Mengenal kanker rongga mulut

Sebelumnya mohon maaf karena kesibukan dikampus saya akhir2 ini jadi jarang buka blog dan tidak sempat untuk menjawab semua komen yang masuk.  Dari sekian banyak komen  yang masuk, ternyata banyak yang khawatir tentang kanker, apakah penyakit atau sariawan yang diderita adalah kanker. Maka dari itu hari ini saya tergelitik utuk membahas tentang kanker rongga mulut.

Kanker adalah kelainan pertumbuhan sel. Sel-sel yang melapisi rongga mulut kita terus menurus mengalami pergantian. Karena suatu hal maka sel-sel yang dihasilkan tidak normal, berlebihan dan tidak terkontrol. Kanker bukan penyakit kambuhan, sembuh dan kambuh lagi seperti sariawan itu,  meskipun ada kanker yang bisa membaik dengan sendirinya.  Sariawan dapat berubah menjadi kanker bila tidak sembuh2 lebih dari  2 minggu,  tepi2nya meninggi dan tidak teratur dan melebar. Lebih dari separo kanker rongga mulut tidak berbentuk sariawan.

Biar lebih jelas ni ada bberapa gambar kanker rongga mulut yang sangat dini dan kliatan gak bahaya tapi sebenarnya jadi kanker atau hamper menjadi kanker

 

gambar 1. sariawan pada bagian bawah lidah  ini menetap, tidak sembuh dan tidak disebabkan karena iritasi atau trauma  setelah diperiksa sudah menjadi kanker. Kanker yang berbetuk sepert ini hanya sekitar 12%dari seluruh kanker rongga mulut

gambar 2. kemerahan yang permukaannya disertai dengan lapisan puith dan keras. Lesi ini sudah bisa dianggap kanker.

gambar 3. terdapat daerah putih keras, tidak bisa dikerok, jenis ini paling sering ditemukan, kabar baiknya ni perkembangan untuk menjadi kanker lebih lambat dari yang lain.

gambar 4. nah kalo yang ni meski kayaknya gak pa2 tapi sebenarnya sdh jad kanker dan sudah nyebar (metastases) keaderah sekitar.

Nah, sekarang don’t be cancerphobia ya? sariawan lama dikit gak sembuh2 sudah ketakutan kalo-kalo ini kanker. Mbak E berkali_kali lho dapat pasien yang seperti itu,padahal sariawan biasa. the important thing is, dont smoke, drink alcohol, exercise and jangan dikit-dikit stress deh.. karena stress juga dapat menjad pemicu berkembangnya kanker. Seperti kata iklan.. kecenderungan memang diturunkan tetapi hdup sehat adalah pilihan….

2 thoughts on “Mengenal kanker rongga mulut

  1. Assalamualaikum Bu Dokter,
    maaf mengganggu sebelumnya….Ayah saya 3 tahun yang lalu terkena kanker lidah dan sudah 200 hari lebih almarhum.
    Kemudian sekarang Ibu saya, awalnya sakit gigi geraham kiri atas, kemudian bengkak di gusi yg berhadapan dengan pipi. Keluhan sakit pada gigi sudah sembuh, cuman bengkaknya jadi keras kayak tulang. Langit2 dalam sekitar gusi jadi bengkak.
    Kuatir sekali kalo kanker ayah saya juga menimpa Ibunda tercinta. Sudah kami bawa ke RSUD Probolinggo, kemudian dirujuk ke RSU Pasuruan, tampaknya para dokter tidak mampu akhirnya hari ini dirujuk ke Surabaya.
    Foto-foto sekitar gigi sudah lengkap. Kira-kira benjolan sebesar biji jagung itu apa?

    Terimakasih atas tanggapannya.
    Jazakumulloh
    Wassalamualaikum wr. wb.

  2. walaikumsalam wr wb Bapak..
    Mohon maaf jika baru bisa buka blog karena kesibukan saya selama ini. saya tidak bisa menduga apa2 pak kalo tidak melihat secara langsung klinis maupun rontegnologisnya. kebetulan saya di jember. Bapak bisa konsultasi di RSGM FKG Universitas Jember senin sampai jumat. loket buka dari jam 8 sampai jam 11. Bila ingin bertemu saya bisa hubungi saya dulu via email.

    Demikian jawaban saya. semoga Ibu segera sehat. Amiin

    Wassalamualaikum wr wb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s