Tag Archive | Sariawan

Mengenal kanker rongga mulut

Sebelumnya mohon maaf karena kesibukan dikampus saya akhir2 ini jadi jarang buka blog dan tidak sempat untuk menjawab semua komen yang masuk.  Dari sekian banyak komen  yang masuk, ternyata banyak yang khawatir tentang kanker, apakah penyakit atau sariawan yang diderita adalah kanker. Maka dari itu hari ini saya tergelitik utuk membahas tentang kanker rongga mulut.

Kanker adalah kelainan pertumbuhan sel. Sel-sel yang melapisi rongga mulut kita terus menurus mengalami pergantian. Karena suatu hal maka sel-sel yang dihasilkan tidak normal, berlebihan dan tidak terkontrol. Kanker bukan penyakit kambuhan, sembuh dan kambuh lagi seperti sariawan itu,  meskipun ada kanker yang bisa membaik dengan sendirinya.  Sariawan dapat berubah menjadi kanker bila tidak sembuh2 lebih dari  2 minggu,  tepi2nya meninggi dan tidak teratur dan melebar. Lebih dari separo kanker rongga mulut tidak berbentuk sariawan.

Biar lebih jelas ni ada bberapa gambar kanker rongga mulut yang sangat dini dan kliatan gak bahaya tapi sebenarnya jadi kanker atau hamper menjadi kanker

 

gambar 1. sariawan pada bagian bawah lidah  ini menetap, tidak sembuh dan tidak disebabkan karena iritasi atau trauma  setelah diperiksa sudah menjadi kanker. Kanker yang berbetuk sepert ini hanya sekitar 12%dari seluruh kanker rongga mulut

gambar 2. kemerahan yang permukaannya disertai dengan lapisan puith dan keras. Lesi ini sudah bisa dianggap kanker.

gambar 3. terdapat daerah putih keras, tidak bisa dikerok, jenis ini paling sering ditemukan, kabar baiknya ni perkembangan untuk menjadi kanker lebih lambat dari yang lain.

gambar 4. nah kalo yang ni meski kayaknya gak pa2 tapi sebenarnya sdh jad kanker dan sudah nyebar (metastases) keaderah sekitar.

Nah, sekarang don’t be cancerphobia ya? sariawan lama dikit gak sembuh2 sudah ketakutan kalo-kalo ini kanker. Mbak E berkali_kali lho dapat pasien yang seperti itu,padahal sariawan biasa. the important thing is, dont smoke, drink alcohol, exercise and jangan dikit-dikit stress deh.. karena stress juga dapat menjad pemicu berkembangnya kanker. Seperti kata iklan.. kecenderungan memang diturunkan tetapi hdup sehat adalah pilihan….

Iklan

Ehmmm Sariawan Lagi Aaahh…..!

Aku sedang sariawan.. duhh sakit .. obatnya apa ya?
Ehmm sariawan.. dimana..? bentuknya gimana?

Whallah ya sariawan.. di lidah.. kok pakai tanya bentuknya gimana sih..?
Ya iya.. gimana aku bisa kasih tahu obatnya apa kalau gak tahu penyakit yang nyerang kamu?

Lha memang sariawan itu ada macem-macem apa?
Ya iyaalaaah… (masak ya iya dong…!)

(Mikir sejenak, ohh mungkin yang dimaksud dengan sariawan adalah seluruh Luka yang menimbulkan rasa sakit pada mukosa rongga mulut)

Apa saja sih macem-mecemnya?
Iya… yang sering itu :
1. Traumatik ulcer
2. RAS
3. Infeksi Herpes Simpleks Virus
4. Infeksi jamur candida
Baca lebih lanjut

Sariawan VS Kanker Rongga Mulut

Tulisan ini terisnpirasi dari tulisan pada sebuah blog tentang tumor yang pertama disangka sariawan biasa atas info dari sahabatku Fikri

Yha satu lagi penyakit rongga mulut.. Tumor yang mungkin lebih tepat jika disebut kanker rongga mulut..(Istilah tumor itu lebih mengacu pada semua pembesaran secara umum. )

Nah apa hubungan kanker dan sariawan.. ?? (Whalah jadi ini hubungan antara 2 post ku yang lalu yha?)

Sekali lagi istilah sariawan (seperti halnya tumor) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan semua luka didalam rongga mulut..Padahal jenis penyakit yang menimbulkan luka di rongga mulut itu..whaalaaah buuuanyak sekali….
Salah satunya ya kanker itu…

Kanker rongga mulut juga banyak macamnya dan biasanya sih dinamai dengan asal dari jaringan atau sel yang mengalami keganasan atau kanker itu.

Gambaran klinis secara umum yang paling jelas adalah luka tersebut sulit sembuh atau tidak bisa sembuh sendiri..
Lantas apa semua luka yang tidak bisa sembuh sendiri itu kanker…? (siap-siap yha banyak gambar bagus lho..)
Baca lebih lanjut

Sariawan….uuuihhh…!

Ehmm sariawan… penyakit remeh yang kadang menganggu dan menyebalkan.. Semua orang didunia ini mengenal penyakit itu, entah karena kita sendiri yang sering kena, teman, anak, saudara..

Istilah sariwan ini pada umumnya digunakan untuk menggambarkan sema luka dalam rongga mulut kita. Sebenarnya sih.. luka didalam rongga mulut kita itu disebabkan oleh bermacam-macam penyakit dari infeksi jamur, bakteri, virus, kekurangan zat gizi tertentu maupun karena gangguan kekebalan atau sistem imun kita . Nah yang sekarang aku pengen bicarakan disini adalah satu jenis penyakit yang paling sering ditemukan yaitu yang bahasa kerennya dinamakan Recurrent Aphthous Stomatitis atau disingkat RAS, ada sih buku-buku yang menggunakan istilah Stomatitis Apthosa Recurrent.. (Ehmm apa bedanya ya?) Ah..aku lebih suka menggunakan istilah RAS saja lah..

Penyakit ini ditandai dengan adanya luka yang permukaannya cekung, bentuknya biasanya bulat atau oval, berbatas jelas, biasanya batasnya teratur, tepi kemerahan, dan tengah putih kekuningan. Luka tersebut paling sering Baca lebih lanjut