Arsip

Bibirku pecah-pecah

Lama gak posting kangen juga…

Kali ini aku mau bicara tentang bibir…., aduuuhhh… bibir yang merekah, merah merona indah siapa sih yang gak mau?? Ehmm dan itu bukan lagi dominasi para wanita aja kan? Emang sih selama ini aku gak pernah ketemu para pria yang memoles bibirnya dgn warna-warni ( apakah ini krn aku tinggal di kabupaten kecil ini ya??, soalnya kalo liat tipi sih banyak pemain sinetron laki2 yang wuiiihhh… lipstiknya kemerahan ) tapi aku yakin deh, pasti juga gak sedikit yang merawat-merawat itu…

Nah, sekarang kita bicara keluhannya ya?

A. Yang paling banyak adalah bibir yang ngelupas-ngelupas seperti sisik  kadang diserta pecah-pecah juga dan gatal sehingga gak terasa tangan yang usil mengelupas dan menjadikan kelianan menjadi lebih parah. Kelainan ini penyabab paling banyak adalah:

1.  iritasi dari luar, yang paling banyak adalah udara kering. Kosmetik mulai dari lipstick, krem-rem perawatan kult , sabun muka sampai toner. Hal ini juga ditunjang jika kita kurang minum air dan lebih sering diderita oleh mereka yang bibirnya seksi alias tebel.. hehehe.

2. karena alergi tehadap bahan-bahan tertentu, alergi terhadap lipstick, makanan sampai dengan cat kuku. Lho kok?.. Iya tangan itu kan sukanya kesana-kemari dan tempat yang paling sering disinggahi kan bibir… nah keluhan karena alergi ini biasanya lebih parah dan pengelupasannya lebih keliahatan, kadang disertai dengan penebalan, kehitaman dan lebih gatal juga.

B. Kemudian bibir pecah-pecah, merah dan perih. Nah kalo ini sih biasanya karena kurag gizi. Vitamin dan protein diperlukan untuk  regenerasi sel, ya kalo regenerasinya gak bagus ya bibirnya jadi gak sehat..

C.  Yang ketiga ini adalah kelianan yang diderita oleh mereka yang suka membasahi bibirnya dengan air ludah. Air ludah kita itu banyak mengadung kuman kan? Baik bakteri maupun jamur. Gak percaya? Coba deh liat di om google…  Nah jamur di air ludah itu kalo sampai di luar rongga mulut dia menjadi pathogen alias jadi menginfeksi. Keluhan klinisnya mirip yaitu bibir ngelupas2 dan gatal tapi seringnya sampai meluas ke kulit sekeliling bibir. Bila dikasih pelembab maka akan lebih parah lagi.. Nah lhoooo…

d. Yang ke empat yang paling sering adalah penyakit yang disebut herpes labialis. Kelainan ini terlokalisir hanya pada daerah tertentu dibatas antara merah bibir dan kulit dengan diameter kira2 5-7 mm.  Pada kelianan ini sering ditemukan bintil2 kecil berisi cairan bergerombol  kalo sdh kering jadi item. Pada yang lebih ringan biasanya hanya panas, terasa tebel dan gatal aja dan tetep pada daerah yg terlokalisir itu. Ini sih penyebabnya virus yang ngendon di syaraf daerah itu. Virus itu aktif jika sistem imun kita turun. Ni gambarnya ya..

Nah skrg jika kita sdh tahu penyebabnya tentu kita bisa tanggulangi kelainan yang ada. Untuk yang krn iritasi dan kekurangan nutrisi dapatlah kita tanggulangi sendiri. Tapi jika karena alergi, infeks jamur atau virus kita tentu perlu bantuan dokter agar tepat diagnosanya dan tepat obatnya. Kalo salah obat bukannya sembuh bisa tambah parah. Patut juga diingat bahwa obat yang ditulis harus dengan resep dokter itu punya efek samping yang bagi orang tertentu mungkin bisa bahaya, makanya janganlah encoba mengobati sendiri dengan obat-obat yang ada tulisannya harus dengan resep dokter yaaa???

Sekian, semoga bisa bantu

Iklan

BM tanpa W yang bikin nggak pede..…

Bau mulut… bikin bete, nggak pede, jengkel dan membuat hari jadi kelabu (Lebay: MODE: ON)…… Pokoknya… sebel deh.. ! dan biasanya si BM ini bandel banget.. sudah berusaha sikat gigi sesering mungkin.. pakai obat kumur.. pengharum mulut.. tapi si BM teep aja ada….

Trus gimana..?
Untuk myelesaikan masalah ini kita harus kenali penyebab si BM yang dikenal di dunia kedokteran gigi dengan nama keren ”Halitosis”.

Untuk lebih mudah kita bedakan penyebabnya menjadi 2 yaitu penyebab lokal di dalam rongga mulut dan penyebab dari tempat lain yaitu dari saluran cerna dan saluran pernafasan.

Penyebab lokal yang paling sering yaitu :
• Gigi yang sudah mati atau gangrene. Jaringan pulpa gigi yang mati bisa ada dalam sisa akar maupun gigi yang berlubang. Jaringan pulpa gigi yang membusuk akan mengeluarkan gas-gas yang berbau nggak enak..
• Radang pada jaringan pendukung gigi. Biasanya ini terkait dengan menumpuknya plak dan karang gigi.. Kerusakan ini menyebabkan adanya ruang antara gigi dan jaringan sekitarnya, dan uang tersebut bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang menyebabkan bau mulut. Selain itu plak dan karang gigi juga menjadi tempat berkembang biaknya kuman-kuman..
• Mulut kering. Air liur banyak memiliki peran dalam menjaga kesehatan rongga mulut kita. Fungsi utama adalah sebagai pembersih. Air liur banyak mengandung enzim dan anti bodi yang dapat mencegah perkembang biakan kuman-kuman yang dapat memproduksi bau tidak sedap itu. Berkurangnya pengeluaran air liur ini dapat disebabkan oleh banyak hal terutama obat-obatan, merokok dan depresi.
• Infeksi- dalam rongga mulut, seperti infeksi jamur yang pernah saya singgung pada posting terdahulu..
• Makanan atau minuman yang dapat secara langsung karena bau yang tertinggal di dalam rongga mulut maupun bau tersebut dapat tetap ada meski kita sudah membersihkan rongga mulut. Hal ini karena makanan tersebut diserap dan diedarkan lewat pembuluh darah dan tetap memiliki bau tersebut.

Penyebab Sistemik :
Berbagai penyakit dapat menyebabkan rongga mulut kia berbau tidak sedap. Penyakit tersebut antara lain adalah diabetes mellitus yang menyebabkan bau keton pada rongga mulut, gagal ginjal dapat menyababkan bau ammonia. Berbagai penyakit saluran pernafasan seperti infeksi pada paru-paru maupun saluran paru (bronchus) dapat menyebabkan bau yang tidak sedap. Demikian juga penyakit-penyakit pada saluran pencernaan…

Bagaimana Penanganannya ?
Hal yang pertama kita lakukan adalah memeperbaiki kesehatan rongga mulut yaitu menyikat gigi dengan benar, berkumur dengan obat kumur antiseptic, flossing (membersihkan sela gigi dengan benang gigi/dental floss). Kemudian jika ada gigi-gigi lubang, karang gigi atau infeksi harus juga ditangani dengan bantuan drg. Untuk makanan sesuai dengan apa yang saya paparkan diatas bahwa masalah bau makanan itu tidak hanya selesai jika kita sudah menyikat gigi saja.

Kalo merokok.. yaaa berhentilah merokok… hehehhe
Cara jitu untuk menanggulangi efek mulut kering apapun penyebabnya adalah dengan mengunyah permen karet yang mempunyai rasa asam.

Trus jika memang ada faktor systemik yang spserti aku sebutin tadi, yaaa satu-satunya jalan, disembuhin itu penyakit. Jangan hanya pakai wangi-wangi mulut saja… mungkin malah baunya jadi gak karuan.. hihihihi…

Sudah ah untuk kali ini.. ntar capek baca banyak-banyak… ketemu lagi sama Na lain waktu ya.. daaaah…..!!!!

Ehmmm Sariawan Lagi Aaahh…..!

Aku sedang sariawan.. duhh sakit .. obatnya apa ya?
Ehmm sariawan.. dimana..? bentuknya gimana?

Whallah ya sariawan.. di lidah.. kok pakai tanya bentuknya gimana sih..?
Ya iya.. gimana aku bisa kasih tahu obatnya apa kalau gak tahu penyakit yang nyerang kamu?

Lha memang sariawan itu ada macem-macem apa?
Ya iyaalaaah… (masak ya iya dong…!)

(Mikir sejenak, ohh mungkin yang dimaksud dengan sariawan adalah seluruh Luka yang menimbulkan rasa sakit pada mukosa rongga mulut)

Apa saja sih macem-mecemnya?
Iya… yang sering itu :
1. Traumatik ulcer
2. RAS
3. Infeksi Herpes Simpleks Virus
4. Infeksi jamur candida
Baca lebih lanjut

Sariawan VS Kanker Rongga Mulut

Tulisan ini terisnpirasi dari tulisan pada sebuah blog tentang tumor yang pertama disangka sariawan biasa atas info dari sahabatku Fikri

Yha satu lagi penyakit rongga mulut.. Tumor yang mungkin lebih tepat jika disebut kanker rongga mulut..(Istilah tumor itu lebih mengacu pada semua pembesaran secara umum. )

Nah apa hubungan kanker dan sariawan.. ?? (Whalah jadi ini hubungan antara 2 post ku yang lalu yha?)

Sekali lagi istilah sariawan (seperti halnya tumor) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan semua luka didalam rongga mulut..Padahal jenis penyakit yang menimbulkan luka di rongga mulut itu..whaalaaah buuuanyak sekali….
Salah satunya ya kanker itu…

Kanker rongga mulut juga banyak macamnya dan biasanya sih dinamai dengan asal dari jaringan atau sel yang mengalami keganasan atau kanker itu.

Gambaran klinis secara umum yang paling jelas adalah luka tersebut sulit sembuh atau tidak bisa sembuh sendiri..
Lantas apa semua luka yang tidak bisa sembuh sendiri itu kanker…? (siap-siap yha banyak gambar bagus lho..)
Baca lebih lanjut

Sariawan….uuuihhh…!

Ehmm sariawan… penyakit remeh yang kadang menganggu dan menyebalkan.. Semua orang didunia ini mengenal penyakit itu, entah karena kita sendiri yang sering kena, teman, anak, saudara..

Istilah sariwan ini pada umumnya digunakan untuk menggambarkan sema luka dalam rongga mulut kita. Sebenarnya sih.. luka didalam rongga mulut kita itu disebabkan oleh bermacam-macam penyakit dari infeksi jamur, bakteri, virus, kekurangan zat gizi tertentu maupun karena gangguan kekebalan atau sistem imun kita . Nah yang sekarang aku pengen bicarakan disini adalah satu jenis penyakit yang paling sering ditemukan yaitu yang bahasa kerennya dinamakan Recurrent Aphthous Stomatitis atau disingkat RAS, ada sih buku-buku yang menggunakan istilah Stomatitis Apthosa Recurrent.. (Ehmm apa bedanya ya?) Ah..aku lebih suka menggunakan istilah RAS saja lah..

Penyakit ini ditandai dengan adanya luka yang permukaannya cekung, bentuknya biasanya bulat atau oval, berbatas jelas, biasanya batasnya teratur, tepi kemerahan, dan tengah putih kekuningan. Luka tersebut paling sering Baca lebih lanjut