2010 in review

The stats helper monkeys at WordPress.com mulled over how this blog did in 2010, and here’s a high level summary of its overall blog health:

Healthy blog!

The Blog-Health-o-Meter™ reads Wow.

Crunchy numbers

Featured image

The average container ship can carry about 4,500 containers. This blog was viewed about 15,000 times in 2010. If each view were a shipping container, your blog would have filled about 3 fully loaded ships.

 

In 2010, there were 2 new posts, growing the total archive of this blog to 35 posts. There were 3 pictures uploaded, taking up a total of 4kb.

The busiest day of the year was November 28th with 99 views. The most popular post that day was Penyakit-penyakit pada lidah..

Where did they come from?

The top referring sites in 2010 were search.conduit.com, google.co.id, facebook.com, lowongankerjamu.com, and id.wordpress.com.

Some visitors came searching, mostly for penyakit lidah, penyakit pada lidah, sariawan di lidah, sariawan mulut, and sariawan lidah.

Attractions in 2010

These are the posts and pages that got the most views in 2010.

1

Penyakit-penyakit pada lidah. June 2009
74 comments

2

Sariawan VS Kanker Rongga Mulut January 2009
45 comments

3

Hidup adalah Pilihan May 2009
20 comments

4

Mengapa Merokok dapat Menyebabkan Kanker….? December 2008
21 comments

5

Sariawan….uuuihhh…! December 2008
25 comments

Iklan

BM tanpa W yang bikin nggak pede..…

Bau mulut… bikin bete, nggak pede, jengkel dan membuat hari jadi kelabu (Lebay: MODE: ON)…… Pokoknya… sebel deh.. ! dan biasanya si BM ini bandel banget.. sudah berusaha sikat gigi sesering mungkin.. pakai obat kumur.. pengharum mulut.. tapi si BM teep aja ada….

Trus gimana..?
Untuk myelesaikan masalah ini kita harus kenali penyebab si BM yang dikenal di dunia kedokteran gigi dengan nama keren ”Halitosis”.

Untuk lebih mudah kita bedakan penyebabnya menjadi 2 yaitu penyebab lokal di dalam rongga mulut dan penyebab dari tempat lain yaitu dari saluran cerna dan saluran pernafasan.

Penyebab lokal yang paling sering yaitu :
• Gigi yang sudah mati atau gangrene. Jaringan pulpa gigi yang mati bisa ada dalam sisa akar maupun gigi yang berlubang. Jaringan pulpa gigi yang membusuk akan mengeluarkan gas-gas yang berbau nggak enak..
• Radang pada jaringan pendukung gigi. Biasanya ini terkait dengan menumpuknya plak dan karang gigi.. Kerusakan ini menyebabkan adanya ruang antara gigi dan jaringan sekitarnya, dan uang tersebut bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang menyebabkan bau mulut. Selain itu plak dan karang gigi juga menjadi tempat berkembang biaknya kuman-kuman..
• Mulut kering. Air liur banyak memiliki peran dalam menjaga kesehatan rongga mulut kita. Fungsi utama adalah sebagai pembersih. Air liur banyak mengandung enzim dan anti bodi yang dapat mencegah perkembang biakan kuman-kuman yang dapat memproduksi bau tidak sedap itu. Berkurangnya pengeluaran air liur ini dapat disebabkan oleh banyak hal terutama obat-obatan, merokok dan depresi.
• Infeksi- dalam rongga mulut, seperti infeksi jamur yang pernah saya singgung pada posting terdahulu..
• Makanan atau minuman yang dapat secara langsung karena bau yang tertinggal di dalam rongga mulut maupun bau tersebut dapat tetap ada meski kita sudah membersihkan rongga mulut. Hal ini karena makanan tersebut diserap dan diedarkan lewat pembuluh darah dan tetap memiliki bau tersebut.

Penyebab Sistemik :
Berbagai penyakit dapat menyebabkan rongga mulut kia berbau tidak sedap. Penyakit tersebut antara lain adalah diabetes mellitus yang menyebabkan bau keton pada rongga mulut, gagal ginjal dapat menyababkan bau ammonia. Berbagai penyakit saluran pernafasan seperti infeksi pada paru-paru maupun saluran paru (bronchus) dapat menyebabkan bau yang tidak sedap. Demikian juga penyakit-penyakit pada saluran pencernaan…

Bagaimana Penanganannya ?
Hal yang pertama kita lakukan adalah memeperbaiki kesehatan rongga mulut yaitu menyikat gigi dengan benar, berkumur dengan obat kumur antiseptic, flossing (membersihkan sela gigi dengan benang gigi/dental floss). Kemudian jika ada gigi-gigi lubang, karang gigi atau infeksi harus juga ditangani dengan bantuan drg. Untuk makanan sesuai dengan apa yang saya paparkan diatas bahwa masalah bau makanan itu tidak hanya selesai jika kita sudah menyikat gigi saja.

Kalo merokok.. yaaa berhentilah merokok… hehehhe
Cara jitu untuk menanggulangi efek mulut kering apapun penyebabnya adalah dengan mengunyah permen karet yang mempunyai rasa asam.

Trus jika memang ada faktor systemik yang spserti aku sebutin tadi, yaaa satu-satunya jalan, disembuhin itu penyakit. Jangan hanya pakai wangi-wangi mulut saja… mungkin malah baunya jadi gak karuan.. hihihihi…

Sudah ah untuk kali ini.. ntar capek baca banyak-banyak… ketemu lagi sama Na lain waktu ya.. daaaah…..!!!!

Pertikaian

Aku menatap dari kejauhan dua orang perempuan yang sama-sama berjilbab itu.. Mereka baru saja saling mengenal entah kenapa kok ada pertengkaran. Sebenarnya aku tidak ingin mendengarnya tapi tempat dudukku tak jauh dari mereka…

Seorang diantaranya, dengan lirih hanya menjawab, “ kamu tidak berhak untuk mencaci aku seperti itu.. :” kamu tidak tahu apa-apa tentang aku!”

Perempuan lainnya bukannya diam tapi malah dengan sengit menyahut, itu “Aku tahu siapa kamu, si C cerita semuanya tentang kamu!”

Si teman tetap dengan dingin menjawab, “Terserah kamu bilang apa tentang aku, juga sebenarnya apa sih urusannya denganmu. Aku hanya mohon berhentilah berteriak, disini ada orang lain”

Namun apa yang diucapkan lawan bicaranya…?, “Iya, memang gak ada urusannya sama aku, tapi sebagai sesama pemakai jilbab aku ikut malu dengan perilakumu, lepaskan saja jilbabmu itu kalo itu hanya kamu gunakan untuk menutupi perilakumu, Istiqfar kamu!!!”

”Astqfirulllah… Akulah yang beristiqfar.. Jilbab, tiada kejelekan padanya, seperti apa kata Buya Hamka yang pernah aku baca disalah satu majalah Islam:Jika ada orang bilang, “Perempuan itu berjilbab tapi berperilaku kurang baik”, maka jawablah, “Yaa apalagi jika tidak..!” Jika ada orang bicara, “Orang itu yang tidak berjilbab tapi ibadah serta perilakunya juga sangat baik”, maka ucapkanlah, “Kalo dia berjilbab tentu akan lebih baik lagi..”

Kembali aku merenung tentang pertengkaran tadi.. Seorang muslimah menilai muslimah lainbegitu buruk hanya dari cerita seseorang yang belum tentu ada kebenarannya dan tidak ada sangkut pautnya dengan dia mengapa juga perempuan itu tega menghakimi perempuan lain seperti itu?.. Bukankah keimanan seseorang itu hanya Allah swt yang tahu? Mengapa hanya sekedar mendengar cerita dari satu orang saja dia tega melakukan hal seperti itu…? Trus apa yang dilakukan seperti itu juga pantas..?

Duuuh…..Astqfirullah… Kenapa juga aku harus bertanya-tanya seperti ini.. ??!! Segera aku beranjak ke toilet menyusul perempuan yang habis dimaki-maki temannya itu….Mungkin aku bisa membantunya meski hanya dengan tersenyum padanya…

Kenalan lebih dekat dengan ALERGI

Hampir semua dari kita tahu kata itu.. Alergi.. identik dengan gatal-gatal bila makan makanan tertentu, jerawat, batuk dsb. Kenapa bisa begitu..? makan udang saja bisa sesak dan bisa sampai meninggal.. ? padahal udang kan enak, orang lain juga gak pa2.. Itulah alergi.

Sebenernya apa sih yang menyebabkan kita alergi ini-itu…?

Kayaknya lagi-lagi faktor genetik lah yang jadi biang keladi.. Pada orang-orang tertentu cenderung mudah terjadi penyimpangan sistem kekebalan tubuh, yaitu dibentuknya antibodi-antibodi yang dapat berikatan dengan bahan-bahan-yang biasanya protein-dari luar. Ikatan inilah yang kemudian menimbulkan kerusakan atau penyakit..

Apa berarti ini karena respons imun yang berlebih-lebihan..?

Nah inilah pendapat yang salah kaprah.. Alergi bukan kelebihan antibodi, malah alergi itu terjadi pada orang-orang dengan sistem imunitas yang rendah, atau bila sistem imun dalam keadaan tertekan. Bila sistem imun itu tertekan apapun penyebabnya dia akan berperilaku menyimpang…

Whaaalaah . ?

Iya.. sistem imun itu ibarat polisi. Polisi kan juga manusia,  yang bisa berubah perilakunya.. ( iiiiih yang pak polisi dilarang protes ya..?). Jadi sistem imun juga bisa berubah perilakunya.. Salah satunya teori  perubahan perilaku yang paling beken adalah perubahan perilaku sel T helper yang dikenal dengan paradigma TH1 dan TH2. Jika kita stress baik psikis maupun fisik, pakai obat-obat yang menekan sistem kekebalan tubuh atau menderita penyakit tertentu maka  sel T helper akan berperilaku menyimpang dan mengeluarkan bahan-bahan yang memicu terjadinya alergi..( dan T helper inilah yang  disebut TH2).

Sekian dulu ya? Sekarang pokoknya kita kenal dulu sama apa yang dimaksud alergi..

Ikhlas dalam mencinta

Cinta adalah sekumpulan keikhlasan dan kejujuran…. Begitu kata sahabatku…
Aku gak mau ngomongin yang ”jujur” saat ini, yang ”ikhlas” aja.
Ikhlas… sebuah kata yang sangat dalam maknanya… Jika diterjemahkan mungkin selevel dengan kata menerima apa adanya….

Cinta memang berarti memberi, pengorbanan.. namun pada kenyataanya banyak yang mengeluh, “ aku sudah berkorban apapun yang bisa aku korbankan, aku sudah memberikan apapun yang bisa aku berikan, Kenapa dia masih saja seperti itu? Apa kurangnya aku..?

Dari hal tersebut maka menurut pemikiranku (menurut aku lho? Kalo gak setuju juga gak pa2 kok…. ) bahwa memberi dan berkorban dalam urusan cinta lebih mudah daripada menerima apa adanya…

Jika saja pasangan kita model laki-laki yang super cuek, ya syukuri saja karena biasanya tipe laki-laki seperti ini tak mudah memikat hati perempuan lain alias aman deh….:D.
Jika dia, aadduuuuuh sibuuuuk dengan pekerjaannya, bukankah kita dulu jatuh cinta karena dia pekerja keras…?
Nah ini yang paling sulit , jika kemudian kita tahu bahwa pasangan kita model laki-laki yang suka memberi perhatian sama perempuan??? Gubbbraaaaak….! Terima juga..! gak ada kompromi..! mungkin karena itu juga kita dulu jatuh cinta padanya. Ya hanya kudu waspada saja agar semua tidak jadi kebacut, jadi siaga teruuuus 24 jam dan….ehmmm jika pengawasan terlalu ketat, dia bisa lari dan jika terlalu longgar disaut orang…! 😀

Tulisan iseng di hari libur

A Cup of Vanilla Latte..

Ini adalah salah satu moment dalam hidup yang terjadi 14 Agustus 2007 silam..

Pagi hari sekitar jam 07.00, ketika aku akan menjalani operasi kedua, detik-detik terakhir aku akan dibawa keruang operasi, Aku merasakan ketakutan yang amat sangat… Apalagi yang terjadi nanti..? Pengalaman pada operasi pertama 3 bulan sebelumnya, kesakitan yang benar-benar tak bisa terkatakan, komplikasi post operasi yang hampir saja membuat aku meninggalkan orang-orang yang aku cintai, kemudian kegagalan operasi itu sendiri yang membuat penderitaan yang tiada terkira yang membuat aku harus dioperasi lagi sekarang… semuanya.. terbayang nyata…
Aku takut.. aku takut… aku takut.. aku berteriak panik…menangis sejadi-jadinya.. Orang yang disamping aku tak lagi memberi kedamaian itu.. dia sudah menjadi orang lain bagiku sejak bertahun lalu..
Untunglah.. sahabat yang telah bertahun lebih seperti saudara perempuanku itu ada dan segera tahu apa yang harus dilakukan, dia peluk aku, digengam tanganku, berdoa sesuai dengan pemahamannya untukku… menenangkan aku… Kemudian seorang sahabat lain lewat ponselnya meminta operasi ditunda 10 menit saja.. menyarankan aku segera melakukan tayamumm dan sholat dua rokaat…

Dengan baju operasi dan ada beberapa slang dalam tubuhku, aku sholat, membaca tiap kalimat bacaan dalam sholat dan memasukkan dalam hati, dan bedoa pada akhirnya hanya dengan 2-3 kalimat saja, memohon kekuatan dan berkah dari Nya. Selesai sholat.. aku jauh lebih tenang.. aku pasrah.. aku percaya Allah swt menyayangi aku.. dan DIA pasti memberikan yang terbaik buat aku..Aku tidak mau lagi berpikir apa.. aku pasrah total pada kuasaNYa ketika tempat tidurku didorong masuk keruang operasi… Baca lebih lanjut

Me and My HNP..

Ehmm Siapa sih temen aku yang aku ingin perkenalkan kali ini..?

HNP : Hernia nervous pulposus adalah kelainan yang disebabkan bantalan antar tulang belakang, dimana sebagian dari bantalan tersebut keluar dari tempatnya. Bantalan yang keluar tersebut selain menyebabkan rasa sakit, juga menjepit syaraf-syaraf yang keluar diantara tulang belakang tersebut. Gejalanya akan muncul pada daerah yang dipersyarafi oleh syaraf yang terkena tersebut.. HNPku terletak pada antara tulang lumbal 4 dan 5 dan selain rasa sakit disitu juga ada pada kakiku. Aku sendiri tidak menyadari kelainan itu sampai 2 tahun lalu, saat kakiku semakin lemah dan mengalami kelumpuhan…

hnp

Kenapa? Banyak faktor mungkin temen-temen bisa cari sendiri lewat google. Yang jelas aku pernah jatuh terduduk di ekskalator dan  terbanting-banting sampai 5 anak tangga. Semua gara-gara sikap overprotective, panic saat anakku yang naik duluan dan ternyata dia tidak apa-apa.

Nah jika itu penyakit, kenapa justru aku mengatakan itu temen aku? Kenapa juga aku menulis judul dengan “ me and my HNP” dan tidak “Me versus HNP”.
HNP seperti penyakit-penyakit kronis yang sulit (tidak bisa) disembuhkan bukan untuk dilawan. Bila kita merasa harus melawan itu, kita akan merasa lelah dan putus asa. All the need is How to live with that.. Not how to fight that..

How to live with that? Apa sama dengan putus asa? Sama sekali sangat berbeda, bertolak belakang malah. Karena yang ditanam adalah perasaan bahwa kita bisa hidup, menjalankan fungsi kita, menjadi berarti dengan keterbatasan yang kita miliki.

Hal yang mungkin menganggu perasaan saya adalah ketika orang menjadi repot karena keterbatasan saya ini. Ketika saya harus beristirahat sejenak, duduk dianak tangga karena kaki saya yang tiba-tiba kram, dan semua orang sekeliling ingin mengulurkan tangan menolong saya, saat-saat seperti itulah saya dulu sedih. Sekarang saya sudah bisa tersenyum pada mereka, dan mengatakan saya baik-baik saja. Saya hanya butuh istirahat sejenak.
Tanggapan yang negatif ..? ehm Pasti ada, demikian juga pada saya. Saya pikir saya tidak perlu membuat semua orang menyukai dan menerima saya. Yang penting saya sudah berusaha semampu saya untuk bisa menjalankan tugas saya sebaik-baiknya. Baca lebih lanjut