Arsip

2013 in review

The WordPress.com stats helper monkeys prepared a 2013 annual report for this blog.

Here’s an excerpt:

The concert hall at the Sydney Opera House holds 2,700 people. This blog was viewed about 59,000 times in 2013. If it were a concert at Sydney Opera House, it would take about 22 sold-out performances for that many people to see it.

Click here to see the complete report.

Iklan

Mengenal kanker rongga mulut

Sebelumnya mohon maaf karena kesibukan dikampus saya akhir2 ini jadi jarang buka blog dan tidak sempat untuk menjawab semua komen yang masuk.  Dari sekian banyak komen  yang masuk, ternyata banyak yang khawatir tentang kanker, apakah penyakit atau sariawan yang diderita adalah kanker. Maka dari itu hari ini saya tergelitik utuk membahas tentang kanker rongga mulut.

Kanker adalah kelainan pertumbuhan sel. Sel-sel yang melapisi rongga mulut kita terus menurus mengalami pergantian. Karena suatu hal maka sel-sel yang dihasilkan tidak normal, berlebihan dan tidak terkontrol. Kanker bukan penyakit kambuhan, sembuh dan kambuh lagi seperti sariawan itu,  meskipun ada kanker yang bisa membaik dengan sendirinya.  Sariawan dapat berubah menjadi kanker bila tidak sembuh2 lebih dari  2 minggu,  tepi2nya meninggi dan tidak teratur dan melebar. Lebih dari separo kanker rongga mulut tidak berbentuk sariawan.

Biar lebih jelas ni ada bberapa gambar kanker rongga mulut yang sangat dini dan kliatan gak bahaya tapi sebenarnya jadi kanker atau hamper menjadi kanker

 

gambar 1. sariawan pada bagian bawah lidah  ini menetap, tidak sembuh dan tidak disebabkan karena iritasi atau trauma  setelah diperiksa sudah menjadi kanker. Kanker yang berbetuk sepert ini hanya sekitar 12%dari seluruh kanker rongga mulut

gambar 2. kemerahan yang permukaannya disertai dengan lapisan puith dan keras. Lesi ini sudah bisa dianggap kanker.

gambar 3. terdapat daerah putih keras, tidak bisa dikerok, jenis ini paling sering ditemukan, kabar baiknya ni perkembangan untuk menjadi kanker lebih lambat dari yang lain.

gambar 4. nah kalo yang ni meski kayaknya gak pa2 tapi sebenarnya sdh jad kanker dan sudah nyebar (metastases) keaderah sekitar.

Nah, sekarang don’t be cancerphobia ya? sariawan lama dikit gak sembuh2 sudah ketakutan kalo-kalo ini kanker. Mbak E berkali_kali lho dapat pasien yang seperti itu,padahal sariawan biasa. the important thing is, dont smoke, drink alcohol, exercise and jangan dikit-dikit stress deh.. karena stress juga dapat menjad pemicu berkembangnya kanker. Seperti kata iklan.. kecenderungan memang diturunkan tetapi hdup sehat adalah pilihan….

Hari yang baik adalah hari ini…

Menunda suatu kesempatan sering sekali kita lakukan.. entah apapun itu… dan sesal kemudian tidak berguna…

Padahal kita semua tahu, adalah suatu kebenaran yang mutlak bahwa HARI ESOK adalah misteri.. Apakah kta tahu apa yang terjadi esuk pagi.. bahkan tsunami yang begitu banyak menelan korban di suatu negara yang ipteknya begitu maju – Jepang- pun tidak diketahui bahkan sehari sebelumnya..  Demikian juga rejeki.. Kadang orang terus termangu didepan pintu yang sudah nyata terkunci sementara ada pintu lain yang menunggu untuk dibuka..

Diusia paruh baya ini aku tersadar semuanya, meski tidak ada sesal karena apa yang telah terjadi tak mungkin di ubah namun ada satu pelajaran yang ngin sekali aku sampaikan pada semua yang masih punya kesempatan panjang dalam hidup ini terutama bagi perempuan-perempuan muda.. apapun jangan pernah menyandarkan hari esukmu di bahu orang lan, sekalipun pasanganmu, sehingga siap jika pada akhirnya kita harus bisa berdiri diatas kaki sendiri..

Galau memilih ….

Hari ini aku berkutat dengan anak kedua ku sitengah dalam memilih SNMPTN pada jalur undangan…

.”Ibuk.. aku mau sekolah disana karena fakultas itu akreditasinya A…” ..
Aku menatapnya.. dia masih belum 17 tahun, tapi dia ingin masuk di PTN yang jauh sekali di jawa barat dan ehmm akreditasi fakultas menjadi pertimbangan utama dia untuk memilih fakultas…”lebih baik aku memilih fakultas X yang akreditasinya A daripada Fakultas Y yang akreditasinya B meski Y lebih beken daripada X..”.. kembali dia berujar, aku hanya tersenyum

Ketika sudah mantap… kemudian dia bertanya lagi… “aku sih masih ingn masuk di fakultas itu.., tapi ah Ibuk aku gak mau kalo aku kesulitan disana, seandainya aku masuk tapi aku gak lancar aku gak mau kayak gitu..
(hahahaha…. aku jadi inget diriku sendiri… be the best every where i am, ) itulah yang dia mau…, aku yakin dia mampu di fakultas yang dia inginkan sebenarnya tapi dia tahu kalo dia akan kesulitan menjadi the best..

You don’t want to be I dentist?… tanyaku…”ehmm seperti Ibuk…??,” dia ganti balik bertanya.. Dilanjutkannya “ehmmm… i think you more likely a scientist than a dentist Mom….”. Dan lagi2 aku hanya bisa tersenyum….

Akhirnya malam ini pilhan belum lagi ditetapkan.. mungkin besuk pagi sitengah sudah mendapat jawaban dari semua galau hatinya…

Lihatlah dari Jauh.. Kau kan mengerti….

Aku yakin semua dari kita telah mengenal pepatah lama: kuman diseberang lautan tampak, gajah dipelupuk mata tidak tampak,demikian juga arti dibalik kiasan itu.. Namun saat ini Na nggak ingin mbahasarti konotasi itu melainkan pembenaran dari kalimat itu..
Lhooo… lhooo… gimana sih.. ??
Eiiit …stop.. jangan keburu naikkan alis sahabat. Dengerin penjelasan Na sebentar aja yah?
Sekarang jika memang kita berdiri terlalu dekat dengan gajah, bisakah kita mengerti bagaimana bentuk gajah itu?
Planet yang kita tempati baru benar2 jelas bentuknya bila diliat dari jauh kan?

Na itu kan emang gede..!! kalo ut melihat manusia kan gak perlu pergi dari jarak 1 meter juga sdh jelas…
Maksud Na itu adalah mengerti.. mengerti manusia lain seperti apa. Kadang kita dengan mudah mengembil kesimpulan, menilai dia itu ini itu hanya dari satu peristiwa saja dan dari sudut pandang kita sendiri. Berilah jarak antara kita dan oran lain itu, sehingga kita dapat melihatnya sebagai manusia seutuhnya, dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Nah dengan begitu kita bisa dengan bijak menilai bisakah kita berinteraksi tanpa terlalu banyak konflik dengan dia. Jika tidak maka lebih baik menjauh tanpa rasa benci. Dan ehmmmm….satu hal juga jangan lah kita melampaui batas. Menurut Na sih kewenangan kita hanyalah bahwa dia cocok nggak dengan kita, baik sebagai sahabat, teman, bawahan atau teman hidup. . Selebihnya biarlah Allah Yang Maha Tahu yang melakukannya.. Jadi begitu ya..Jika suatu saat hatimu sakit oleh suatu peristiwa berilah jarak, lihatlah dari segala sudut pandang. Jangan buru-buru ngecat hitam, nanti menyesal….
Whaaalah ternyata jadi ngomongin gitu.. ehmm kalo gini Na kalo gini jadi mbakE deh..

Hehehehe

*terinspirasi dari curhat seorang sahabat yang baru kukenal. Semoga penyelesalanmu menemukan jalannya..

2010 in review

The stats helper monkeys at WordPress.com mulled over how this blog did in 2010, and here’s a high level summary of its overall blog health:

Healthy blog!

The Blog-Health-o-Meter™ reads Wow.

Crunchy numbers

Featured image

The average container ship can carry about 4,500 containers. This blog was viewed about 15,000 times in 2010. If each view were a shipping container, your blog would have filled about 3 fully loaded ships.

 

In 2010, there were 2 new posts, growing the total archive of this blog to 35 posts. There were 3 pictures uploaded, taking up a total of 4kb.

The busiest day of the year was November 28th with 99 views. The most popular post that day was Penyakit-penyakit pada lidah..

Where did they come from?

The top referring sites in 2010 were search.conduit.com, google.co.id, facebook.com, lowongankerjamu.com, and id.wordpress.com.

Some visitors came searching, mostly for penyakit lidah, penyakit pada lidah, sariawan di lidah, sariawan mulut, and sariawan lidah.

Attractions in 2010

These are the posts and pages that got the most views in 2010.

1

Penyakit-penyakit pada lidah. June 2009
74 comments

2

Sariawan VS Kanker Rongga Mulut January 2009
45 comments

3

Hidup adalah Pilihan May 2009
20 comments

4

Mengapa Merokok dapat Menyebabkan Kanker….? December 2008
21 comments

5

Sariawan….uuuihhh…! December 2008
25 comments

Pertikaian

Aku menatap dari kejauhan dua orang perempuan yang sama-sama berjilbab itu.. Mereka baru saja saling mengenal entah kenapa kok ada pertengkaran. Sebenarnya aku tidak ingin mendengarnya tapi tempat dudukku tak jauh dari mereka…

Seorang diantaranya, dengan lirih hanya menjawab, “ kamu tidak berhak untuk mencaci aku seperti itu.. :” kamu tidak tahu apa-apa tentang aku!”

Perempuan lainnya bukannya diam tapi malah dengan sengit menyahut, itu “Aku tahu siapa kamu, si C cerita semuanya tentang kamu!”

Si teman tetap dengan dingin menjawab, “Terserah kamu bilang apa tentang aku, juga sebenarnya apa sih urusannya denganmu. Aku hanya mohon berhentilah berteriak, disini ada orang lain”

Namun apa yang diucapkan lawan bicaranya…?, “Iya, memang gak ada urusannya sama aku, tapi sebagai sesama pemakai jilbab aku ikut malu dengan perilakumu, lepaskan saja jilbabmu itu kalo itu hanya kamu gunakan untuk menutupi perilakumu, Istiqfar kamu!!!”

”Astqfirulllah… Akulah yang beristiqfar.. Jilbab, tiada kejelekan padanya, seperti apa kata Buya Hamka yang pernah aku baca disalah satu majalah Islam:Jika ada orang bilang, “Perempuan itu berjilbab tapi berperilaku kurang baik”, maka jawablah, “Yaa apalagi jika tidak..!” Jika ada orang bicara, “Orang itu yang tidak berjilbab tapi ibadah serta perilakunya juga sangat baik”, maka ucapkanlah, “Kalo dia berjilbab tentu akan lebih baik lagi..”

Kembali aku merenung tentang pertengkaran tadi.. Seorang muslimah menilai muslimah lainbegitu buruk hanya dari cerita seseorang yang belum tentu ada kebenarannya dan tidak ada sangkut pautnya dengan dia mengapa juga perempuan itu tega menghakimi perempuan lain seperti itu?.. Bukankah keimanan seseorang itu hanya Allah swt yang tahu? Mengapa hanya sekedar mendengar cerita dari satu orang saja dia tega melakukan hal seperti itu…? Trus apa yang dilakukan seperti itu juga pantas..?

Duuuh…..Astqfirullah… Kenapa juga aku harus bertanya-tanya seperti ini.. ??!! Segera aku beranjak ke toilet menyusul perempuan yang habis dimaki-maki temannya itu….Mungkin aku bisa membantunya meski hanya dengan tersenyum padanya…