Bibirku pecah-pecah

Lama gak posting kangen juga…

Kali ini aku mau bicara tentang bibir…., aduuuhhh… bibir yang merekah, merah merona indah siapa sih yang gak mau?? Ehmm dan itu bukan lagi dominasi para wanita aja kan? Emang sih selama ini aku gak pernah ketemu para pria yang memoles bibirnya dgn warna-warni ( apakah ini krn aku tinggal di kabupaten kecil ini ya??, soalnya kalo liat tipi sih banyak pemain sinetron laki2 yang wuiiihhh… lipstiknya kemerahan ) tapi aku yakin deh, pasti juga gak sedikit yang merawat-merawat itu…

Nah, sekarang kita bicara keluhannya ya?

A. Yang paling banyak adalah bibir yang ngelupas-ngelupas seperti sisik  kadang diserta pecah-pecah juga dan gatal sehingga gak terasa tangan yang usil mengelupas dan menjadikan kelianan menjadi lebih parah. Kelainan ini penyabab paling banyak adalah:

1.  iritasi dari luar, yang paling banyak adalah udara kering. Kosmetik mulai dari lipstick, krem-rem perawatan kult , sabun muka sampai toner. Hal ini juga ditunjang jika kita kurang minum air dan lebih sering diderita oleh mereka yang bibirnya seksi alias tebel.. hehehe.

2. karena alergi tehadap bahan-bahan tertentu, alergi terhadap lipstick, makanan sampai dengan cat kuku. Lho kok?.. Iya tangan itu kan sukanya kesana-kemari dan tempat yang paling sering disinggahi kan bibir… nah keluhan karena alergi ini biasanya lebih parah dan pengelupasannya lebih keliahatan, kadang disertai dengan penebalan, kehitaman dan lebih gatal juga.

B. Kemudian bibir pecah-pecah, merah dan perih. Nah kalo ini sih biasanya karena kurag gizi. Vitamin dan protein diperlukan untuk  regenerasi sel, ya kalo regenerasinya gak bagus ya bibirnya jadi gak sehat..

C.  Yang ketiga ini adalah kelianan yang diderita oleh mereka yang suka membasahi bibirnya dengan air ludah. Air ludah kita itu banyak mengadung kuman kan? Baik bakteri maupun jamur. Gak percaya? Coba deh liat di om google…  Nah jamur di air ludah itu kalo sampai di luar rongga mulut dia menjadi pathogen alias jadi menginfeksi. Keluhan klinisnya mirip yaitu bibir ngelupas2 dan gatal tapi seringnya sampai meluas ke kulit sekeliling bibir. Bila dikasih pelembab maka akan lebih parah lagi.. Nah lhoooo…

d. Yang ke empat yang paling sering adalah penyakit yang disebut herpes labialis. Kelainan ini terlokalisir hanya pada daerah tertentu dibatas antara merah bibir dan kulit dengan diameter kira2 5-7 mm.  Pada kelianan ini sering ditemukan bintil2 kecil berisi cairan bergerombol  kalo sdh kering jadi item. Pada yang lebih ringan biasanya hanya panas, terasa tebel dan gatal aja dan tetep pada daerah yg terlokalisir itu. Ini sih penyebabnya virus yang ngendon di syaraf daerah itu. Virus itu aktif jika sistem imun kita turun. Ni gambarnya ya..

Nah skrg jika kita sdh tahu penyebabnya tentu kita bisa tanggulangi kelainan yang ada. Untuk yang krn iritasi dan kekurangan nutrisi dapatlah kita tanggulangi sendiri. Tapi jika karena alergi, infeks jamur atau virus kita tentu perlu bantuan dokter agar tepat diagnosanya dan tepat obatnya. Kalo salah obat bukannya sembuh bisa tambah parah. Patut juga diingat bahwa obat yang ditulis harus dengan resep dokter itu punya efek samping yang bagi orang tertentu mungkin bisa bahaya, makanya janganlah encoba mengobati sendiri dengan obat-obat yang ada tulisannya harus dengan resep dokter yaaa???

Sekian, semoga bisa bantu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s