt kamu ya? ikhlas menjalani tapi jangan putus asa ya? terus berusaha untuk mendapat pengobatan yang terbaik.. sekarang dgn keadaan spt ini saya sdh bisa aktivitas spt orang sehat pada umumnya, hanya saja tidak akan spt dulu saja.. aku sdh gak bisa aerobik lagi.. tp ya dinikamati saja..salam..

  23. dear Mba Erna, saya menemukan tulisan ini saat sdg asyik googling tth HNP. Ya, baru beberapa hari lalu saya divonis HNP dari hasi MRI, setelah bertahun-tahun mengabaikan sakit pinggang sebelah kanan. yg kemungkinan besar akibat trauma benturan dari motor. umur saya 29 dan sblm membaca tulisan ini&komen2 di bawahnya, saya merasa agak malu&frustasi dgn HNP. karena sy merasa msh tll muda utk kena HNP. tapi setelah membaca tulisan ini, saya merasa lebih tenang bahwa tyt byk juga orang muda yg kena HNP. saat ini saya sdg menjalani fisioterapi setiap hari&minum pankiller. saya berharap ada sharing pengobatan dari teman2 lain yg terbukti ampuh mengurangi rasa sakit akibat HNP. krn produktivitas sy jadi berkurang akhir2 ini. sungguh, terima kasih sharingnya Mbak, sangat berarti buat saya🙂 bagus juga kalau ada Kelompok Dukungan Sebaya (peer group) utk HNP yaaa?? mengingat penyakit ini kronis dan sering menimbulkan stres.
    Salam

  24. saat ini HNP ku sdg kambuh, sdh 2minggu blm sembuh.
    aku tidak di bantu obat apapun
    ke rmh sakit…aku sdh jera.
    biarlah sprti kata anda HNP adlh sahabat hidup ku.
    HNP n me together 4ever
    makasih…

  25. Salam hangat mba…

    Saya telah bermesraan dengan HNP sejak 2010. Kami pun selalu menjalani hari dengan bersama sama.. So sweet yah ?
    Heheheee…
    “Hidup penuh keajaiban”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s