Kenalan lebih dekat dengan ALERGI

Hampir semua dari kita tahu kata itu.. Alergi.. identik dengan gatal-gatal bila makan makanan tertentu, jerawat, batuk dsb. Kenapa bisa begitu..? makan udang saja bisa sesak dan bisa sampai meninggal.. ? padahal udang kan enak, orang lain juga gak pa2.. Itulah alergi.

Sebenernya apa sih yang menyebabkan kita alergi ini-itu…?

Kayaknya lagi-lagi faktor genetik lah yang jadi biang keladi.. Pada orang-orang tertentu cenderung mudah terjadi penyimpangan sistem kekebalan tubuh, yaitu dibentuknya antibodi-antibodi yang dapat berikatan dengan bahan-bahan-yang biasanya protein-dari luar. Ikatan inilah yang kemudian menimbulkan kerusakan atau penyakit..

Apa berarti ini karena respons imun yang berlebih-lebihan..?

Nah inilah pendapat yang salah kaprah.. Alergi bukan kelebihan antibodi, malah alergi itu terjadi pada orang-orang dengan sistem imunitas yang rendah, atau bila sistem imun dalam keadaan tertekan. Bila sistem imun itu tertekan apapun penyebabnya dia akan berperilaku menyimpang…

Whaaalaah . ?

Iya.. sistem imun itu ibarat polisi. Polisi kan juga manusia,  yang bisa berubah perilakunya.. ( iiiiih yang pak polisi dilarang protes ya..?). Jadi sistem imun juga bisa berubah perilakunya.. Salah satunya teori  perubahan perilaku yang paling beken adalah perubahan perilaku sel T helper yang dikenal dengan paradigma TH1 dan TH2. Jika kita stress baik psikis maupun fisik, pakai obat-obat yang menekan sistem kekebalan tubuh atau menderita penyakit tertentu maka  sel T helper akan berperilaku menyimpang dan mengeluarkan bahan-bahan yang memicu terjadinya alergi..( dan T helper inilah yang  disebut TH2).

Sekian dulu ya? Sekarang pokoknya kita kenal dulu sama apa yang dimaksud alergi..

2 thoughts on “Kenalan lebih dekat dengan ALERGI

  1. Oke deh kalau begitu aku kenalan dulu deh mbake…
    Kenalkan namaku abindut…
    penggemar tukang somay yang gemar sekali dengan coklat… (enggak nyambung.com)..
    Upss kenalannya cukup sekian dulu ya… ada coklat datang dan sepertinya cukup lezat dan tidak bisa menunggu😛

    dasaaar tukang siomay.. ! bikin ngiler aja.. moga-moga kena alergi coklat biar kalo dapat sampel dikirim ke jember..😀

  2. Upss…
    Ada salah ketik tuh diatas…
    maksudnya tukang somay yang gemar coklat, bukan penggemar tukang somay.. mohon dilarat donk mbake…😦

    Enngggak mau… Pengumumaaaann Abi sekarang jadi fansnya tukang siomay… Moga-moga tukang siomaynya perempuan ya? wakakakkakak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s